invisible hit counter invisible bg invisible ico

Ini Dia 9 Obat Sakit Pinggang yang Ampuh dari Bahan Herbal

Ini Dia 9 Obat Sakit Pinggang yang Ampuh dari Bahan HerbalMenderita sakit pinggang tentunya sangat menyiksa, oleh karena itu Anda perlu mengetahui berbagai obat sakit pinggang yang ampuh dan alami yang akan disajikan dalam artikel berikut ini. Sakit pinggang bisa datang kapan saja, sehingga sangat mengganggu baik ketika sedang beraktifitas maupun ketika beristirahat. Gejala yang dirasakan oleh orang yang mengalami sakit pinggang bisa bervariasi, antara lain yaitu rasa pegal atau kaku pada pinggang, nyeri seperti di tusuk-tusuk jarum, panas, sakit ketika menggerakkan pinggang, kram otot pinggang, kesemutan atau mati rasa, dan sebagainya.

Sakit pinggang paling banyak menyerang orang yang sudah tua atau lansia. Namun pada berbagai kasus, sakit pinggang juga dapat menyerang orang yang masih muda akibat gaya hidup yang tidak sehat. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita sakit pinggang antara lain yaitu mengangkat beban yang terlalu berat, posisi tidur atau duduk yang salah, terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi, kelebihan berat badan, terlalu banyak berdiri, terlalu banyak duduk, pemakaian pakaian yang terlalu ketat, adanya penyakit batu ginjal, dan adanya gangguan struktur otot, tulang maupun persyarafan pada tulang belakang.

Berbagai Jenis Obat Sakit Pinggang dari Bahan Alami atau Herbal

Pinggang merupakan bagian tubuh yang menjaga stabilitas/keseimbangan tubuh sekaligus menjadi tumpuan ketika melakukan berbagai aktifitas. Sehingga pinggang sangat rentan mengalami gangguan atau cidera akibat aktifitas yang berlebihan atau terlalu berat. Sakit pinggang dapat berlangsung ringan maupun berat. Baik ringan maupun berat tentunya semua orang menginginkan terbebas dari sakit pinggang yang menyiksa. Bagi Anda yang mempunyai sakit pinggang, berikut ini adalah 9 obat sakit pinggang yang ampuh dan alami yang wajib Anda coba:

1. Temulawak

Temulawak merupakan jenis tanaman rimpang yang banyak digunakan sebagai bahan obat herbal termasuk sebagai obat sakit pinggang. Temulawak dikenal mengandung zat antiinflamasi sehingga dapat mengatasi peradangan otot maupun persendian. Cara mengobati sakit pinggang dengan temulawak yaitu siapkan beberapa ruas temulawak dan cuci sampai bersih. Lalu masukkan temulawak pada panci berisi 2 gelas air. Rebus temulawak sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum air rebusan temulawak tersebut secara teratur 2 kali sehari maka sakit penggang yang Anda derita akan segera sembuh.

2. Daun dewa

Daun dewa dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang tradisional karena mempunyai efek anti nyeri. Daun ini memang dikenal banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan sehingga sering dibudidayakan sebagai tanaman obat. Cara mengatasi sakit pinggang dengan daun dewa yaitu siapkan beberapa lembar daun dewa, cuci hingga bersih, lalu direbus. Gunakan air rebusan daun dewa tersebut untuk diminum secara teratur untuk mengobati sakit pinggang.

3. Jahe Merah

Mungkin Anda lebih mengenal manfaat jahe merah untuk mengobati batuk atau sakit radang tenggorokan. Ternyata jahe merah juga dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang yang ampuh. Caranya yaitu siapkan 2 ruas jahe merah, cuci menggunakan air bersih, lalu digepuk sedikit supaya aromanya keluar. Kemudian masukkan jahe merah ke dalam panci berisi 2 gelas air dan rebus sampai mendidih. Setelah mendidih lalu disaring untuk diambil airnya. Minum ramuan jahe merah tersebut selagi hangat, dan lakukan secara teratur 2 kali dalam sehari.

4. Akar ilalang

Ilalang yang secara sekilas tidak berguna, ternyata juga dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang dengan diambil akarnya. Untuk mengobati sakit pinggang menggunakan akar ilalang caranya yaitu dengan menyiapkan akar ilalang secukupnya, cuci sampai bersih, kemudian direbus. Setelah mendidih, ambil airnya dengan cara disaring dan minum secara teratur 2 kali dalam sehari untuk menyembuhkan sakit pinggang yang Anda derita.

5. Daun bakung

Taaman bakung seringkali dibiarkan tumbuh liar begitu saja tanpa diamanfaatkan. Padahal daun bakung dapat digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Caranya yaitu siapkan beberapa lembar daun bakung , cuci dengan air bersih kemudian masukkan dalam panci berisi 2 gelas air, rebus sampai mendidih. Lalu disaring untuk diambil airnya, dan minumlah secara rutin maka sakit pinggang akan segera sembuh.

6. Daun Kumis kucing

Daun kumis kucing sering digunakan untuk mengobati sakit pinggang yang diakibatkan karena kencing batu/batu ginjal. Batu ginjal biasanya ditandai dengan sakit saat berkemih, kencing terasa panas, dan sakit pada pinggang. Untuk mengobati sakit pinggang dengan daun kumis kucing caranya yaitu dengan menyiapkan daun kumis kucing secukupnya, cuci sampai bersih, kemudian direbus. Gunakan air rebusan daun kumis kucing tersebut untuk diminum secara teratur 2 kali dalam sehari.

7. Bawang putih

Obat sakit pinggang yang berikutnya yaitu dengan bawang putih. Tanaman yang lebih dikenal sebagai bumbu dapur ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, temasuk salah satu diantaranya yaitu untuk mengobati sakit pinggang. Caranya yaitu haluskan beberapa siung bawang putih lalu balurkan secara merata pada pinggang yang terasa sakit. Biarkan beberapa lama supaya meresap. Anda dapat melakukannya menjelang tidur supaya kandungan dalam bawang putih dapat meresap lebih optimal.

8. Cabe rawit

Cabe rawit yang memberikan sensasi rasa pedas pada makanan ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang. Caranya yaitu siapkan beberapa cabe rawit lalu diiris kecil-kecil dan masukkan ke dalam wadah berisi air hangat. Untuk hasil yang lebih optimal, masukkan juga ke dalam wadah tersebut jahe merah yang telah dipotong-potong. Tunggu beberapa saat supaya larut di dalam air, kemudian balurkan pada pinggang yang sakit sambil dipijit-pijit. Lakukan cara ini secara teratur sebagai terapi untuk menyembuhkan sakit pinggang.

9. Minyak kelapa

Anda juga dapat meredakan sakit pinggang dengan bahan minyak kelapa. Anda tentunya tidak kesulitan untuk menemukan bahan yang satu ini. Cara mengobati sakit pinggang dengan minyak kelapa yaitu siapkan minyak kelapa secukupnya lalu balurkan pada pinggang secara merata sambil dilakukan pemijitan. Minyak kelapa memberikan efek anti nyeri sekaligus sebagai terapi relaksasi otot pinggang.

Selain menggunakan berbagai obat sakit pinggang alami yang telah disebutkan di atas, untuk mengatasi sakit pinggang juga dapat menggunakan terapi fisik seperti pijat refleksi, akupuntur, maupun chiropraktik (terapi perbaikan struktur tulang belakang) . Tetapi Anda tentunya harus memilih terapis yang benar-benar ahli di bidang tersebut agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan terapi untuk menyembuhkan sakit pinggang yang Anda derita. Anda juga dapat mengurangi rasa nyeri pada pnggang dengan melakukan kopres air hangat.

Agar terhindar dari sakit pinggang, hal yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu dengan melakukan olah raga secara rutin, tidur menggunakan alas yang empuk dan posisikan tubuh secara nyaman, hindari mengangkat beban yang terlalu berat, hindari gerakan tubuh yang ekstrim, dan istirahat yang cukup. Selain itu biasakan untuk melakukan pemanasan ringan terutama ketika akan melakukan aktifitas fisik maupun berolahraga untuk menghindari terjadinya cidera pada pinggang. Anda sebaiknya juga banyak mengkonsumsi air putih untuk mencegah batu ginjal sekaligus untuk meningkatkan elastisitas otot pinggang. Jika sakit pinggang Anda alami tidak kunjung sembuh, maka hubungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *