invisible bg invisible ico

Inilah Mengapa Buah Kurma Sangat Bermanfaat bagi Ibu Hamil

Inilah Mengapa Konsumsi Buah Kurma Sangat Bermanfaat Bagi Ibu HamilKonsumsi buah kurma sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Ya! memang sangat benar bahwa buah ini sangat kaya akan manfaat dan terkenal dengan sebutan buah Nabi, telah dibudidayakan semenjak 6000 tahun sebelum masehi. yang mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan mineral. Masyarakat Arab menjadikan buah kurma sebagai salah satu makanan pokok, sedangkan di Indonesia sendiri buah kurma disajikan sebagai buah pelengkap terutama pada bulan diwajibkannya untuk umat muslim berpuasa.

Daging buah nya yang hitam memiliki rasa manis dan menyembunyikan berbagai macam kandungan nilai gizi penting bagi ibu hamil. Berikut akan disajikan informasi mengenai kandungan dalam buah kurma beserta manfaat, serta tips dalam mengkonsumsi buah kurma selama kehamilan.

Kandungan Gizi Buah Kurma dan Manfaatnya bagi Ibu Hamil

Meskipun bagi sebagian orang buah kurma memiliki rasa yang terlalu manis, namun mengkonsumsi buah kurma telah terbukti aman dan sangat bermanfaat bagi ibu dan janin dalam kandungan. Fruktosa, adalah turunan gula yang terkandung dalam buah kurma memiliki sifat mudah terserap oleh sel dalam tubuh sebelum sempat menaikkan kadar gula dalam darah. Berikut fakta menarik mengenai kandung gizi per 100 gram buah kurma dan manfaatnya bagi ibu hamil:

  1. Sumber Energy (277 kcal)

Selama masa kehamilan sangat penting untuk mengkonsumsi makanan sehat yang dapat membantu Ibu untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari kelelahan. Mengkonsumsi buah kurma dalam jumlah cukup akan menambah cadangan gula dalam tubuh anda tanpa menambah total jumlah kalori dari makanan yang anda konsumsi. Sehingga tidak perlu takut gemuk ketika anda rutin mengkonsumsi buah kurma selama masa kehamilan.

  1. Fiber atau serat (2.7 g)

Konstipasi atau susah buang air besar, merupakan masalah umum yang sering terjadi pada ibu hamil. Kandungan serat dalam buah kurma dapat membantu anda terhindar dari gejala ini. Manfaat lain dengan mengkonsumsi buah kurma yang kaya serat, anda tidak akan cepat lapar, menurunkan kolesterol jahat dalam darah bahkan dapat menjaga anda untuk selalu berada dalam berat badan ideal selama masa kehamilan.

  1. Protein (1.8 g)

Protein dalam buah kurma membantu tubuh anda untuk memproduksi asam amino yang sangat bermanfaat dalam perbaikan sel serta mendukung penuh pertumbuhan janin dalam kandungan.

  1. Folat (15 mcg)

Kandungan folat di dalam buah kurma mencegah terjadinya kelainan janin dalam kandungan. Hal ini sangat berhubungan dengan pertumbuhan syaraf dan otak nya.

  1. Zat besi (0.9 mg)

Zat besi dalam buah kurma sangat dibutuhkan untuk menghindarkan ibu hamil dari kondisi anemia atau kekurangan sel darah merah selama kehamilan. Zat ini mengikat hemoglobin di dalam tubuh dan akan meningkatkan sistem imunitas atau pertahanan penyakit, baik pada diri ibu dan janin.

  1. Vitamin K (2.7 mcg)

Pada bayi yang baru dilahirkan, kandungan Vitamin K akan sangat rendah. Sehingga suntikan Vitamin ini akan langsung diberikan pada bayi sesaat setelah dilahirkan. Dengan konsumsi buah kurma dalam jumlah cukup oleh Ibu semasa mengandung, ASI akan kaya dengan Vitamin ini. Sehingga dengan menyusui, kadar Vitamin K dalam tubuh bayi akan meningkat. Vitamin K berfungsi sebagai zat pembekuan darah dan pendukung dalam pertumbuhan tulang.

  1. Magnesium (54 mg)

Magnesium adalah salah satu zat mineral pembentuk gigi dan tulang pada bayi. Selain itu magnesium juga berfungsi sebagai pengatur gula dan tekanan darah. Kondisi kekurangan magnesium selama kehamilan dapat beresiko terjadinya kelainan ginjal ataupun penyakit lain yang berhubungan dengan kegagalan fungsi ginjal pada janin.

  1. Kalium (696 mg)

Kalium atau juga dikenal dengan nama kimia Potassium. Merupakan mineral terbanyak ketiga di dalam tubuh manusia. Mineral ini adalah kunci keseimbangan air dan garam, mengatur tekanan darah serta kandungan potassium yang cukup akan menghindarkan ibu hamil dari terjadinya kram otot selama masa kehamilan.

  1. Kolesterol (0.2 g)

Kolesterol yang terkandung dalam 100 gram buah kurma adalah sangat minim. Bahkan kandungan beta-glucan dalam buah kurma mampu mengikat kolesterol jahat serta membuangnya keluar dari tubuh manusia melalui proses eksresi. Sehingga konsumsi buah kurma dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang melebih normal.

Tips dalam Konsumsi Buah Kurma Selama Kehamilan

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai kandungan zat pada buah kurma, berikut akan di ulas mengenai tips mengkonsumsi buah kurma selama masa kehamilan anda:

  1. Aman untuk Dikonsumsi Pada Tiap Tahapan Kehamilan

Buah kurma sangat aman untuk dikonsumsi pada tiap tahapan kehamilan. Namun tetap dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Pada trimester pertama kurma dapat membantu mencegah konstipasi, menambah energi ketika ibu tidak mampu makan karena terjadinya mual pada awal kehamilan.

Pada trimester kedua resiko ibu hamil untuk mengidap diabetes gestasional atau penyakit gula akibat kehamilan amatlah tinggi. Sehingga konsultasikan dengan dokter, berapa jumlah ideal untuk buah kurma yang dapat anda konsumsi pada masa ini. Karena tidak ada yang baik dari segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan.

Trimester ketiga merupakan masa yang tepat untuk mengkonsumsi buah kurma. Karena kandungan lain yakni oksitosin, akan membantu proses melahirkan dengan mudah dan cepat. Jumlah yang disarankan adalah 6 biji buah kurma  dan dimulai pada usia 36 minggu kehamilan, atau sebulan sebelum hari taksiran persalinan.

  1. Penyajian Buah Kurma

Selama kehamilan, jika bosan dengan konsumsi langsung buah kurma, anda dapat melakukan variasi dalam penyajiannya. Berbagai jus buah-buahan akan terasa semakin lezat dan bergizi apabila dicampur dengan buah kurma. Selain jus buah kurma dapat digunakan sebagai campuran dalam salad, pemanis atau penghias cake dan roti kering atau campurkan dengan susu dan yogurt.

  1. Tidak Perlu Bingung dengan Berbagai Jenis Buah Kurma

Terdapat banyak sekali jenis dan tekstur buah kurma yang dijual di pasaran. Untuk jenis yang lembek atau cenderung lembut menandakan buah kurma tersebut kaya akan kandungan mineral. Kurma jenis semi-kering mengandung kadar gula yang lebih rendah dan kenyal ketika di kunyah. Sedangkan kurma kering banyak digunakan untuk penghias cake dan roti kering.

Apapun jenis dan tekstur buah kurma tidak akan mengurangi kekayaan gizi dan manfaat yang terkandung dalam daging buah nya. Buah ini dapat menjadi pilihan anda untuk camilan yang sehat dan enak selama kehamilan.

Selain manfaat nyata yang telah kita ketahui bersama dari informasi di atas, buah kurma merupakan buah yang amat spesial. Ia disebutkan hingga dua puluh kali di dalam Al Quran, kitab suci umat muslim. Bahkan sebelum berbagai penelitian dilakukan terhadap buah kurma, Allah telah terlebih dahulu menyebutkan buah kurma sebagai obat dari segala macam penyakit. Masih mau meragukan manfaat buah ini?

Demikian informasi mengenai kandungan gizi dan manfaat buah kurma bagi ibu hamil. Serta beberapa tips dalam pilihan waktu konsumsi, jenis dan variasi makanan yang dapat di campur dengan buah kurma. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *