invisible hit counter invisible bg invisible ico

Inilah Perkembangan Janin saat Usia Kandungan 5 Bulan

Inilah Perkembangan Janin saat Usia Kandungan 5 BulanMengetahui, melihat atau merasakan tumbuh kembang sang bayi dalam kandungan termasuk saat usia kandungan 5 bulan adalah suatu masa yang begitu menakjubkan dalam kehidupan setiap orang tua. Bagaimana tidak? Hanya dalam waktu 9 bulan di dalam kandungan sang ibu, setiap janin akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang begitu pesat, mulai dari berukuran kecil seperti kecambah hingga berbentuk seperti manusia sempurna dengan berat rata-rata 3 kilogram saat dilahirkan.

Tidak hanya itu selama 9 bulan dalam kandungan terjadi pembentukan seluruh organ penting yang dibutuhkan dalam kehidupan, mulai dari otak dan seluruh sistem saraf, jantung dan pembuluh darah, sistem pernafasan dan pencernaan, sistem reproduksi juga saluran kencingnya. Di dalam artikel ini kami akan menyajikan sejumlah informasi bagaimana pertumbuhan juga perkembangan bayi dalam usia kandungan 5 bulan sehingga anda bisa memantau pertumbuhan mereka. Selamat membaca!

Perkembangan sang Calon Buah Hati saat Usia Kandungan 5 Bulan

Bagi orang tua mengetahui apa saja yang terjadi pada bayi anda dalam usia kandungan 5 bulan, bisa membantu anda memastikan kondisi kesehatan sang buah hati dalam kandungan.  Selain itu dengan mengetahui perkembangan mereka kita bisa ikut mmberikan stimulus dari luar untuk meningkatkan perkembangan sang bayi. Dalam artikel ini tumbuh dan kembang bayi usia kandungan 5 bulan akan dibagi berdasarkan hitungan minggu yakni usia 21 hingga 24 minggu. Untuk lebih jelas mari kita simak pembahasannya berikut ini!

  • 21 minggu

Saat usia kandungan 5 bulan, awalnya seorang bayi memiliki berat badan sekitar 360 gram dengan panjang kurang lebih 27 sentimeter. Pada minggu-minggu awal usia kandungan 5 bulan ini seluruh alis dan bulu mata sang anak sudah tumbuh dengan baik, bahkan pada usia ini anak anda sudah bisa mengedipkan matanya loh! Selain itu jika anak anda berjenis kelamin laki-laki, maka salah satu organ reproduksi yakni testis (buah zakar) sudah mulai turun ke dalam kantungnya (skrotum) dari tempat asalnya yakni rongga panggul. Pada usia kandungan 5 bulan anda juga sudah bisa merasakan pergerakan sang buah hati, apalagi seorang ibu yang bisa merasakan bayinya menendang-nendang bahkan seperti mendorong-dorong perut sang ibu.

Seorang ibu juga perlahan-lahan bisa mempelajari siklus hidup sang buah hati di dalam kandungannya, seperti kapan saat dimana ia sedang tidur atau disaat apa ia sedang aktif bergerak. Pada masa ini seorang ibu hamil biasanya akan terlihat lebih nyaman dengan kehamilannya, karena hal-hal tidak menyenangkan seperti rasa mual dan muntah, rasa ingin Buang Air Kecil (BAK) yang sering juga sudah mulai hilang perlahan-lahan.

  • 22 minggu

Bertambahnya seminggu usia kandungan anda membuat baik berat badan maupun panjang badan sang bayi ikut bertambah. Saat ini berat badan bayi anda berkisar antara 430 gram dengan panjang badan sekitar 28 sentimeter jika diukur dari puncak kepala hingga tumitnya. Pengukuran dari puncak kepala hingga tumit ini bisa dilakukan karena kaki anak anda tidak berada dalam posisi ditekuk. Saat usia kandungan 5 bulan ini seorang bayi sudah terlihat seperti seorang bayi yang akan lahir hanya saja lebih kurus, karena pembentukan lemak tubuhnya belum optimal.

Meskipun dari minggu ke minggu berat badan anak anda akan terus bertambah, kulit mereka akan tetap terlihat transparan karena kurangnya lapisan lemak dibawah kulitnya. Bibir mereka akan terlihat jelas pada masa ini, mata mereka juga sudah dibentuk dengan baik hanya saja bagian iris (bagian yang memberi warna pada mata) belum terwarnai. Salah satu kelenjar dalam rongga perut mereka yakni pankreas juga sudah mulai memproduksi sejumlah hormon. Walaupun masih sangat awal, tapi pada masa ini pembentukan bakal/tunas gigi dalam gusi anak anda sudah mulai berkembang. Selengkapnya mengenai perkembangan janin saat usia kehamilan 22 minggu baca: Perkembangan Janin 22 Minggu yang Tidak Ingin Anda Lewatkan.

  • 23 minggu

Saat ini berat bayi anda dalam kandungan berkisar pada angka 500 gram dengan panjang badan 29 sentimeter. Pada usia kandungan 5 bulan khususnya 23 minggu ini pembentukan indera pendengaran sang buah hati sudah mulai sempurna, saat ini anak anda sudah bisa bereaksi terhadap suara disekitarnya termasuk saat ia mendengar suara anda, bahkan detak jantung dan juga suara perut anda loh! Itulah alasan mengapa pada fase ini beberapa teori menyatakan bahwa, orang tua dapat membantu merangsang perkembangan pendengaran sang anak dengan menggunakan musik klasik.

Tidak hanya indera pendengarannya saja yang berkembang dengan baik saat usia kandungan 5 bulan, karena kedua paru-paru mereka juga akan mengalami perkembangan agar bisa digunakan untuk bernafas dengan baik nantinya. Selain itu melihat bentuk dan ukuran tubuhnya yang semakin besar maka seorang ibu bisa saja merasakan sang buah hati seperti sedang menggeliat di bawah bajunya. Hal ini tentu tidak ingin anda lewatkan sebagai orang tua terutama seorang ibu.

  • 24 minggu

Pada minggu-minggu terakhir usia kandungan 5 bulan, berat badan anak anda sudah lebih dari 600 gram dan panjang badan mereka sudah mencapai 30 sentimeter. Selain itu pada masa ini, bentuk dan ukuran badan mereka sudah tampak lebih proporsional walaupun kulit mereka masih sangat tipis dan butuh  waktu untuk berkembang menjadi kulit yang sempurna.

Otak mereka sudah berkembang dengan sangat baik, indera perasa di permukaan lidah mereka juga perlahan-lahan ikut berkembang dan tidak hanya itu sidik jari tangan dan kaki mereka juga sudah mulai dibentuk. Sistem pernapasan anak anda juga mulai sempurna dengan terbentuknya surfaktan, sebuah substansi yang akan membantu paru-paru anda tetap mengembang dan sangat penting dalam proses bernafas seorang manusia.

Demikianlah sejumlah proses perkembangan penting yang dilalui seorang anak saat berada dalam usia kandungan 5 bulan. Semua proses perkembangan yang sudah kami sebutkan di atas dapat ibu dan bapak sekalian ketahui melalui sejumlah pemeriksaan kehamilan. Ultrasonografi (USG) merupakan teknik pemeriksaan paling sederhana dan aman yang bisa ibu dan bapak pilih untuk memantau setiap perkembangan ini. Selain itu berkat kemajuan teknologi dalam dunia kesehatan saat ini sudah hadir USG 3D (3 Dimensi) bahkan 4D (4 Dimensi) yang bisa menunjukkan bagaimana kondisi sang buah hati di dalam kandungan dengan lebih jelas dan lebih nyata, sehingga setiap perkembangan termasuk saat sang buah hati berada dalam usia kandungan 5 bulan bisa anda lihat secara nyata.

Hanya saja pemeriksaan yang canggih satu ini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan belum bisa ditemukan disemua tempat di penjuru negeri ini. Namun tidak perlu khawatir dengan menggunakan USG sederhana bahkan pemeriksaan kehamilan lain yang ada, anda bisa ikut memastikan keadaan sang buah hati di dalam kandungan. Akhir kata semoga artikel ini berguna dalam menambah wawasan kita semua dan semoga kehamilan anda berjalan lancar hingga persalinan!

Selengkapnya mengenai perkembangan janin baca: Tahap-Tahap Perkembangan Janin yang Sungguh Luar Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *