invisible bg invisible ico

Kebutuhan Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Penting Dikonsumsi

Kebutuhan Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Penting DikonsumsiSetelah melalui proses persalinan, tahapan selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang ibu adalah menyusui bayi. Bagi para ibu yang baru pertama kali menyusui, tentunya informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas ini sangat penting untuk diperhatikan. Bukan hanya untuk kesehatan dan kebaikan si buah hati, namun juga diri Anda selaku seorang ibu. Dalam hal makanan misalnya, ibu juga harus tau apa saja vitamin untuk ibu menyusui yang harus dikonsumsi.

Gizi yang diserap oleh bayi, sangat tergantung dari makanan yang dikonsumsi ibu menyusui. Oleh karena itu, ibu harus tau kebutuhan vitamin ibu hamil setiap harinya. Untuk kondisi kesehatan dan tumbuh kembang bayi yang baik, maka pemenuhan kebutuhan vitamin harus dipenuhi setiap hari hingga 100%.

Meskipun ada banyak multivitamin ibu hamil instan di pasaran yang dijual, namun sebaiknya seorang ibu mengetahui sumber-sumber vitamin yang alami, dan berupaya untuk memenuhinya secara alami juga. Mengatur pola makan bukan hanya sekedar persoalan kenyang atau belum kenyang, namun yang jauh lebih penting adalah sudahkah kebutuhan vitamin tercukupi setiap harinya?

Jenis-Jenis Vitamin untuk Ibu Menyusui

Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi pada ibu menyusui, ada beberapa vitamin tertentu yang tidak boleh diabaikan pemenuhan kebutuhannya. Hal ini menyangkut perkembangan dan kesehatan bayi, juga Anda sebagai seorang ibu. Menyusui bukan perkara sederhana, bukan soal bayi sudah kenyang lalu cukup semuanya selesai.

Penting diperhatikan asupan apa yang masuk ke dalam tubuh bayi, karena hal tersebut akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak di tahun-tahun selanjutnya. Berikut ini beberapa jenis vitamin yang pemenuhannya harus dilakukan, makanan yang dikonsumsi ibu menyusui sebaiknya mengandung vitamin sebagai berikut:

  • Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan tulang. Tidak cukup hanya dengan menjemur anak di pagi hari pada cahaya matahari yang masih menguning, namun juga penting dikonsumsi dalam bentuk makanan. Untuk itu, sang ibu yang sedang menyusui perlu mengkonsumsi vitamin D setiap harinya dalam jumlah yang cukup.

Kebutuhan vitamin D pada orang normal sebanyak 600 IU, maka pada ibu menyusui jumlahnya tentu lebih banyak lagi. Sumber-sumber vitamin D alami cukup mudah didapatkan, diantaranya dengan mengkonsumsi ikan, sereal, tahu, susu, telur dan sebagainya.

  • Vitamin C

Vitamin C sangat membantu daya tahan tubuh, bukan hanya untuk bayi Anda, namun juga bagi Anda seorang ibu yang sedang menyusui. Fisik seorang ibu yang memiliki bayi sebaiknya harus dalam kondisi yang kuat. Ketika ibu sakit, biasanya bayi juga akan tertular sakit. Oleh sebab itu, kebutuhan vitamin C harian sangat penting untuk dipenuhi.

Untuk menjaga daya tahan tubuh baik ibu maupun bayi agar tidak mudah terserang flu, demam dan sejenisnya, sebaiknya makanan yang dikonsumsi ibu menyusui kaya akan vitamin C. Kebutuhan vitamin C untuk ibu menyusui sebesar 120 mg per harinya. Angkanya lebih besar dibandingkan pada wanita normal.

Pada wanita yang tidak menyusui, vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari sebesar 90mg saja, kelebihan 30 mg vitamin C adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bayi yang disusui. Sumber-sumber vitamin C yang mudah didapat diantaranya jeruk, paprika, brokoli, mangga, strawberry dan sebagainya.

  • Vitamin B6

Jenis vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh bayi adalah vitamin B6. Ingin melihat buah hati Anda tampak sehat dan berisi? Perbanyak lah mengkonsumsi vitamin B6. Berbeda dengan gemuk biasa, bayi yang tercukupi kebutuhan vitamin B6 nya akan terlihat padat berisi dan sehat.

Tidak hanya gemuk namun yang paling penting tentu saja sehat. Apa saja sumber-sumber alami dari vitamin B6 yang bisa dikonsumsi ibu menyusui? Diantaranya ikan tuna, tomat, pisang, bayam, brokoli, kacang-kacangan dan sebagainya. Kebutuhan vitamin B6 penting dipenuhi untuk tampilan bayi Anda yang tampak sehat dan menggemaskan.

  • Vitamin E

Ingin punya anak yang memiliki kulit halus dan rambut yang sehat? Jangan lupakan asupan vitamin E pada ibu menyusui. Tak hanya untuk kebutuhan bayi, vitamin E juga dibutuhkan untuk kulit ibu sendiri. Semasa mengurus bayi seperti menyusui, terkadang banyak para ibu yang kurang memperhatikan kecantikan diri sendiri karena fokus memikirkan si buah hati.

Minimal jika Anda ingin tetap memiliki kulit yang sehat dan halus, asupan vitamin E harus diperhatikan. Sumber-sumber vitamin E alami yang bisa dikonsumsi diantaranya kacang hijau, brokoli, kecambah, paprika merah, kacang almond dan sebagainya.

  • Asam folat

Selain beberapa vitamin di atas, asam folat juga menjadi kebutuhan utama bagi ibu menyusui. Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui hendaknya tercukupi kadar kadar harian asam folatnya. Namun, asupan asam folat yang baik sudah harus dikonsumsi sejak usia kehamilan. Pada kehamilan trimester pertama, kebutuhan asam folat ibu hamil sebesar 400 mcg asam folat.

Lalu setelah memasuki trimester ke dua dan ketiga, kebutuhan meningkat menjadi 600 mcg per hari. Selanjutnya pada masa menyusui, kebutuhan asam folat turun menjadi 500 mcg saja perhari.

Jadi asupan asam folat pada masa kehamilan lebih besar dibanding setelah menyusui. Beberapa khasiat asam folat yang penting bagi bayi adalah membantu proses tumbuh kembang otak. Sejak dari janin, bayi sebaiknya telah mengkonsumsi asam folat yang cukup, karena tumbuh kembang otak sudah dimulai di sana.

Selain itu, bagi para ibu baik yang sedang hamil atau menyusui, asam folat dapat mengurangi resiko anemia, keletihan dan agar lebih resisten dari serangan penyakit. Beberapa sumber asam folat yang bisa didapatkan secara alami diantaranya sayur-sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, daging, buah-buahan, sereal, telur, ikan dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Kalsium

Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui sebaiknya juga mencukupi kebutuhan kalsium harian yang sudah ditetapkan. Kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Kebutuhan ini sudah dimulai sejak dalam kandungan. Dilanjutkan lagi pada fase menyusui. Asupan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu menyusui setiap harinya sebesar 1300 mg per hari. Bisa didapatkan secara alami dari sumber-sumber makanan diantaranya susu, yogurt, keju, jus jeruk, tahu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan mengetahui jenis-jenis vitamin untuk ibu menyusui dan juga jumlah asupan harian yang dibutuhkan, akan dapat membantu Anda memberikan gizi yang ideal untuk sang buah hati. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter anak.

Sebelum memilih mengkonsumsi multivitamin instan, sebaiknya kebutuhan nutrisi Anda dan si buah hati, diupayakan untuk lebih dulu berasal dari sumber-sumber alami yang ada di sekitar kita. Konsultasikan kesehatan bayi Anda jika terlihat kondisi berat badan atau aktivitasnya yang kurang wajar. Bisa jadi salah satunya disebabkan karena masalah asupan gizi ibunya yang menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *