invisible hit counter invisible bg invisible ico

Ini Dia Manfaat Daun Sirih bagi Wanita, Tertarik Mencoba?

Ini Dia Manfaat Daun Sirih bagi Wanita, Tertarik Mencoba?Selama ini kita mengenal manfaat daun sirih bagi wanita hanya satu, yaitu untuk membersihkan area kewanitaan. Siapa sangka ternyata selain itu ada beragam manfaat daun sirih yang lainnya. Tanaman sirih tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Di Indonesia, orang-orang (khususnya lansia) yang masih memegang budaya tradisional biasa mengunyah daun dan buahnya bersama gambir, pinang, tembakau, dan kapur. Tidak hanya di Indonesia, tanaman sirih juga dapat ditemukan di India. Dalam bahasa Tamil, daun sirih disebut dengan “vetrilai“. Sedangkan dalam bahasa Hindi, daun sirih disebut dengan “paan ka patta“. Dalam kebudayaan India daun sirih memegang peranan penting untuk digunakan dalam ritual doa, menyambut tamu, upacara keagamaan, dan sebagai obat tradisional.

Manfaat Daun Sirih bagi Wanita yang Tidak Banyak Diketahui

Salah satu manfaat daun sirih bagi kaum wanita yang sudah sangat populer adalah untuk membersihkan daerah kewanitaan. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu merebus 5-10 lembar daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah dingin, saring airnya dan gunakan untuk membasuh area kewanitaan Anda. Dengan cara ini, daun sirih dipercaya dapat menghalau keputihan yang berlebihan.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan air rebusan daun sirih, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang pun telah tersedia vaginal douche dengan ekstrak daun sirih yang dapat dengan mudah Anda peroleh di apotik atau supermarket. Selain untuk mencegah keputihan yang berlebihan, manfaat daun sirih bagi wanita yang lainnya meliputi:

  • Melancarkan pencernaan

Ada pendapat yang menyatakan bahwa campuran bahan lain yang ditambahkan ketika mengunyah daun sirih mungkin kurang baik untuk tubuh kita. Oleh sebab itu, pada prinsipnya daun sirih dapat membawa manfaat kesehatan apabila kita mengunyah daun sirih saja tanpa menambahkan campuran apapun. Daun sirih dapat membantu melancarkan pencernaan apabila dikonsumsi segera setelah makan.

Daun sirih menstimulasi produksi air ludah di mulut yang dipenuhi dengan enzim-enzim pencernaan untuk memecah makanan dengan cepat. Selain membantu melancarkan pencernaan, daun sirih pun dapat meredakan masalah pencernaan yang umum timbul seperti kembung dan kelebihan gas dalam usus serta menciptakan lingkungan pencernaan yang sehat.

  • Membantu menjaga kebersihan rongga mulut

Manfaat daun sirih bagi wanita yang kedua adalah membantu menjaga kebersihan dalam rongga mulut. Hal ini karena daun sirih mengandung zat anti bakteri alami yang dapat membunuh kuman dalam mulut. Selain itu, daun sirih pun membantu menjaga kadar asam dalam mulut. Sebagai dampaknya, resiko bagi Anda untuk mengalami gigi berlubang akan menurun dan masalah bau mulut akan menghilang. Sehabis mengunyah daun sirih, ingatlah untuk selalu berkumur dengan baik karena sisa daun sirih mungkin akan meninggalkan noda di gigi Anda.

  • Melawan batuk dan pilek

Debu, polusi, serta perubahan musim yang tidak menentu membuat kita rentan terserang batuk dan pilek. Daun sirih adalah pilihan yang tepat untuk mengenyahkannya dengan cara membantu membersihkan dahak dari tenggorokan dan meredakan tenggorokan yang terasa sakit. Anda yang terserang faringitis atau tonsilitis mungkin dapat merasakan perbedaannya setelah mengunyah beberapa lembar daun sirih.

  • Meredakan nyeri akibat sakit lambung

Anda menderita sakit lambung? Manfaat daun sirih bagi wanita yang satu ini mungkin tidak Anda sangka-sangka: meredakan nyeri akibat sakit lambung yang Anda alami. Sakit lambung adalah suatu kondisi yang membuat penderitanya tidak nyaman secara fisik maupun mental. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih mempunyai kandungan yang dapat melindungi dinding lambung, sehingga apabila Anda mengalami peningkatan asam lambung, mengkonsumsi daun sirih dapat membantu meredakan gejala yang Anda rasakan.

  • Mengatasi jerawat

Manfaat daun sirih bagi wanita yang satu inilah yang mungkin ditunggu-tunggu. Sebelum Anda menghabiskan dana untuk membeli obat jerawat, mengapa tidak terlebih dahulu mencoba daun sirih? Untuk mengobati jerawat, Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih. Ambil sehelai kain bersih, celupkan ke air rebusan daun sirih, dan gunakan untuk menyeka wajah Anda.

Jika Anda ingin lebih praktis, Anda juga dapat langsung menggunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh wajah, tentunya setelah sebelumnya membersihkan sisa-sisa make up dari wajah Anda. Lakukan cara ini setidaknya dua kali dalam sehari, terutama setelah melakukan aktivitas di luar rumah.

  • Mengatasi gatal

Jika Anda mengalami gatal akibat alergi atau masalah kulit lainnya, sebelum rasa gatal bertambah parah dan meninggalkan bekas di kulit Anda, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan daun sirih. Caranya adalah, ambil 10-12 lembar daun sirih, rebus sebentar dalam air panas. Tidak perlu merebusnya terlalu lama, begitu daun sirih layu segera matikan api. Campurkan air rebusan daun sirih ini dengan air yang Anda gunakan untuk mandi.

Apabila gatal hanya terpusat di tangan dan kaki, Anda dapat langsung merendamnya dengan air rebusan daun sirih tersebut. Kandungan antiseptik dan anti inflamasi pada daun sirih akan membantu meredakan gatal pada kulit, sekaligus membuat proses penyembuhan kulit yang gatal berjalan lebih cepat.

  • Membantu proses detoksifikasi

Proses detoksifikasi sangat bermanfaat agar tubuh mencapai kondisi kesehatan yang lebih baik. Daun sirih juga terkenal akan kemampuannya untuk membersihkan racun dari tubuh. Manfaat daun sirih bagi wanita untuk detoksifikasi sangat penting, karena tubuh yang bersih dari racun akan nampak dari luar sebagai tubuh yang lebih bugar. Kulit pun akan tampak lebih bersih, bercahaya, dan awet muda.

  • Menghilangkan bau badan

Bau badan dapat sangat menurunkan rasa percaya diri seseorang, apalagi kaum wanita. Manfaat daun sirih dalam menghilangkan bau badan mungkin sudah pernah Anda dengar. Banyak kasus bau badan disebabkan bakteri yang berinteraksi dengan keringat pada beberapa bagian tubuh seperti ketiak. Kandungan anti bakteri dalam daun sirih membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan, sehingga bau badan Anda pun berangsur-angsur mereda.

  • Mengatasi luka bakar

Sengatan sinar matahari atau terkena uap air panas dapat menyebabkan luka bakar ringan. Salah satu manfaat daun sirih bagi wanita adalah mengatasi luka bakar ringan tersebut, karena tidak dapat dipungkiri terkadang luka bakar ringan meninggalkan bekas di kulit yang tidak sedap dipandang mata. Caranya sangat mudah. Petik beberapa lembar daun sirih, lumatkan lalu campur dengan sedikit madu organik kemudian bubuhkan pada area kulit yang terkena luka bakar. Daun sirih dan madu akan bersama-sama meredakan nyeri dan meminimalkan peradangan akibat luka bakar yang timbul.

Demikian beberapa manfaat daun sirih bagi wanita yang dapat kami sampaikan. Manfaatnya yang besar membuat sirih wajib ada dalam koleksi tanaman obat yang Anda miliki. Cara menanam sirih pun mudah. Pada prinsipnya, tanaman sirih akan tumbuh subur di tanah yang lembab dan cukup mendapat cahaya matahari. Berhati-hatilah agar tidak menyiramnya dengan terlalu banyak air. Cahaya matahari yang berlebihan pun dapat membuat pertumbuhannya tidak begitu baik. Jadi, tunggu apalagi? Saatnya menanam tanaman sirih di rumah Anda, sekarang .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *