invisible hit counter invisible bg invisible ico

Janin 7 Bulan Aktif Bergerak, Tanda Perkembangan yang Optimal!

Janin 7 Bulan Aktif Bergerak, Tanda Perkembangan yang Optimal!Merasakan gerakan janin di dalam kandungan merupakan suatu anugerah bagi setiap wanita hamil, sama halnya saat merasakan janin 7 bulan aktif bergerak di dalam kandungan Anda. Gerakan janin merupakan tanda nyata yang bisa dirasakan oleh wanita hamil bahwa terdapat kehidupan di dalam tubuh mereka. Apalagi jika gerakan janin terasa sungguh aktif, maka Anda bisa menyimpulkan bahwa sang buah hati dalam kondisi yang sehat.

Gerakan janin secara normal dirasakan oleh wanita hamil pada usia 16 minggu dan akan terus dirasakan bahkan hingga 3 bulan terakhir masa kehamilan. Gerakan ini pun akan semakin kuat karena pertumbuhan tulang, otot dan setiap sendinya yang makin sempurna. Perlu Anda ketahui bahwa setiap janin memiliki pola juga kebiasaan bergerak yang berbeda-beda. Untuk itu di dalam artikel ini kami akan menyajikan sejumlah informasi mengenai gerakan janin 7 bulan dan sejumlah informasi mengenai gerakan janin di dalam kandungan.

Apakah Baik Jika Janin 7 Bulan Aktif Bergerak di Dalam Rahim?

Jawabannya tentu saja baik, janin yang bergerak menandakan perkembangan struktur tulang, otot dan sendinya baik. Tidak hanya itu jika sang janin 7 bulan aktif bergerak karena adanya rangsangan tertentu maka ini adalah tanda bahwa panca indera dan sistem saraf mereka berjalan dengan cukup baik melihat respon gerakan yang mereka berikan. Gerakan yang mereka berikan juga bermacam-macam, ada janin yang akan terus menerus menendang-nendang perut Anda, ada juga yang terasa hanya menggeliat dan bergoyang di dalam rahim.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya gerakan janin awalnya dapat dirasakan pada waktu antara 16 hingga 20 minggu kehamilan. Jika ini merupakan kehamilan pertama Anda, sejumlah wanita mungkin membutuhkan waktu untuk menyadari bahwa sensasi gerakan yang aneh di dalam perut mereka merupakan gerakan sang janin. Akan tetapi perlu diperhatikan jika setelah usia kehamilan Anda menginjak usia 24 minggu dan tetap tidak terasa adanya gerakan di dalam rahim, segera hubungi bidan atau dokter dan lakukan pemeriksaan terhadap kondisi sang buah hati.

Saat ini teknologi sudah semakin canggih, Anda tidak hanya bisa melihat gerakan janin di dalam kandungan bahkan dapat melihat apa saja gerakan yang mereka buat dari waktu ke waktu. Tahukah Anda bahwa janin di dalam kandungan melakukan gerakan-gerakan tertentu sesuai dengan perkembangannya? Pada usia 7-8 minggu seorang janin mulai melakukan gerakan-gerakan kecil seperti berputar, melakukan posisi miring ke kiri atau kanan dan bahkan melakukan gerakan secara tiba-tiba. Saat mereka menginjak usia 9 minggu mereka sudah dapat mengalami cegukan dan bisa menggerakan kedua kaki dan tangan mereka yang masih mungil itu.

Selanjutnya pada usia 10 minggu janin Anda dapat menggerakkan kepala mereka dan mengarahkan tangannya untuk menyentuh wajahnya sendiri. Saat ini ia juga dapat membuka mulutnya dan menggeliat di dalam rahim Anda. Pada usia 12 minggu bayi Anda bahkan bisa menguap! Selanjutnya Anda bisa melihat ia mengisap jempol tangannya yang dominan pada saat usia kandungan menginjak usia 15 minggu. Perlahan tapi pasti, setiap sendi di seluruh tubuhnya akan aktif bergerak dengan kekuatan yang semakin lama akan semakin kuat. Baca juga: Ajaibnya Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu Masa Kehamilan.

Muncul Flek Coklat Saat Hamil Muda, Perlukah Diwaspadai?Itulah mengapa janin 7 bulan aktif bergerak dengan beragam gerakan, bahkan dengan polanya masing-masing. Anda bisa merasakan sang janin aktif bergerak sebelah kanan atau kiri, bahkan terkadang gerakan mereka hanya terasa seperti sensasi adanya gelembung udara ataupun gas di dalam perut. Ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan saat memperhatikan gerakan sang buah hati, yakni janin tidak akan selalu bergerak setiap saat. Akan ada waktunya mereka beristirahat dan pola inilah yang harus Anda perhatikan dari ke waktu karena pola yang dirasakan pada setiap kehamilan berbeda-beda. Usia kehamilan yang semakin tua akan menyebabkan seorang janin menggunakan waktu istirahat yang lebih lama yakni sekitar 20 menit setelah bergerak.

Selanjutnya tidak ada patokan khusus yang menyatakan seberapa banyak janin harus bergerak setiap harinya, mengingat pola gerakan yang berbeda pada setiap janin. Terkadang gerakan janin juga tidak dapat dengan jelas Anda rasakan, sehingga jangan cepat menyimpulkan bahwa janin Anda tidak bergerak. Untuk membantu Anda memastikan adanya penurunan gerakan janin, berbaringlah dengan posisi miring ke kiri dan tunggulah selama beberapa jam dan hitung berapa gerakan yang diberikan oleh janin Anda saat itu. Dengan berbaring ke kiri Anda bisa mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan pada saat ini setidaknya harus terasa minimal 10 gerakan dari janin Anda.

Selain itu untuk memastikan gerakan janin Anda, cobalah untuk posisikan kaki Anda lebih tinggi dari biasanya, konsumsi sejumlah makanan dan tenangkan pikiran Anda. Minumlah minuman yang agak dingin karena hal ini akan membuat janin di dalam kandungan merasakan perubahan suhu dan akhirnya bergerak menghindarinya. Selain itu coba bunyikan suara-suara keras di sekitar Anda, bisa dengan menggunakan musik ataupun dengan rangsangan suara lain karena pada kondisi normal jika terdapat rangsangan suara dari luar maka janin 7 bulan akan aktif bergerak.

Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas namun tetap tidak ada perubahan berarti, segera hubungi bidan atau dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dengan seksama. Jika Anda merasakan terdapat penurunan drastis terhadap gerakan janin dan terdapat perubahan gerakan yang makin lama terasa makin berkurang dan lemah dari janin Anda, maka pemeriksaan dari bidan dan dokter sangat penting untuk menentukan apakah janin Anda berada dalam kondisi sehat atau tidak di dalam kandungan.

Selain memperhatikan gerakan sang janin kita juga perlu mengetahui sejumlah perkembangan lainnya. Seperti posisi janin usia 7 bulan yang sudah mulai bergerak dan mengarah pada posisi siap dilahirkan, saat ini Anda perlu berhati-hati jika mereka berada dalam posisi sungsang (Baca juga: Posisi Janin 9 Bulan dan Perkembangannya di dalam Kandungan). Berat janin 7 bulan sudah mencapai 1,5 kilogram karena sudah mulai terbentuknya jaringan lemak pada tubuh mereka. Perkembangan dan pertumbuhan sebagian besar organ juga semakin optimal mendekati waktu 2 bulan sebelum dilahirkan.

Demikianlah artikel mengenai janin 7 bulan yang aktif bergerak dan sedikit pembahasan mengenai gerakan janin di dalam kandungan. Setiap manusia memang diciptakan dengan keunikannya masing-masing bahkan hal ini ditunjukkan sejak di dalam kandungan, setiap janin memiliki pola gerakan berbeda satu dengan lainnya. Sebagai seorang calon ibu kita harus mengenali pola gerakan ini sebagai salah satu acuan untuk memastikan kondisi mereka sehat hingga proses persalinan nanti. Jika Anda tidak yakin dengan kondisi perubahan gerakan yang dirasakan sang buah hati, segera periksakan kondisi janin Anda pada bidan atau dokter kandungan. Akhir kata semoga artikel mengenai janin 7 bulan aktif bergerak, tanda perkembangan yang optimal ini berguna bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *