invisible bg invisible ico

Hamil muda? Berikut Beberapa Hal yang Harus Anda Hindari

Hamil muda? Berikut Beberapa Hal yang Harus Anda HindariHamil muda merupakan istilah yang digunakan bagi seorang Ibu yang sedang dalam tahapan satu hingga tiga bulan awal kehamilan, beberapa pantangan sangat disarankan untuk dilaksanakan pada masa hamil muda. Karakteristik Ibu dengan hamil muda adalah badan yang letih dan rentan akibat adaptasi dengan kehadiran mahluk kecil dalam perutnya. Kondisi janin sendiri masih dalam tahap rapuh, hampir 80% keguguran terjadi pada masa ini.

Berikut akan disajikan informasi mengenai beberapa pantangan Ibu hamil muda terhadap makanan, minuman serta aktivitas yang lebih baik untuk dihindari. Hal ini amat penting untuk diketahui untuk menjaga kehamilan dan kondisi Ibu agar tetap sehat dan prima, serta agar tidak menganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Pantangan Makanan pada Masa Hamil Muda

Beberapa zat berbahaya dalam makanan menjadi hal yang wajib anda ketahui dan hindari selama masa hamil muda beserta penyebab dan akibat mengapa jenis minuman tersebut berbahaya bagi tubuh dan janin anda, antara lain:

  1. Sumber Protein Mentah

Hindari memasak dan memakan sumber protein seperti daging, telur maupun ikan mentah maupun setengah matang. Kandungan bakteri dalam daging, telur dan ikan mentah seperti e-colli, salmonella dan toksoplasma dapat menginfeksi dan mengganggu pertumbuhan janin pada awal masa tumbuh nya.

Beberapa contoh jenis makanan yang menggunakan bahan protein mentah antara lain steak, sushi dan sate.

  1. Daging / Ikan Asap

Pengasapan yang tidak maksimal dapat beresiko pada tidak matangnya daging maupun ikan, serta akan bertambahnya zat karsinogen pada makanan akibat proses pembakaran. Makanan akan sangat mudah terkontaminasi dengan bakteri. Selain itu pada proses pengasapan juga biasanya akan ditambahkan banyak sekali garam, yang dapat beresiko meningkatkan tekanan darah pada ibu.

  1. Seafood

Bukan kandungan Omega-3 ataupun DHA yang dihindari dari konsumsi seafood pada masa ini. Namun kandungan zat mercury lah wajib anda waspadai. Zat ini merupakan zat racun yang berasal dari kontaminasi limbah pabrik. Sangat berbahaya bagi pertumbuhan syaraf dan otot janin.

  1. Sayuran Mentah dan Buah yang Tidak Dicuci Hingga Bersih

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil berikutnya adalah sayuran mentah. Pantangan terhadap berbagai jenis sayuran mentah ini dilakukan, karena bahan mentah yang tidak dimasak sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri yang berbahaya apabila menginfeksi janin di dalam kandungan anda. Akan lebih baik jika anda dapat mengganti konsumsi sayuran mentah dengan sayuran rebus guna memastikan tidak adanya kontaminasi kuman dan bakteri.

Sisa pestisida pada buah yang tidak di cuci dengan bersih dapat pula meracuni janin. Sehingga pastikan anda telah mencuci bersih buah-buahan yang anda beli sebelum mengkonsumsinya.

  1. Buah Nanas

Buah nanas kaya akan kandungan nutrien seperti vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Tidak hanya itu, kandungan kalsium, magnesium, juga zat besi di dalam buah ini sangat baik bagi kesehatan. Akan tetapi kandungan zat gizi pada buah nanas disertai dengan suatu ekstrak protein yang disebut Bromelain.

Bromelain dapat menyebabkan kontraksi rahim sebelum waktunya dan juga menyebabkan kelemahan pada leher rahim sehingga dapat menjadi penyebab keguguran pada wanita hamil.

  1. Fast food dan Makanan Tinggi Pengawet atau Perasa Buatan

Kebutuhan kalori normal untuk ibu hamil muda setara dengan kebutuhan dewasa normal yakni sebesar 2200 kalori per hari. Konsumsi fast food yang berlebihan selain akan meningkatkan jumlah lemak jahat, anda akan mengalami kenaikan berat badan berlebih yang justru akan banyak menimbulkan resiko bagi janin.

Pantangan pada Jenis Minuman

Berikut akan tersaji informasi mengenai beberapa jenis minuman yang sebaiknya anda hindari pada masa kehamilan muda.

  1. Susu yang Tidak di Pasteurisasi

Pasteurisasi merupakan sebuah teknik pengawetan makanan melalui proses pemanasan yang bertujuan mematikan seluruh mikroorganisme dan sumber penyakit. Jenis susu ini dapat mudah anda dapatkan di toko maupun swalayan terdekat. Perhatikan label dan tanggal kadaluarsa pada kemasan, untuk lebih menjamin susu yang anda minum aman untuk dikonsumsi.

  1. Tinggi Kafein

Konsumsi maksimal kafein bagi seseorang yang hamil muda adalah sebesar 200 mg kafein per hari. Setara dengan 2 cangkir kopi instan. Selain kopi, minuman teh dan coklat merupakan sumber kafein tinggi yang sebaiknya anda hindari. Terlalu banyak konsumsi kafein menjadi salah satu menyebabkan keguguran pada trimester pertama kehamilan.

  1. Alkohol

Tidak ada efek positif yang akan anda dapatkan dari konsumsi alkohol. Alkohol dapat merusak fungsi pencernaan ibu sehingga nutrisi tidak akan dapat tersampaikan dengan baik kepada janin. Selain itu sifat dan zat alkohol yang dapat menembus sistem pertahanan janin dapat meracuni air ketuban. Berefek sangat berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Hindari konsumsi maupun paparan alkohol meskipun dalam jumlah sedikit.

  1. Minuman Soda

Didalam minuman bersoda terdapat pemanis buatan, kandungan gula yang sangat tinggi, natrium dan kafein serta fosfat yang dapat menghambat pertumbuhan serta amat berbahaya bagi janin. Kurangi dan hentikan konsumsi minuman bersoda selama anda dalam masa kehamilan.

  1. Jamu-jamuan

Konsultasikan dengan dokter mengenai jamu-jamuan yang dapat anda konsumsi selama kehamilan. Konsumsi jamu berlebih dapat beresiko pada kondisi janin anda. Berbagai kelainan pada janin dapat terjadi akibat konsumsi jamu yang tidak sesuai anjuran dokter.

  1. Obat-obatan bebas

Sangat tidak dianjurkan untuk anda mengkonsumsi obat-obatan yang terjual bebas dipasaran tanpa konsultasi dengan dokter kandungan anda.

Beberapa Pantangan Aktivitas dan Kebiasaan

Selain makanan dan minuman, beberapa aktivitas ini sebaiknya dihindari dan tidak dilaksanakan. Antara lain:

  1. Stop merokok dan hindari asap rokok

Merokok sama hal nya dengan anda menghirup racun masuk ke dalam tubuh anda. Begitu pula apabila suami atau orang yang tinggal serumah anda ada yang merokok. Hindari kontak sebisa mungkin dengan asap rokok untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal janin dalam kehamilan anda.

  1. Diet berlebih untuk menguruskan badan

Kehamilan identik dengan kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan normal untuk ibu dengan kondisi normal (IMT 18.5 – 24.9) adalah sebesar 11.5 – 16 kg. Ibu dengan kondisi overweight (IMT 25 – 29.9 kg/m2) adalah sebesar 7 – 11.6 kg. Cadangan lemak pada ibu amat dibutuhkan sebagai cadangan energi bagi ibu selama mengandung, dan janin untuk bertumbuh kembang dengan optimal. Sangat tidak disarankan untuk melakukan diet ketat pada ibu hamil muda.

  1. Pijat, olahraga berat dan berbagai aktivitas yang membuat resiko jatuh menjadi tinggi

Olahraga ringan sangat dianjurkan pada ibu seperti aerobik ringan, berjalan kaki, senam kegel dan berenang. Hindari olahraga yang terlalu berat dan membuat resiko anda terjatuh semakin tinggi seperti naik turun tangga atau begadang dan kelelahan. Gunakan terapis pijat professional dan hindari pemijatan area perut, pinggang dan panggul.

  1. Penggunaan kosmetik dengan bahan berbahaya

Anda harus cermat dalam penggunaan kosmetik. Beberapa bahan dalam kosmetik yang berbahaya antara lain Merkuri, Retinoid, Salicylic Acid (BHA), Hydroquinone, Benzoil Peroxyde, PABA, Rhodamin dan Benzophenone-3 tetracycline, paraben, bahan aktif tabir surya, serta bahan lainya. Pilihlah kosmetik dengan bahan organik yang terjamin aman untuk anda digunakan.

Demikian informasi mengenai beberapa pantangan pada ibu hamil muda terutama pada aspek makanan, minuman dan aktivitas. Kehamilan merupakan anugerah, dan anak adalah amanah dari Tuhan yang wajib anda jaga. Semoga anda dapat mengambil manfaat dari informasi yang telah tersaji .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *