invisible bg invisible ico

Kanker Payudara: Gejala Awal dan Langkah Tepat Mengatasinya

Kanker Payudara Gejala Awal dan Langkah Tepat MengatasinyaKetika seorang wanita mengalami nyeri di bagian payudara tanpa ada sebab yang jelas, pasti mereka akan sangat khawatir bahwa nyeri tersebut menjadi pertanda kanker payudara gejala awal. Anda pun pasti pernah mengalami kekhawatiran serupa. Pasalnya kanker payudara memang menjadi salah satu penyakit paling mematikan untuk wanita. Dengan kata lain, penyakit ini tak dapat dianggap sepele.

Berbicara tentang kanker payudara, munculnya benjolan yang disertai dengan rasa nyeri memang menjadi hal serius yang harus diperhatikan. Apabila tak segera diperiksakan ke dokter, maka masalah ini dapat berkembang lebih serius. Untuk itu, bagi Anda yang mengalami gejala serupa, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Tanda-Tanda Kanker Payudara Gejala Awal yang Harus Diperhatikan

Sebagai informasi, meskipun sering dikaitkan dengan kanker payudara, namun munculnya benjolan pada bagian payudara tak berarti Anda menderita penyakit mematikan ini. Hal ini berlaku untuk remaja yang masih mengalami perubahan hormonal di mana terdapat kerusakan jaringan yang akan memunculkan benjolan di bagian payudara.

Hanya saja, sebagian besar kasus terkait munculnya benjolan memang disebabkan oleh tumbuhnya kanker. Bahkan lebih dari 90% penyebab munculnya benjolan tersebut yang terjadi pada wanita dengan rentan usia 20 hingga 50 tahun adalah karena adanya kanker, baik itu kanker jinak ataupun kanker payudara. Adapun penyebab paling umum munculnya benjolan karena adanya kanker yang bersifat jinak adalah sebagai berikut:

  • Terjadi infeksi pada bagian payudara
  • Munculnya penyakit payudara fibrokistik atau yang juga dikenal dengan penyakit payudara mengental
  • Munculnya sel-sel tumor payudara
  • Jaringan payudara mengalami kerusakan

Dengan melihat beberapa penyebab tersebut, maka akan sangat sulit untuk mengidentifikasi apakah benjolan yang muncul pada payudara termasuk dalam kategori kanker jinak atau kanker payudara. Untuk itu, Anda harus pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan USG, MRI, atau dengan biopsi jarum. Hal ini bertujuan untuk memastikan jenis penyakit seperti apa yang sedang Anda alami.

Perkembangan dan Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Sebagai salah satu penyakit yang berbahaya dan tentunya menakutkan, setiap wanita harus mewaspadai gejala awal yang muncul akibat penyakit kanker. Berikut adalah gejala serta penjelasannya:

  • Terjadi Perubahan Ukuran Payudara

Beberapa pengidap kanker payudara gejala awal adalah perubahan ukuran pada payudara. Bentuk dan ukuran perlahan akan berubah karena di dalam jaringan tubuh, terutama payudara, terjadi pembengkakan karena adanya sel kanker. Apabila tidak segera diberikan tindakan lanjut, maka perkembangan sel kanker tersebut akan semakin tak terkontrol.

Untuk perubahan ukuran payudara, biasanya antara satu payudara dan payudara lainnya tidak memiliki ukuran yang sama. Hal ini diiringi dengan rasa nyeri yang tak tertahan pada payudara yang membengkak.

  • Munculnya Benjolan

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa munculnya benjolan menandakan bahwa kondisi sel bagian dalam payudara sedang dalam keadaan yang tidak baik, entah itu karena tumor, kanker jinak, maupun kanker payudara. Namun untuk penderita kanker payudara, gejala awal yang akan selalu dirasakan adalah munculnya benjolan.

Untuk letak dari benjolan ini dapat berada tepat di bagian payudara atau bahkan di area sekitar payudara seperti bagian antara payudara dan ketiak. Pada kanker payudara gejala awal, benjolan tersebut dapat diamati dengan merabanya. Apabila benjolan ditekan, akan menyebabkan rasa nyeri. Ini adalah tanda paling umum yang terjadi pada kanker payudara stadium 1. Apabila kondisi kanker payudara semakin berkembang, maka benjolan juga dapat menyebar di bagian ketiak dan sekitarnya.

  • Kerutan di Bagian Payudara

Kanker payudara gejala awal juga akan ditandai dengan munculnya kerutan di area sekitar payudara. Untuk beberapa kasus, munculnya kerutan terkadang juga diiringi dengan ruam berwarna merah. Kerutan yang semakin menyebar dapat menjadi indikasi bahwa sel kanker payudara semakin parah.

  • Perubahan Warna pada Kulit

Gejala lain yang dapat muncul pada kanker payudara stadium awal adalah warna kulit di area payudara yang berubah. Perubahan tersebut terjadi karena kulit telah mengalami infeksi oleh sel kanker yang terdapat di dalam jaringan kulit.

Adapun warna kulit yang akan muncul pada gejala ini adalah warna kemerahan seperti halnya ketika kulit mengalami iritasi. Bahkan tak jarang pula kulit mulai mengelupas apabila gejala ini disepelekan dan tidak diberikan penanganan yang tepat. Jadi apabila Anda mengalami hal ini, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjut. (baca juga: mengenali ciri-ciri kanker payudara sedini mungkin)

  • Rasa Nyeri yang Tak Tertahankan

Penderita penyakit kanker payudara tak akan terlepas dari rasa nyeri yang sangat luar biasa. Rasa nyeri tak tertahankan tersebut akan semakin terasa ketika Anda berada di udara dingin. Penyebab munculnya rasa nyeri adalah karena sel kanker yang sedang berkembang biak di dalam jaringan kulit. Perkembangan sel kanker yang amat cepat tersebut membuat sel lain di sekitar payudara rusak.

  • Suhu Tubuh Meningkat Drastis

Ketika menderita kanker payudara gejala awal seperti di atas, maka suhu tubuh pun akan meningkat secara drastis secara berangsur. Penyebab meningkatkan suhu tersebut adalah sistem imunitas dalam tubuh menjadi tidak stabil karena adanya sel kanker yang telah tumbuh di dalam tubuh. Dalam kondisi ini, perlahan tapi pasti tubuh akan menjadi melemah.

Itulah beberapa macam kanker payudara gejala awal yang harus benar-benar diperhatikan. Meskipun menakutnya, namun bagi penderita kanker payudara stadium awal, hal ini masih dapat diobati agar nantinya sel kanker tersebut tak berkembang lebih jauh.

Cara Mengobati Penyakit Kanker Payudara Stadium Awal

Dengan berkembangnya teknologi kedokteran yang semakin pesat, maka tak menutup kemungkinan bahwa kanker payudara stadium awal masih dapat diberikan pengobatan. Adapun beberapa jenis pengobatan yang disarankan adalah dengan melakukan operasi, kemoterapi, dan juga radiasi. Bentuk pengobatan tersebut hanya dapat dilakukan oleh dokter saja. Dalam arti meskipun ada obat-obatan alami yang dapat mencegah kanker, namun belum ada obat alami yang dapat menghilangkan kanker payudara secara maksimal.

Jadi ketika Anda mengalami kanker payudara gejala awal, semakin cepat Anda mengambil tindakan maka tingkat keberhasilannya akan semakin tinggi. Hal ini karena apabila kondisi kanker payudara yang mulai menyerang jaringan tubuh dibiarkan, maka perkembangannya pun akan semakin cepat. Menurut penelitian dari National Cancer, penderita kanker payudara stadium awal masih memiliki peluang untuk bertahan hidup hingga 100% selama 5 tahun ke depan.

Langkah untuk Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Mengacu pada kanker payudara gejala awal seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda pun dapat memeriksakan kondisi kesehatan di rumah sakit. Hal ini karena meskipun Anda mengalami salah satu gejala kanker payudara, namun untuk memastikannya, pemeriksaan dari dokter dan rumah sakit sangat dibutuhkan demi mengetahui apakah Anda positif mengidap kanker payudara atau tidak.

Pada wanita yang telah berusia 20 tahun atau lebih, lakukan pemeriksaan tentang kesehatan di rumah sekit setidaknya selama 1 – 3 bulan sekali. Sedangkan bagi Anda yang telah berusia 35 tahun ke atas, lakukan pemeriksaan mammografi yang nantinya dapat memberikan kepastian apakah kanker yang menyerang payudara termasuk kanker jinak atau kanker ganas. (baca juga: SADARI, teknik pemeriksaan gejala awal kanker payudara)

Demikian sedikit ulasan tentang kanker payudara gejala awal dan bagaimana langkah tepat menanganinya. Semakin cepat Anda melangkah, maka semakin cepat pula sel kanker payudara dapat dibasmi. Semoga bermanfaat  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *