invisible bg invisible ico

Inilah Rahasia Cara Membuat Anak Pintar Sejak Dini

Cara Membuat Anak Pintar Sejak DiniSetiap orang tua pasti ingin mengetahui cara membuat anak pintar. Orang tua mana yang tak akan bangga ketika anak mereka cerdas dan pintar? Pasti semua orang tua menginginkannya. Hanya saja, tak banyak di antara para orang tua yang mengetahui bagaimana cara mendidik anak agar pintar sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Sebenarnya pintar dan cerdas itu dapat diperoleh dengan dua cara yakni dengan didikan yang tepat dan asupan makanan sehat yang dikonsumsi oleh anak-anak. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini Anda dapat menyimak secara lengkap tentang cara membuat anak pintar sehingga Anda dapat mengambil langkah yang tepat dalam memberikan didikan serta asupan makanan untuk buah hati Anda.

Cara Membuat Anak Pintar dengan Pendidikan yang Tepat

Cara membuat anak pintar yang pertama adalah dengan memberikan pendidikan yang tepat bagi anak Anda. Hal ini karena baik pendidikan formal maupun non formal memiliki peran yang sangat besar dalam rangka membentuk kepribadian anak. Lantas langkah pendidikan seperti apa saja yang dapat diaplikasikan?

Aktif Mengajak Bayi Bicara

Cara pertama adalah Anda harus sesering mungkin mengajak buah hati untuk berbicara sejak ia masih bayi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ketika Anda mengajak anak berbicara, meskipun mereka tak dapat menjawab dengan menggunakan kata-kata, namun mereka akan tetap dapat merespon dengan ekspresinya. Respon yang muncul inilah yang nantinya akan melatih anak untuk belajar berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Ikut Bermain Bersama dengan Anak

Cara membuat anak pintar selanjutnya adalah ketika anak Anda bermain, temani mereka. Hal ini dapat dilakukan hingga anak berusia 6 sampai 7 tahun hingga mereka dapat menemukan teman bermain mereka sendiri. Langkah ini dapat mempercepat proses belajar, mengembangkan potensi sosialnya dalam beradaptasi, anak dapat mengetahui bakat dan kemampuannya serta kebutuhan emosinya. (baca juga: cara mendidik anak 3 tahun untuk membentuk kepribadian)

Belajar Memainkan Alat Musik

Cara yang ketiga adalah mengajarkan anak untuk belajar alat musik. Pasalnya, anak yang gemar bermain musik akan sangat mudah untuk meningkatkan pembelajaran pada otak kanannya. Tak hanya itu saja, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa belajar musik dapat membantu perkembangan IQ anak.

Pupuk Rasa Ingin Tahu pada Anak

Rasa ingin tahu akan memancing anak untuk belajar kritis dan menanyakan hal apapun yang belum dipahaminya. Hal inilah yang juga harus Anda lakukan. Untuk itu, Anda dapat memberikan anak bacaan-bacaan yang menarik dan memiliki banyak kosakata agar perkembangan otak anak semakin baik.

Berikan Permainan yang Edukatif

Dunia anak adalah dunia bermain. Untuk itu, cara membuat anak pintar adalah dengan memberikan permainan-permainan yang edukatif. Ada banyak jenis permainan pengasah otak yang dapat Anda berikan seperti game Sudoku, memecahkan puzzle, teka teki silang untuk anak, menata balok, dan lain sebagainya. Selain itu, apabila Anak Anda berhasil menyelesaikan permainan-permainan edukatif tersebut, jangan ragu untuk memberikan ia pujian atau bahkan hadiah. (baca juga: jenis mainan anak 1 tahun yang bagus untuk perkembangannya)

Batasi Jam Menonton Televisi dan Bermain Video Games

Seperti yang kita tahu, tayangan televisi jaman sekarang dinilai kurang mendidik, khususnya bagi anak-anak. Pasalnya, anak-anak akan cenderung meniru hal apapun yang dilihatnya di televisi. Untuk itulah, sebagai orang tua yang bijak, Anda harus membatasi jadwal menonton televisi anak Anda yakni sekitar 3 jam dalam sehari.

Selain televisi, video games juga akan membuat anak malas. Dunia anak memang dunia bermain, namun tak ada salahnya apabila Anda memberikan permainan yang edukatif untuk membuat anak Anda cerdas.

Atur Jam Tidur Anak

Cara membuat anak pintar yang selanjutnya adalah senantiasa mengatur jam tidur mereka secara konsisten. Hal ini karena waktu istirahat yang cukup akan membantu fungsi kognitif anak Anda. Apabila anak-anak memiliki jam tidur yang cukup, maka perkembangan psikologis serta otak mereka pun juga akan semakin baik.

Memberikan Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

Setelah mengetahui tentang cara membuat anak pintar dengan memberikan pendidikan yang tepat, maka Anda juga harus memberikan asupan makanan terbaik untuk perkembangan otak anak. Hal ini karena selain pendidikan, makanan juga memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk otak anak Anda. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang tepat untuk anak agar pintar.

Ikan Salmon dan Ikan Tuna

Ketika berbicara tentang makanan yang penting untuk perkembangan otak, salmon menjadi salah satu bahan makanan terbaik dalam hal ini. Mengapa? Pasalnya ikan salmon memiliki kandungan asam lemak DHA dan EPA (Omega 3) yang perannya sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak. Dengan asupan Omega 3 yang cukup baik bagi anak, maka mereka akan lebih mampu berpikir secara kritis serta mudah mencerna pelajaran apapun yang didapatkan.

Selain daging ikan salmon, sebenarnya Anda juga dapat memberikan daging ikan tuna pada anak. Hal ini karena daging ikan tuna pun memiliki kandungan Omega 3 yang cukup tinggi.

Telur

Cara membuat anak pintar selanjutnya adalah dengan memberikan makanan berupa telur. Meskipun telur memiliki kandungan kolesterol, namun pada bagian kuning telur terdapat kandungan kolin yang mampu membuat perkembangan memori atau daya ingat anak bertambah. Untuk itulah, setidaknya dalam jangka waktu 2 hari sekali atau bahkan setiap hari, berikan telur sebagai makanan konsumsi anak.

Kacang-Kacangan

Seperti yang kita tahu, kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang akan memberikan banyak energi karena kandungan protein serta karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya. Tak hanya itu saja, kacang-kacangan pun kaya akan serat, vitamin, serta mineral yang baik untuk tumbuh kembang buah hati Anda.

Untuk perkembangan otak sendiri, kacang-kacangan dapat memberikan asupan energi yang lebih banyak serta membantu membangkitkan rasa ingin tahu anak. Berdasarkan dari hasil penelitian, jenis kacang-kacangan yang paling baik digunakan adalah kacang merah karena di dalamnya terdapat kandungan Omega 3 yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

Sayuran

Siapa yang tak tahu akan fungsi sayuran sebagai bahan makanan terbaik untuk tumbuh kembang anak? Ya, sayuran menjadi salah satu bahan konsumsi yang harus Anda berikan pada anak-anak Anda. Setidaknya tiap hari Anda harus memberikan sayuran untuk anak.

Adapun jenis sayuran yang paling baik diberikan untuk anak-anak adalah sayuran berwarna cerah seperti wortel, bayam, kangkung, ubi jalar, tomat, dan berbagai sayuran lainnya. Hal ini karena aneka sayuran tersebut dikenal sangat kaya akan antioksidan dan nutrisi sehingga berkhasiat membantu sel-sel otak menjadi lebih sehat.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Cara membuat anak pintar yang berikutnya adalah dengan memberikan daging sapi tanpa lemak sebagai menu makanan. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu contoh makanan yang kaya zat besi. Kandungan zat besi inilah yang nantinya dapat membantu anak Anda untuk lebih mudah berkonsentrasi serta memberikan energi yang cukup untuk anak selama beraktifitas. Tak hanya itu saja, daging sapi juga mempunyai kandungan mineral yang sangat baik untuk membantu menjaga daya ingat anak.

Setidaknya itulah beberapa cara membuat anak pintar yang harus Anda ketahui. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, maka perkembangan otak anak pun akan semakin pesat. Untuk hasil terbaik, mulai berikan pendidikan serta makanan di atas sejak anak Anda masih kecil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *