invisible bg invisible ico

Ingin agar Bayi Cepat Gemuk? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini

5 Langkah Tepat yang Dapat Dilakukan agar Bayi Cepat GemukBagi setiap orang tua, pasti ingin mengetahui apa saja makanan atau asupan nutrisi yang baik agar bayi cepat gemuk. Hal ini karena memiliki bayi yang gemuk tentunya akan sangat menggemaskan. Selain itu, bayi dengan tubuh gemuk menandakan bahwa nutrisi serta gizi yang mereka dapatkan dapat diserap secara maksimal oleh tubuh. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini Anda diulas tentang apa saja yang dapat membuat bayi Anda memiliki tubuh gemuk dan lucu.

Hal yang Dapat Anda Lakukan Agar Bayi Cepat Gemuk

Tak dapat dipungkiri bahwa orang tua pasti ini memiliki bayi yang sehat dan gemuk. Namun membuat bayi gemuk tidaklah mudah. Anda sebagai orang tua pun harus memerhatikan langkah tepat dalam merawat buah hati agar benar-benar sehat tanpa terkendala masalah berat badan sedikitpun. Pasalnya, bayi yang terlalu gemuk atau terlalu kurus juga dapat menjadi pertanda bahwa terjadi masalah pada sistem penyerapan asupan nutrisi di dalam tubuh mereka.

Anda pun harus tahu bahwa tubuh berat badan seorang bayi secara ideal dapat dihitung ketika mereka telah menginjak usia 14 hari. Pada usia tersebut, bayi akan memiliki penambahan berat badan yang cukup signifikan, tergantung dari asupan makanan, nutrisi, serta gizi yang masuk ke dalam tubuh mereka. Kemudian peningkatan berat badan selanjutnya akan terjadi ketika bayi berusia 3 hingga 4 bulan. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan agar bayi cepat gemuk adalah sebagai berikut:

  • Tetap Berikan ASI Eksklusif

Hal pertama dan yang paling penting agar bayi cepat gemuk adalah dengan tetap memberikan asupan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif. Anda semua tentu memahami bahwa waktu ideal dalam pemberian ASI eksklusif pada bayi adalah hingga usia mereka menginjak 2 tahun.

ASI merupakan sumber utama bayi dan memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh bayi serta memberikan asupan nutrisi untuk tumbuh kembang mereka. Di dalam ASI eksklusif sendiri terdapat kandungan kolostrum yang terbukti sangat ampuh dalam meningkatkan sistem imun buah hati Anda. terkait dengan pemberian ASI eksklusif, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, selalu berikan ASI pada buah hati Anda terutama ketika merasakan haus. Sebagai makanan utama bayi, maka sebisa mungkin selalu sediakan ASI ketika bayi membutuhkannya, baik ketika mereka merasa lapar ataupun haus.

Kedua, apabila ternyata Anda tak dapat mencukupi kebutuhan ASI eksklusif untuk buah hati, Anda dapat meminta bantuan keluarga atau orang sekitar yang dapat memberikan ASI pada anak Anda. Ini karena tak ada kondisi di mana ASI eksklusif yang diproduksi oleh ibu tak dapat mencukupi kebutuhan ASI bayi.

Ketiga, jika Anda masih dapat memproduksi ASI eksklusif untuk bayi, sebisa mungkin jangan berikan susu formula terlebih dahulu. Hal ini karena tak semua bayi cocok dengan susu formula yang bahkan dapat mengakibatkan bayi diare dan masalah lainnya.

  • Memberikan Waktu Tidur yang Cukup

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan agar bayi cepat gemuk adalah memerhatikan waktu tidur yang cukup untuk buah hati. Hal ini karena bagaimanapun juga, waktu tidur yang cukup juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat bayi cepat gemuk. Anda mungkin juga mengetahui bahwa aktivitas utama bayi yang berusia di bawah 1 tahun makan atau minum ASI dan beristirahat.

Untuk itu, Anda dapat memberikan waktu tidur yang benar-benar ideal untuk bayi. Sebagai informasi, umumnya waktu tidur ideal bagi bayi adalah selama 16 jam setiap hari. Jadi Anda dapat mengatur kapan waktu pemberian ASI dan melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan mereka. Selain itu, ketika bayi sedang beristirahat, pastikan tempat tidurnya nyaman sehingga mereka dapat tidur dengan nyenyak.

  • Pertimbangkan dalam Memberikan Susu Formula untuk Buah Hati

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa apabila Anda masih dapat memberikan ASI eksklusif untuk buah hati, sebaiknya jangan gunakan susu formula terlebih dahulu sebagai pengganti ASI. Namun apabila benar-benar terpaksa memberikan susu formula, maka pilihlah susu formula yang cocok untuk buah hati Anda. Tentu saja tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar dapat mengetahui kandungan susu formula seperti apa yang dapat diberikan untuk buah hati. (baca juga: ketahui apa saja makanan penambah berat badan bayi)

  • Melakukan Perawatan pada Kulit Bayi

Cara lain yang dapat dilakukan agar bayi cepat gemuk adalah dengan memberikan perawatan yang tepat pada kulit bayi. Mengapa? Hal ini karena penambahan berat badan serta kesehatan kulit bayi menjadi dua hal yang saling berkaitan satu sama lain.

Kulit bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun memang terbilang sangat lembab dan sensitif terhadap segala hal yang dapat membuat kulit iritasi atau masalah lainnya. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini agar kesehatan buah hati Anda tetap terjaga.

Pertama, pilihlah pakaian yang dapat membuat kulit buah hati merasa nyaman. Anda dapat memilih jenis kain baju yang dapat menyerap keringat buah hati secara maksimal. Dengan begitu, maka buah hati Anda pun dapat terhindar dari masalah biang keringat yang akan membuat gatal bahkan iritasi apabila tak diberikan penanganan tepat.

Kedua, mandikan bayi dengan menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan agar kulit bayi yang masih lembab dapat terhindar dari segala jenis penyakit kulit. Pada umumnya, ketika bayi dimandikan dengan air hangat, maka mereka akan merasakan kenyamanan dan kemudian dapat tidur dengan nyenyak. Ini tentu menjadi langkah tepat agar bayi cepat gemuk yang dapat Anda lakukan.

Ketiga, jangan suka berganti-ganti produk yang menempel langsung pada kulit bayi, salah satu contohnya adalah popok. Apabila bayi telah cocok dengan produk popok tertentu, jangan berganti-ganti agar kulit bayi pun dapat lebih menyesuaikan dengan popok tersebut.

  • Menenangkan Bayi secara Tepat

Cara lain yang fungsinya agar bayi cepat gemuk adalah ketika mereka menangis, maka gunakan cara yang tepat untuk menenangkannya. Di sini, rasa kasih sayang, kelembutan, serta kesabaran orang tua memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini karena ketika bayi rewel dan tak dapat ditenangkan akan memicu rasa stress dan tidak nyaman pada bayi. Jika dibiarkan, maka tentu dapat menjadi salah satu faktor utama penurunan berat badan bayi.

Setidaknya itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar bayi cepat gemuk. Untuk Anda yang telah memiliki anak berusia di atas 1 tahun dan dapat mengonsumsi makanan pendamping ASI, maka pastikan buah dan sayur terdapat di dalamnya. Hal ini karena buah serta sayuran memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang sangat baik untuk buah hati. (baca juga: berbagai cara menambah berat badan bayi menjadi lebih ideal)

Apabila Anda telah melakukan langkah-langkah di atas namun bayi tak kunjung gemuk atau bahkan memiliki berat badan ideal, maka sebaiknya Anda membawa mereka ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan. Hal ini karena terkadang bayi mengalami masalah pencernaan sehingga tubuh kurang optimal dalam menyerap asupan nutrisi yang berasal dari makanan mereka. Demikian sedikit ulasan tentang langkah-langkah agar bayi cepat gemuk. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *