invisible bg invisible ico

Ingin Membersihkan Muka secara Alami? Inilah Rahasianya

Ingin Membersihkan Muka secara Alami? Inilah RahasianyaMembersihkan muka merupakan sebuah kegiatan rutin yang tidak bisa tertinggal pada sebagian besar wanita dan pria. Berbagai kosmetik dan bahan kimia digunakan untuk membersihkan muka. Bahkan tidak jarang kosmetik mahal rela Anda tukar untuk mendapatkan kulit bersih dan bebas jerawat.

Beberapa bahan alami dapat Anda gunakan untuk membersihkan wajah dari kosmetik maupun debu yang menempel setelah beraktivitas di luar ruangan dengan lebih hemat dan efisien. Yang tidak banyak orang ketahui adalah cara membersihkan wajah secara alami sesuai dengan karakter kulit masing-masing.

Inilah Bahan Alami yang Cocok sebagai Pembersih Muka

Bahan alami pembersih muka haruslah menyesuaikan dengan jenis kulit Anda. Jenis kulit yang kering lebih membutuhkan bahan alami yang melembabkan. Berbeda halnya dengan jenis muka berminyak. Kesalahan penggunaan bahan alami pada muka berminyak justru akan memperbanyak produksi minyak, sehingga resiko berjerawat akan lebih tinggi terjadi. Berikut beberapa bahan alami sesuai dengan berbagai jenis kulit yang dapat Anda jadikan pilihan:

  • Kulit Kering dan Cenderung Bersisik

Untuk kulit kering dan cenderung bersisik Anda dapat menggunakan buah alpukat, dengan campuran madu maupun yogurt. Buah alpukat kaya akan berbagai macam jenis vitamin dan mineral, potassium dan magnesium memiliki berbagai manfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit yang kering.

Madu kaya akan zat polyphenol dan flavonoid, baik dalam menutrisi dan meregenerasi sel kulit yang mati atau kering dan teriritasi. Kandungan protein dan asam laktat yang sehat dalam yogurt memiliki efek melembabkan. Campur satu sendok alpukat dengan sedikit madu atau yogurt hingga berbentuk pasta, oleskan dengan merata lalu diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih. Pembersih berbahan dasar alpukat dengan campuran madu dan yogurt dapat membantu anda membersihkan kulit yang kering dan cenderung bersisik dengan baik.

Selain alpukat, Anda dapat menggunakan apel. Gunakan 2 buah apel yang telah dibuang kulitnya, setengah sendok makan madu, minyak zaitun dan yogurt plain. Blender hingga halus dan berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan 5 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

Laksanakan proses pembersihan ini minimal 2 kali dalam sehari, di pagi sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil optimal dan Anda dapat terbebas dari kulit kering dan bersisik.

  • Kulit Berminyak dan Cenderung Berjerawat

Untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, Anda dapat menggunakan campuran beberapa buah-buahan dengan air lemon atau perasan buah jeruk. Buah yang baik untuk kulit berjerawat antara lain strawberry dan tomat. Strawberry dan tomat adalah jenis buah yang kaya akan kandungan Vitamin C dan Vitamin E sebagai antioxidant, mengecilkan pori-pori dan menjaga kelembapan normal pada kulit wajah.

Tumbuk halus 5 buah strawberry atau 2 butir tomat ukuran medium. Campurkan tumbukan dengan air lemon atau jeruk hingga berbentuk pasta. Oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Bersihkan wajah berminyak dan berjerawat Anda dengan pasta ini sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil optimal dan wajah yang bersih dan bebas dari jerawat.

  • Kulit Normal

Beruntunglah jika Anda memiliki kulit normal. Mentimun dan yogurt adalah paduan yang cocok untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pada kulit normal Anda. Caranya adalah dengan blender 3 potongan sedang buah mentimun segar dengan 2 sendok yogurt plain hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

Kulit dan biji mentimun adalah bagian dari mentimun yang kaya dan banyak mengandung beta-karoten. Beta-karoten berfungsi sebagai antioxidan. Mencegah kerusakan kulit wajah dan melembabkan. Selain mencampur dengan yogurt plain, Anda dapat menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk mendapatkan kulit normal yang bersih dan bersinar.

  • Kulit Sensitif

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, menggunakan kentang dan campuran yogurt dan air mawar terbukti ampuh untuk membersihkan wajah dan mengangkat se kulit mati. Kupas kentang lalu parut sampai lembut, campurkan dengan air mawar. Oleskan hingga merata pada kulit wajah, diamkan 5 – 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kentang selain mengandung karbohidrat, juga kaya akan kandungan vitamin c sebaga antioxidan dan dapat mencerahkan kulit sensitif Anda.

Bahan Alami Lain yang Juga Cocok Digunakan Sebagai Pembersih Wajah

Selain beberapa jenis bahan alami yang telah tersebut di atas, terdapat beberapa resep pembersih wajah berbahan alami yang dapat Anda jadikan pilihan. Bahan alami memiliki kelebihan murah dan mudah untuk didapatkan. Berikut beberapa bahan alami lain yang juga cocok digunakan sebagai pembersih wajah:

  • Pembersih Wajah Berbahan Dasar Minyak Kelapa

Minyak kelapa data menghilangkan minyak berlebih yang muncul di penghujung hari kerja dan kegiatan Anda. Bahan ini juga memiliki sifat antibakteri, dengan menggunakan minyak kelapa akan membuat kulit Anda sehat dan lembut.

Untuk medapatkan manfaat maksimal dari minyak kelapa, cukup pijatkan beberapa tetes minyak kelapa secara merata pada area wajah selama 30 detik dengan menggunakan kapas wajah. Kemudian tunggu selama 15 – 30 detik. Bilas sisa minyak dengan kapas wajah, kasa basah maupun kain bersih yang telah dibasahi.

  • Pembersih Wajah Berbahan Dasar Cuka Apel

Cuka apel memiliki pH 5.5 mampu mengembalikan pH kulit wajah ke ukuran normal. Dengan pH kulit yang normal mencegah terjadinya jerawat serta dapat mencegah kulit menjadi terlalu kering ataupun terlalu berminyak. Caranya adalah dengan mencampur 1 sendok cuka apel dengan 2 sendok air, lalu kocok sampai merata. Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas atau tissue wajah. Jika Anda merasa kulit terlalu kering setelah penggunaan cuka apel, gunakan pelembab wajah yang cocok untuk kulit Anda.

  • Pembersih Wajah Berbahan Dasar Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang sangat cocok bagi pemilik kulit kering. Kandungan antioxidan dan lemak yang sehat dalam minyak zaitun membantu mengurangi radikal bebas, yang dapat membuat kulit Anda teriritasi dan terbakar akibat sinar matahari. Campur ½ gelas minyak zaitun dengan ¼ gelas cuka dan ¼ gelas air. Gunakan sebagai krim malam. Campuran minyak zaitun ini akan menghilangkan noda hitam di wajah, membunuh bakteri penyebab jerawat dan akan membuat wajah lembut dan bersih.

  • Pembersih Wajah Berbahan Dasar Yogurt

Yogurt merupakan bahan alami yang kaya akan kandungan protein dan asam laktat. Kombinasi kedua zat ini memiliki manfaat sebagai detox pada kulit. Mengaplikasikan asam laktat pada kulit secara rutin akan membantu menghilangkan sel kulit mati melalui proses exfoliasi. Kandungan protein nya juga mampu mengecilkan pori-pori, menghilangkan garis dan kerutan di wajah serta menghidrasi kulit wajah dengan baik.

Tanpa menggunakan campuran apapun, oleskan saja yogurt pada area wajah yang ingin Anda bersihkan dengan ujung jari yang bersih. Berikan pijatan lembut dan melingkar lalu diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk kering yang lembut. Yogurt mampu membersihkan berbagai kotoran dan sisa make-up yang menempel pada wajah Anda.

Demikian berbagai informasi mengenai berbagai pembersih muka alami yang dapat Anda coba laksanakan dan buat sendiri di rumah. Membersihkan wajah secara rutin akan membantu menjaga kesehatan dan kelembutan kulit, mencegah terjadinya jerawat dan membuat Anda terlihat cantik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *