invisible bg invisible ico

Inilah Berbagai Ciri Anda Memiliki Janin yang Sehat

Inilah Berbagai Ciri Anda Memiliki Janin yang Sehat Jika saat ini Anda dalam masa kehamilan, tentu Anda menginginkan pertumbuhan janin selalu sehat bukan. Menjadi sebuah keharusan bagi Anda untuk mengetahui berbagai ciri janin Anda sehat di dalam kandungan, sehingga akan menghindarkan diri dari ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan.

Berikut akan disajikan informasi dan rangkuman singkat mengenai tanda dan ciri janin yang sehat. Selamat membaca!

Ciri Janin Sehat Berdasarkan Usia Kehamilan

Janin yang sehat akan menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan yang normal sesuai usia kandungan. Dimulai pada masa konsepsi hingga 10 minggu, janin masih berupa embrio. Ketika memasuki usia 10 minggu embrio akan berkembang menjadi fetus atau disebut pula janin kecil. Berikut penjelasannya:

  1. Usia 5 hingga 12 minggu (trimester pertama)

Pada usia 5 minggu embrio akan seukuran dengan buah apel. Di dalam kantung kehamilan Anda, akan tampak cairan ketuban yang mulai terbentuk. Neural plate yakni lempeng syaraf janin akan dapat terlihat dengan jelas. Lempeng syaraf ini merupakan awal terbentuknya sistem otak besar janin. Janin Anda sehat dibuktikan dengan menunjukkan perkembangan positif tersebut pada usia kehamilan 5 minggu.

Memasuki usia 6 hingga 7 minggu adalah proses pembentukan berbagai organ vital dalam tubuh kecil sang janin. Antara lain ginjal, jantung dan hati mulai terbentuk. Memasuki akhir minggu ke 7 organ jantung telah mengalami penyempurnaan. Memiliki 2 bilik jantung dan berdetak lebih cepat. Pada usia ini telah terbentuk pula lengan kecil, dilengkapi dengan bentuknya yang menyudut seperti siku. Gerakan gerakan kecil yang tidak dapat anda rasakan pun mulai terjadi.

Pertumbuhan janin pada usia 8 hingga 9 minggu yang sehat ditandai dengan fungsi jantung yang mulai bekerja memompa darah, otak telah terbentuk dan bentuk wajah telah nampak dengan kelopak mata yang masih tertutup dengan tulang dahi yang membesar.

Memasuki awal 9 minggu janin telah semakin mirip manusia, dengan hidung dan lubang hidung yang berkembang sempurna. Kedua tangan menekuk di depan dada, selaput jari jari tangan yang telah menghilang, dengan kulit janin yang masih tipis dan kemerahan. Detak jantung janin yang sehat akan mencapai 170 – 200 kali per menit pada tengah trimester pertamanya.

Apabila pada usia 9 minggu Anda tidak kunjung dapat merasakan detak jantung janin, maka dapat dipastikan Anda mengalami kehamilan ektopik atau di luar rahim. Kehamilan ini dapat mengakibatkan nyeri yang sangat, serta beresiko pada terjadinya keguguran.

Pada usia 10 hingga 11 minggu bentuk fetus atau janin kecil semakin mengalami penyempurnaan. Ukuran janin mencapai dua kali besar ukuran awalnya. Rambut halus pada kulit serta kuku di ujung jari jemarinya telah tumbuh. Pada usia ini pula janin akan bergerak dengan lebih aktif namun gerakan ini terkadang masih sulit untuk dirasakan karena posisi rahim yang masih berada di bawah panggul.

Pada usia 12 minggu atau akhir dari trimester pertamanya, panjang janin haruslah mencapai 7.5 hingga 10 cm dengan berat badan 28 gram. Minimal satu kali pemeriksaan kehamilan harus dilaksanan pada masa ini. Dokter akan melaksanakan berbagai pemeriksaan lengkap selain USG termasuk berat badan ibu, tekanan darah, tinggi fundus uteri atau rahim dan pemberian tablet besi jika terdapat tanda gejala anemia.

  1. Usia 13 hingga 24 minggu (trimester kedua)

Pada usia janin 13 hingga 14 minggu tulang tengkorak tampak semakin padat dengan organ gerak yakni kaki dan tangannya yang semakin fleksibel dan aktif bergerak. Janin mulai mengisap jempolnya, serta telah mampu menampakkan ekspresi wajah. Gerak yang aktif menunjukkan otak dan persyarafan mengalami pertumbuhan dengan pesat.

Memasuki usia 15 hingga 16 minggu, berat bayi haruslah semakin meningkat mencapai 70 gram. Sistem pernafasan mulai terbentuk dan bekerja, kantung alveoli dalam paru – paru mulai mengalami pengembangan. Ukuran kaki juga semakin memanjang, melebihi ukuran dari tangannya. Meski kelopak mata masih menutup pada usia ini, janin telah mampu merasakan cahaya. Jenis kelamin pun dapat dideteksi pada masa ini.

Akhir usia 16 minggu berat janin haruslah mencapai 100 gram. Dengan ukuran panjang badan kira-kira sebesar buah alpukat. Gerakan bayi akan semakin terasa nyata pada usia 16 hingga 18 minggu kehamilan. Diantara usia ini tulang belulang yang awalnya berupa tulang lunak mulai menunjukkan kepadatan dengan ukuran plasenta yang semakin tebal dan kuat.

Detak jantung akan mengalami penurunan, yakni sekitar 120 – 150 kali per menit. Tidak perlu khawatir karena penurunan detak jantung normal terjadi pada pertengahan trimester kedua.

Pada usia 19 hingga 20 minggu telinga telah terbentuk dengan sempurna dan terletak pada posisi yang tepat. Janin akan semakin aktif bergerak menekuk tangan dan kakinya. Permukaan kulit masih tipis dan transparan, sehingga tampak pembuluh darah yang mengalirkan darah di sekitar tubuhnya. Sistem inderanya haruslah mulai dapat menangkap berbagai rangsangan yang diberikan oleh lingkungan.

Hingga akhir usia 20 minggu, ginjal telah mampu memproduksi air seni atau urine pertamanya. Kulit kepala terbentuk dengan rambut di area kepala yang semakin tebal. Bayi sering menelan untuk berlatih kematangan sistem pencernaannya. Meconium atau kotoran pertama mulai diproduksi, tersimpan di dalam usus kecilnya.

Menginjak akhir trimester kedua, Anda akan dapat merasakan gerakan janin dengan lebih teratur. Pada usia ini bakal gigi telah terbentuk di dalam gusinya. Pankreas dan sistem hormonal yang lain mulai bekerja. Beratnya haruslah mencapai 600 gram pada usia 6 bulan sebagai pertanda janin Anda berkembang dengan baik dan sehat.

  1. Usia 25 – 36 Minggu (trimester ketiga)

Pada usia ini kulit bayi yang mengkerut akan semakin tampak smooth dan halus, ditumbuhi dengan rambut halus yang disebut dengan lanugo. Memasuki awal trimester terakhir, kunjungilah dokter spesialis kandungan atau bidan Anda minimal sekali dalam dua mingguan.

Tentu Anda akan merasakan otot, gerakan dan tendangan janin yang semakin kuat dari sebelumnya. Hal ini menunjukkan kesiapannya untuk dilahirkan. Begitupun dengan kuku jari jemari kaki dan tangan janin akan semakin panjang. Pada akhir usia 36 minggu bobotnya haruslah mencapai 2.5 hingga kurang dari 4 kilogram. Posisi ubun ubun kepala berada di bawah, memasuki panggul ibu untuk persiapan kelahiran.

Melaksanakan pemeriksaan kehamilan dengan teratur dan terjadwal selain menjadi kunci penentu proses persalinan yang aman. Hal ini akan membantu Dokter atau Bidan dalam mendeteksi apabila terjadi kelainan organ, posisi serta penyulit yang dapat terjadi saat persalinan.

Terus bergerak dengan aktif dan semakin aktif hingga masa penantian persalinan adalah tanda utama bahwa janin yang Anda kandung dalam keadaan sehat. Apabila Anda merasakan gerakan yang justru semakin berkurang segeralah waspada dan periksakan kepada dokter atau bidan Anda.

Demikian informasi mengenai ciri pertumbuhan janin yang sehat dari awal hingga akhir trimester kehamilan. Semoga bermanfaat dan semoga Anda dan janin dalam kandungan selalu dalam kondisi bahagia dan sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *