invisible bg invisible ico

Ini Dia Obat Diare Anak yang Aman dan Manjur

Ini Dia Obat Diare Anak yang Aman dan ManjurSaat Anda memberikan obat diare anak, sebaiknya Anda memperhitungkan banyak hal terutama efek samping yang akan terjadi apabila obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Meskipun diare bukan termasuk penyakit keras yang membutuhkan waktu penyembuhan lama, namun untuk beberapa kasus diare yang akut ternyata penyembuhannya bisa memakan waktu cukup lama.

Umumnya penyakit diare ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Bahkan biasanya hanya perlu mengonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran saja tanpa perlu berobat ke dokter. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada Anda mengenai berbagai macam obat diare anak tradisional yang bisa Anda buat sendiri dan juga tentang bagaimana cara mencegah diare pada anak.

Macam-Macam Obat Diare Anak Alami yang Mudah Dibuat

Secara umum penyebab diare antara satu orang dengan orang yang lain tidak bisa disamakan. Pasalnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit diare. Misal karena makan yang terlalu pedas, terlalu asam, alergi makanan tertentu, dan juga karena makanan yang kurang bersih dan higienis.

Anak-anak yang masih kurang peduli dengan kebersihan, tidak mencuci tangan sebelum makan, serta kebiasaan jajan sembarangan seringkali menyebabkan diare. Dan apabila suatu saat anak Anda terkena diare, sebagai pertolongan pertama buatlah beberapa macam obat diare anak alami berikut ini.

1. Oralit

Oralit memang sudah diketahui sejak lama menjadi salah satu obat diare paling manjur. Bahkan menurut sebuah penelitian, selama 25 tahun terakhir oralit berhasil mengatasi kasus diare pada lebih dari 50 juta anak di dunia. Anda tak perlu membeli oralit di apotek, karena obat diare anak tradisional ini bisa Anda buat sendiri.

Siapkan sekitar 200 ml air hangat, 2 sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh garam dapur. Setelah itu larutkan ketiga bahan tersebut pada air hangat dan berikan kepada si anak dengan porsi yang sesuai. Untuk balita 1 tahun Anda disarankan memberikan ½ gelas oralit saja, sedangkan untuk balita di atas 1 tahun berikan dengan takaran 1 gelas.

2. Daun Kayu Putih

Obat diare anak alami lainnya bisa Anda buat sendiri dengan bahan daun kayu putih. Mungkin bahan ini cukup asing bagi Anda, namun tidak terlalu sulit didapatkan. Nah, sebelum membuat ramuannya Anda siapkan dulu bahan-bahannya. Siapkan daun kayu putih kering dengan jumlah 6 – 10 gram, dan siapkan juga 2 gelas air matang.

Cara pembuatan obat diare anak tradisional yang satu ini cukup mudah. Rebus air matang yang telah Anda siapkan sebelumnya, kemudian masukkan daun kayu putihnya. Tunggu airnya sampai mendidih dan berkurang hingga tersisa kurang lebih 1 gelas. Berikan kepada anak yang sedang diare satu kali sehari sampai diarenya sembuh.

3. Daun Sendok

Jenis dedaunan lainnya yang juga bisa Anda manfaatkan menjadi obat diare adalah daun sendok. Daun ini juga cukup mudah di lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu Anda pasti tidak akan kesulitan untuk menemukan kurang lebih 30 gram daun sendok yang masih segar. Setelah itu Anda siapkan juga 3 gelas air matang.

Cara pembuatannya tidak jauh berbeda dengan ramuan tradisional dari daun kayu putih. Rebuslah daun sendok dengan 3 gelas air tersebut sampai mendidih. Kemudian Anda tunggu airnya berkurang hingga kurang lebih tersisa 1 gelas. Berikan ramuan tradisional ini kepada anak yang diare dua kali sehari dengan takaran ½ gelas.

Di halaman 2 masih ada beberapa obat diare anak alami yang mudah dibuat, dan juga hal-hal apa saja tentang cara pencegahan diare pada anak yang penting untuk Anda ketahui.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *