invisible bg invisible ico

Inilah Obat Panas Dalam yang Cepat Meredakan dan Alami

Inilah Obat Panas Dalam yang Cepat Meredakan dan AlamiMengalami panas dalam tentunya sangat mengganggu dan menyiksa, oleh karena itu Anda perlu mengetahui informasi apa saja obat panas dalam  yang ampuh dan alami. Panas dalam sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit, tetapi suatu kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan cairan dan elektrolit serta menurunnya daya tahan tubuh. Panas dalam pada umumnya berlangsung ringan dan hanya terjadi sementara waktu. Namun pada beberapa kondisi juga dapat berlangsung parah sehingga memicu timbulnya berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan saluran pencernaan dan pernafasan.

Panas dalam biasanya ditandai dengan berbagai gejala antara lain yaitu rasa tidak nyaman di tenggorokan, bibir pecah-pecah, sariawan, bau mulut yang tak sedap, peningkatan suhu tubuh, mual, kembung, dan susah buang air besar. Mengalami panas dalam biasanya membuat penderitanya kurang bersemangat dan nafsu makan menurun. Timbulnya panas dalam dapat diakibatkan karena berbagai faktor. Faktor yang dapat memicu timbulnya panas dalam antara lain yaitu cuaca yang terlalu panas, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas dan berlemak, tubuh kekurangan cairan, serat, dan vitamin C,  ketidakseimbangan hormon, adanya proses peradangan, stres, dan penurunan daya tahan tubuh.

Berbagai Obat Panas Dalam dari Bahan Alami yang Cepat Menyembuhkan

Panas dalam dapat menyerang siapa saja, dari usia anak-anak sampai orang tua. Kondisi ini dapat muncul sewaktu-waktu tanpa Anda sadari. Sebaiknya Anda segera mengatasi panas dalam tersebut sebelum kondisinya bertambah parah. Jika mengalami panas dalam, Anda dapat mengatasinya dengan berbagai jenis obat panas dalam yang ampuh dari bahan alami seperti berikut ini:

1. Perasan lemon dan madu

Perpaduan lemon dan madu akan menjadi obat panas dalam yang ampuh. Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan madu kaya akan berbagai kandungan vitamin serta mineral alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 buah lemon, belah menjadi 2 bagian, diperas lalu masukkan ke dalam ¾ gelas air panas. Kemudian tambahkan 6 sendok madu asli, dan aduk hingga merata. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat dan konsumsi secara teratur 2 kali sehari untuk meredakan panas dalam.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel berbeda dengan cuka jenis lain, sebab di dalamnya mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan yang salah satunya adalah untuk mengobati panas dalam. Cara membuat obat panas dalam dari cuka sari apel yaitu Siapkan 1 gelas air hangat lalu masukkan ke dalamnya sekitar 6 sendok makan cuka sari apel. Aduk hingga merata lalu gunakan untuk berkumur sampai larutan sari cuka apel tersebut habis. Setelah habis, berkumurlah dengan air putih hangat untuk membilasnya.

3. Air kelapa muda

Anda juga dapat mengobati panas dalam dengan air kelapa muda. Air kelapa muda merupakan cairan yang kaya akan elektrolit sehingga mampu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Selain untuk mengatasi panas dalam, air kelapa muda juga dapat berfungsi untuk menetralkan racun, meredakan panas tubuh, mengatasi dehidrasi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mengatasi panas dalam maka Anda dapat mengkonsumsi air kelapa muda secara langsung atau memindahkannya ke dalam ke gelas.

4. Cincau

Minuman yang satu ini ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan dalam. Rasanya yang dingin dan menyegarkan mampu menghilangkan dahaga dengan cepat dan menurunkan suhu dalam saluran pencernaan. Cincau berasal dari daun tumbuhan yang diolah dan kaya akan serat dan nutrisi alami. Untuk mengkonsumsi cincau sebagai obat panas dalam, Anda hanya perlu membuatnya sebagai minuman segar seperti biasanya tetapi tanpa diberi es.

5. Kacang hijau

Obat panas dalam yang berikutnya yaitu kacang hijau. Kacang hijau merupakan jenis tanaman kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, dan tinggi serat. Mengkonsumsi kacang hijau sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Cara mengobati panas dalam dengan kacang hijau yaitu siapkan sekitar 2 genggam kacang hijau lalu masukkan ke dalam panci berisi 3 gelas air. Kemudian direbus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah itu ambil air rebusan kacang hijau tersebut untuk diminum secara teratur 2 kali dalam sehari maka panas dalam yang Anda derita akan segera sembuh.

6. Rambut jagung muda

Anda mungkin belum banyak yang tahu khasiat rambut jagung muda yang ternyata dapat digunakan untuk mengobati panas dalam. Selain untuk mengobati panas dalam, rambut jagung muda juga berkhasiat untuk meredakan radang tenggorokan. Untuk mengobati panas dalam menggunakan rambut jagung muda caranya yaitu siapkan satu genggam rambut jagung muda yang masih segar kemudian masukkan ke dalam panci berisi 2 gelas berisi air. Rebus sampai mendidih lalu disaring untuk diambil airnya. Minum air rebusan rambut jagung muda tersebut teratur. Anda juga dapat menambahkan madu secukupnya untuk menambah khasiat dan rasanya.

7. Kencur

Tanaman herbal yang satu ini sering digunakan sebagai bumbu dapur. Selain untuk bumbu dapaur, kencur banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan termasuk diantaranya yaitu untuk meredakan panas dalam. Untuk membuat obat panas dalam dari bahan kencur caranya yaitu siapkan 2 ruas kecur, dikupas, dicuci sampai bersih, kemudian di parut. Setelah diparut, tambahkan sedikit air matang lalu diperas. Masukkan perasan kencur tersebut ke dalam gelas berisi setengah air matang hangat. Lalu konsumsilah secara teratur 2 kali dalam sehari.

8. Yogurt

Yogurt sudah lama dikenal sebagai minuman yang kaya akan nutrisi dan mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan khususnya untuk pencernaan. Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi. Konsumsi yogurt secara teratur juga dapat mengobati panas dalam. Bakteri baik yang tersimpan di dalamnya dapat berguna sebagai probiotik di dalam saluran pencernaan untuk melawan bakteri jahat.

9. Jeruk

Buah jeruk juga dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Kandungan vitamin C didalamnya tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melawan kuman penyakit, sekaligus untuk meredakan panas dalam. Perbanyaklah konsumsi buah jeruk yang akan membantu mengobati panas dalam.

Di samping mengkonsumsi obat panas dalam seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus memperhatikan asupan cairan. Konsumsilah setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari. Selain itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayur untuk memperlancar pencernaan dan menyegarkan tubuh. Hindari berbagai gaya hidup yang tidak sehat antara lain yaitu merokok atau minum minuman beralkohol dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas dan berlemak. Jika Anda berada pada lingkungan yang sangat panas maka konsumsilah lebih banyak air dan lembabkan bagian luar kulit Anda misalnya dengan sedikit semprotan air (water spray). Anda sebaiknya menghindari stres karena juga dapat memicu timbulnya panas dalam.

Walaupun pada umumnya berlangsung ringan, namun Anda harus waspada jika panas dalam yang Anda alami sering terjadi, berlangsung lama, atau bahkan menunjukkan gejala yang semakin parah. Gejala yang perlu diwaspadai sebagai pertanda panas dalam yang Anda semakin parah antara lain yaitu tubuh semakin lemas, gangguan pencernaan berat, terjadi tanda-tanda kekurangan cairan atau dehidrasi, sakit tenggorokan yang parah, jantung berdebar-debar, sesak nafas, atau terjadi demam. Jika terjadi tanda-tanda tersebut maka segera periksa ke dokter atau sarana kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan dan terapi secepatnya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *