invisible hit counter invisible bg invisible ico

Ini Dia Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Paling Umum

Ini Dia Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Paling UmumAnda pasti pernah merasakan sakit kepala bagian belakang maupun di tempat lain di seluruh bagian kepala anda. Sakit kepala atau yang dikenal dengan cephalgia merupakan keluhan terbanyak yang ditemukan tenaga kesehatan di masyarakat. Sakit kepala juga secara medis dibagi menjadi 2 jenis yakni sakit kepala primer dimana sumber dari rasa sakit kepala berasal dari struktur di dalam kepala itu sendiri dan juga sakit kepala sekunder dimana sumber dari sakit kepala berasal dari masalah pada organ lain di dalam tubuh.

Sakit kepala primer juga dibagi lagi ke dalam sub-bagian dimana baik penyebab, lokasi dan derajat dari masing-masing jenis sakit kepala tersebut berbeda satu dengan yang lainnya. Jika dinilai berdasarkan lokasi timbulnya sakit kepala ini, sakit kepala bagian belakang merupakan salah satu lokasi sakit kepala yang sering dikeluhkan. Lalu apa sajakah penyebab sakit kepala bagian belakang tersebut? Dan apakah sakit kepala bagian belakang ini berbahaya? Temukan jawabannya dalam penjelasan berikut ini!

Penyebab Tersering Sakit Kepala Bagian Belakang

Penyebab sakit kepala bagian belakang bagi masing-masing orang bisa berbeda satu dengan yang lain, untuk itulah anda memerlukan pemeriksaan dari dokter guna mendapatkan kepastian penyebab dan juga terapi untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Di bawah ini kami sajikan beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala bagian belakang yang sering dikeluhkan!

1. Sakit kepala tipe tegang (tension type headache)

Penyebab sakit kepala bagian belakang yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang adalah ketegangan pada struktur-struktur disekitar kepala terutama otot kepala dan leher. Sakit kepala tipe tegang ini memegang 70% dari total semua keluhan sakit kepala yang ditemui oleh tenaga kesehatan dan kebanyakan terjadi pada usia dewasa muda. Sakit kepala tipe tegang dapat dicetuskan oleh berbagai hal seperti posisi yang salah saat bekerja atau tidur, kurang tidur bahkan saat seseorang mengalami stres ataupun khawatir.

Sakit kepala tipe tegang juga bisa bersifat episodik (sakit kepala dirasakan rata-rata selama 1 hari dalam sebulan) dan juga kronik (sakit kepala dirasakan lebih dari 15 hari dalam sebulan). Penderita sakit kepala tipe tegang sering mengeluhkan bahwa sakit kepala dirasakan pada seluruh bagian kepala hingga leher bagian belakang, terasa seperti diikat atau ditekan dan intensitas sakitnya ringan hingga sedang. Penderitanya juga akan mengeluhkan ketegangan di daerah kepala dan leher yang berlangsung dalam hitungan menit hingga berhari-hari.

2. Sakit kepala tipe servikal

Berikutnya penyebab sakit kepala bagian belakang adalah sakit kepala tipe servikal atau yang dikenal dengan istilah cervicogenic headache. Pada kasus sakit kepala tipe servikal ini masalah utama pasti ditemukan pada vertebra servikal (tulang belakang bagian leher). Kelainan yang sering ditemui adalah kelainan pada sendi diantara tulang belakang bagian leher (cervical spondylosis) dan juga sebuah kelainan tulang dan sendi pada tulang belakang bagian leher (cervical osteoarthrosis).

Masing-masing kondisi ini akan menyebabkan penekanan pada saraf yang keluar dari tulang belakang dan selanjutnya akan menimbulkan kontraksi terus-menerus dari otot-otot leher. Selain itu berbagai penyakit yang terjadi pada tulang belakang bagian servikal anda dapat menimbulkan nyeri alih yang dirasakan sebagai sakit kepala bagian belakang dan dikenal dengan istilah reffered pain.

Berbeda dengan sakit kepala tipe tegang sebelumnya, intensitas sakit kepala yang dirasakan penderita sakit kepala tipe servikal lebih berat. Keluhan yang dirasakan penderitanya juga bisa hanya pada satu sisi kepala baik bagian depan maupun bagian belakang. Sakit kepala yang dirasakan terasa dalam namun tidak berdenyut dan akan timbul jika terdapat gerakan dan posisi tertentu dari leher, penekanan pada daerah belakang kepala bahkan dapat timbul ketika penderitanya mengedan, batuk maupun bersin.

Penderita sakit kepala tipe servikal ini akan mengeluhkan keterbatasan saat menggerakkan leher, dan sakit kepala yang dirasakan dapat menyebar ke depan. Penderitanya mungkin membutuhkan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan radiologis untuk melihat apakah ada gangguan pada daerah tulang belakang. Jika anda merasakan gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, segeralah periksakan diri anda ke dokter.

3. Neuralgia oksipital

Selanjutnya penyebab sakit kepala bagian belakang yang akan dibahas adalah neuralgia oksipital, dimana terdapat iritasi atau sensitasi pada saraf yang terdapat pada kepala bagian belakang. Mungkin jenis sakit kepala yang satu ini terlihat mirip dengan sakit kepala tipe servikal, namun perlu diperhatikan bahwa penderita neuralgia oksipital cenderung mengeluhkan sakit kepala yang berdenyut.

Sakit kepala yang ditemukan pada penderita neuralgia oksipital ini terkadang bersifat tajam menusuk dan menyengat pada kepala bagian belakang. Pada kasus-kasus sakit kepala bagian belakang yang disebabkan oleh neuralgia oksipital, dibutuhkan terapi khusus yang lebih spesifik dari dokter sehingga anda perlu untuk memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin.

4. Migren basilar

Penyebab sakit kepala bagian belakang terakhir yang akan kami sebutkan di dalam artikel ini adalah migren basilar. Berbeda dengan kasus migren lainnya dimana keluhan sakit kepala berdenyut dirasakan sangat khas pada satu sisi kepala, migren basilar timbul pada lokasi kepala bagian belakang. Hal ini disebabkan oleh struktur otak yang mengalami gangguan penurunan aliran darah berada pada kepala bagian belakang.

Penderita jenis migren yang satu ini akan mengeluhkan rasa pusing berputar (vertigo) yang hebat, telinga berdenging disertai penurunan pendengaran, rasa mual dan muntah, gangguan berbicara, gangguan penglihatan serta gangguan keseimbangan. Melihat hal ini sudah dapat dipastikan bahwa penderita migren basilar membutuhkan penanganan serius dari dokter di rumah sakit.

Lalu, Apakah Sakit Kepala Bagian Belakang Ini Berbahaya?

Setelah melihat penjelasan mengenai penyebab-penyebab tersering sakit kepala bagian belakang, kita dapat menyimpulkan bahwa berbahaya atau tidaknya sakit kepala bagian belakang ditentukan oleh apa penyebabnya dan berat ringannya keluhan yang dirasakan oleh penderitanya. Semua keluhan harus tetap diperiksa oleh dokter untuk melihat seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan bagi kesehatan anda. Sakit kepala dimanapun lokasi nyerinya disebut berbahaya dan harus segera mendapat pemeriksaan dari dokter jika ditemukan pada kondisi-kondisi sebagai berikut.

  • Sakit kepala dirasakan baru pertama kali dengan intensitas yang sangat berat.
  • Sakit kepala hebat yang dirasakan setelah mengalami trauma kepala apapun penyebabnya dalam 3 bulan terakhir.
  • Sakit kepala yang disertai demam tinggi, mual, muntah, gangguan penglihatan, leher kaku atau kejang-kejang.
  • Sakit kepala yang disertai dengan gangguan keseimbangan, kelumpuhan dan gangguan bicara.
  • Sakit kepala pada penderita kanker yang berpotensi mengalami penyebaran ke otak.

Demikianlah artikel kami mengenai apa saja penyebab tersering sakit kepala bagian belakang, semoga dengan artikel ini pengetahuan kita mengenai jenis sakit kepala dapat bertambah. Tidak lupa anda diingatkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan juga pilihan terapi yang tepat untuk penyakit yang sedang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *