invisible hit counter invisible bg invisible ico

Inilah Daftar Obat Sakit Perut Anak yang Terbukti Efektif

Inilah Daftar Obat Sakit Perut Anak yang Dapat Anda CobaSebagai orangtua, pengetahuan mengenai obat sakit perut anak sebaiknya Anda miliki. Pasalnya, sensai sakit pada perut sangat sering dialami oleh anak-anak. Dokter anak terkemuka asal Amerika mengatakan bahwa sakit perut sangatlah umum ditemukan pada anak-anak, terutama dalam rntang usia 4-8 tahun. Jadi, jangan heran bila anak Anda sakit perut, karena hal tersebut memang hal yang umum.

Sakit perut pada anak memiliki berbagai sebab. Penyebab sakit perut pada anak yang paling sering adalah karena makanan yang ia konsumsi, otot yang kram atau teregang di sekitar perut dan stress psikologis. Malah, alasan otot kram atau teregang serta stress psikologis lah yang menduduki peringkat pertama penyebab sakit perut pada anak. Jadi saat anak Anda mengeluh sakit perut, lebih baik Anda coba dulu obat sakit perut anak alami yang akan dibahas di tulisan ini sebelum membawanya ke dokter.

Obat Sakit Perut Anak yang Terbukti Efektif yang Bisa Anda Coba Berikan

Berat badan anak kecil berbeda dengan berat badan dewasa. Selain perbedaan itu, sistem tubuh yang bekerja pun tidak bisa sepenuhnya disamakan dengan orang dewasa. Hal inilah yang membuat pengobatan pada anak berbeda dengan orang dewasa. Karena itu, tulisan ini akan menyajikan obat sakit perut anak tradisional dan alami yang aman dan pastinya dapat Anda coba sendiri. Berikut adalah daftar obat sakit perut anak tradisional dan alami:

  • Teh

Sajikan secangkir teh hangat untuk anak Anda. Teh hangat dapat menjadi obat sakit perut anak karena memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya adalah efek anti radang, menenangkan dan melegakan ketegangan otot. Jadi, teh dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut, melemaskan otot di sekitar perut yang tegang serta mengurangi kram pada dinding saluran pencernaan. Bila ingin manis, teh dapat dikombinasikan dengan madu, karena madu juga memiliki banyak efek yang baik bagi kesehatan anak Anda.

  • Jahe

Teh dengan jahe merupakan pilihan yang baik sebagai obat sakit perut anak. Jahe mengandung gingerol, suatu antioksidan kuat yang dapat mengurangi jumlah dan efek jahat dari radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, gingerol juga mampu mengurangi sensasi mual dan rasa tidak nyaman pada perut. Jahe juga memiliki efek anti radang serta dapat menetralkan pH di lambung. Bila tidak teh, berikan minuman yang mengandung jahe lainnya. Namun jangan paksa anak Anda bila ia tidak suka, karena stress psikologis dapat menambah perasaan nyeri pada perutnya.

  • Berikan Penghangat

Meletakkan botol atau botol karet berisi air panas di perut anak Anda selagi duduk atau berbaring dapat meredakan nyeri pada perut. Menghangatkan perut dapat menjadi obat sakit perut anak secara alami. Suhu yang hangat dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit perut sehingga dapat menetralkan rasa sakit perut yang datang dari perut bagian dalam. selain meletakkan benda yang hangat, mengoleskan minyak yang menimbulkan rasa hangat juga dapat membantu menghilangkan sakit perut.

  • Hidangkan Makanan yang Agak Tawar

Obat sakit perut anak yang satu ini bukan berarti anak Anda dilarang makan makanan enak. Makanan dengan rasa yang menyengat, seperti yang mengandung banyak bumbu, bersaus, berminyak atau pedas dapat merangsang dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga dapat lebih mudah timbul perasaan nyeri perut. Selain itu, makanan tawar dan lembut seperti nasi, bubur, pasta, yogurt dan roti lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan dan dapat mengembalikan fungsi pencernaan menjadi lebih optimal.

Apalagi cara mengobati sakit perut anak? Kapan waktunya harus membawa anak ke dokter? Baca kelanjutan artikel ini di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *