invisible bg invisible ico

Hal-Hal yang Wajib Diketahui Ibu Hamil saat Usia Janin 37 Minggu

Hal-hal yang Wajib Diketahui Ibu Hamil saat Usia Janin 37 MingguJanin pada usia 37 minggu merupakan usia yang sudah dianggap matang. Dalam hal ini janin sudah siap dilahirkan karena sudah memasuki masa kehamilan trimester terakhir atau ketiga. Lebih tepatnya pada usia 9 bulan. Oleh karena itu, pada saat usia kehamilan atau janin 37 minggu maka sudah seharusnya seorang wanita siap akan datangnya hari kelahiran.

Karena itu agar ibu hamil lebih siap dalam menyambut kelahiran janin dalam perut mereka, maka pada usia ini juga ada beberapa hal yang semestinya diperhatikan. Hal ini dikarenakan pada saat usia inilah proses perkembangan yang terjadi pada bayi dalam perut juga memiliki dampak yang besar terhadap ibu. Selain itu, saat usia kehamilan 37 minggu ini ibu hamil juga sangat butuh dukungan dari suami dan keluarga.

Perkembangan Yang terjadi Saat Usia Janin 37 Minggu

Agar lebih memahami bagaimana kondisi ibu hamil saat usia kandungannya memasuki trimester tiga atau pada usia 37 minggu ini, maka ibu hamil harus memperhatikan perkembangan janin. Perkembangan janin ini tentunya diikuti dengan tanda-tanda yang bisa diamati dan pastinya diperhatikan oleh ibu hamil secara langsung maupun diamati dan dilihat oleh keluarga.

Perkembangan yang terjadi ini pastinya dipengaruhi oleh fakta bahwa pada usia kandungan 37 minggu inilah janin dalam kandungan masuk ke fase penyempurnaan. Fase ini contohnya dengan tumbuhnya rambut pada bayi, munculnya bulu-bulu halus di kulit bayi, juga munculnya selaput warna putih pada kulit bayi, dan juga mulai munculnya mekonium atau cairan berwarna hitam dalam kandungan ibu hamil. Agar Lebih jelas mengenai perkembangan janin ini, simak ulasan berikut ini:

  1. Bertambahnya Berat dan Panjang Janin

Tentunya saat usia janin 37 minggu maka berat serta panjang bayi pun terus bertambah hingga mendekati ukuran normal saat persalinan. Biasanya rata-rata panjang bayi adalah sekitar 48,3 cm hingga 50 cm jika diukur dari kaki hingga kepalanya. Untuk beratnya kurang lebih sekitar 2,7 kilogram hingga 3 kilogram.

Bahkan ada pula yang menyebut pada usia 37 minggu ini, janin panjangnya setangkai selada swiss. Perlu diketahui juga bahwa setiap harinya berat bayi biasanya bertambah sekitar 10 gram. Hal ini dimaksudkan sebagai fisiologis bayi yaitu menjaga suhu tubuh tetap seimbang dan gula darahnya tetap normal.

  1. Tendangan Janin Semakin Kuat

Pada usia ini, ibu hamil harus siap dengan tendangan-tendangan di perutnya yang semakin menguat. Hal ini dikarenakan pada usia 37 minggu ini, seluruh anggota gerak janin telah terbentuk sempurna dan mulai bisa berkoordinasi dengan baik. Oleh karena itu gerakan bayi pun semakin konsisten dan semakin kuat sebagai tanda keberadaan bayi di dalam perut tersebut.

  1. Mampu Mengenal Suara Ibu

Salah satu hal unik pada ibu hamil dengan usia kandungan sekitar 37 minggu adalah janin di dalam kandungan rupanya sudah bisa mengenal suara sang ibu. Pada usia ini, janin bahkan bisa mengenal dengan baik suara ibunya dan tahu bagaimana suara ibu yang mengandung mereka.

Karena itu, pada usia ini ada baiknya juga jika ibu hamil sering mengajak bayi dalam kandungannya berbicara. Ibu hamil juga baik jika merangsang bayi dengan mendengarkan musik-musik yang bagus atau bacaan bagus seperti kitab suci dan buku cerita. Bayi dalam kandungan biasanya sudah bisa memberikan respon bagus saat ibunya berbicara. Dan respon ini bahkan biasanya berbeda jika orang lain yang berbicara.

  1. Dapat Bernafas Dengan Baik

Pada usia janin 37 minggu, maka paru-paru akan berkembang sempurna. Sebagai organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia ini, saat perkembangan paru-paru sempurna, maka janin kemungkinan bisa lahir normal dan langsung bisa bernapas tanpa bantuan. Karena itu jika bayi lahir pada usia minimal 37 minggu ini biasanya bayi sudah langsung bisa bernapas sendiri. Perkembangan paru-paru ini juga sejalan dengan perkembangan tulang tengkorak serta otaknya.

  1. Jari-jari Janin Mulai Berfungsi

Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa pada bayi usia 37 minggu ini maka perkembangan alat gerak menjadi sempurna. Maka termasuk di dalamnya yaitu perkembangan jari-jari janin yang semakin sempurna. Pada usia ini, dengan jari yang sudah berfungsi janin akan suka memegang wajah dan kakinya sendiri.

Di dalam kandungan, janin biasanya akan sering menyentuh wajah dan kakinya itu sehingga ibu akan merasakan bayi dalam kandungan semakin aktif bergerak di dalam perut.

  1. Mendapat Antibodi Dari Tali Pusar

Pada usia janin 37 minggu ini maka ia mulai mendapatkan antibodi dari tali pusar yang terhubung dengan ibu hamil. Antibody yang diserap dari tali pusat ini lalu diproses sendiri dalam tubuh bayi sehingga menghasilkan bekal sistem pertahan tubuh yang kuat saat dilahirkan nanti.

Tentunya pemberian antibody sebagai penopang kekebalan tubuh pada bayi ini tak lantas berhenti saat bayi tak lagi menggunakan tali pusat atau sudah lahir. Untuk membuat antibody bayi semakin kuat, maka selanjutnya diberikan asi kepada bayi setelah ia lahir ke dunia.

  1. Posisi Janin Dalam Kandungan

Hal terakhir yang terjadi pada janin di dalam kandungan usia 37 minggu adalah perubahan posisi janin. Untuk bayi normal maka seharusnya pada usia janin 37 minggu ini janin sudah menghadap ke bawah. Bahkan kepala bayi seharusnya sudah dekat dengan pintu atas panggul atau lubang persalinan.

Biasanya pada posisi bayi yang sudah mengalami penurunan ini, ibu hamil juga akan merasakan bahwa posisi bayi semakin rendah. Hal ini normal lantaran bayi dalam kandungan memang sudah siap untuk dilahirkan ke dunia.

Keuntungan yang dirasakan ibu pada usia kehamilan 37 minggu ini biasanya karena bayi sudah turun dan tidak lagi menekan diafragma maka ia bisa bernapas dengan mudah. Namun karena posisi bayi sudah dibawah, biasanya ia juga mempengaruhi gerakan ibu terutama saat berjalan.

Hal Yang Bisa terjadi Pada Ibu Hamil Usia 37 Minggu

Selain memperhatikan hal-hal yang terjadi pada janin dalam kandungan, sangat penting pula melihat perkembangan dan terutama perubahan yang terjadi pada ibu hamil usia 37 minggu. Hal ini penting diketahui karena pastinya ibu hamil juga harus memperhatikan kesehatan dirinya agar bisa menyambut proses persalinan yang lancar dan tentunya disambut kelahiran buah hati tercinta yang sehat dan ibu hamil yang kuat.

Agar lebih jelas mengetahui apa saja yang terjadi kepada ibu hamil saat usia kandungannya memasuki usia 37 minggu, mari simak ulasan berikut ini:

  1. Rahim Penuh saat di-USG

Salah satu hal yang terjadi pada usia janin 37 minggu adalah saat ibu hamil melakukan USG, maka janin terlihat memenuhi kandungan. Dalam hal ini cairan ketuban sudah mulai berkurang, dan hampir keseluruhan gambar yang tampak dalam kandungan dipenuhi janin. Gambaran yang demikian ini adalah gambaran janin yang sehat yang artinya sudah siap dilahirkan.

  1. Ibu Makan Lebih Banyak saat Mengandung Bayi Laki-laki

Hal kedua ini barangkali terdengar seperti mitos. Namun perlu diketahui bahwa ibu hamil yang makannya banyak ini merupakan salah satu fakta unik yang mencengangkan.

Pada usia kehamilan 37 minggu ini, ibu yang hamil anak lelaki lebih banyak makan dibandingkan saat hamil anak perempuan. Belum ada penjelasan pasti memang, namun para ahli mengira hal ini terjadi lantaran bayi dengan jenis kelamin laki-laki butuh lebih banyak energi dibanding perempuan.

  1. Memberi Pijatan Ringan Pada Ibu Hamil

Karena pada usia janin 37 minggu ini artinya bayi siap dilahirkan maka tidak ada salahnya ibu hamil sesekali memberi pijatan ringan di sekitar panggul. Hal ini dimaksudkan untuk melancarkan peredaran darah sehingga bisa membantu memperlancar proses persalinan nanti.

Selain pijatan, ibu hamil juga bisa melakukan yoga. Dengan melakukan terapi satu ini maka akan melatih pernapasan ibu agar lebih seimbang dan membantunya mengatasi pernapasan saat melahirkan nanti.

Demikian informasi mengenai perkembangan pada janin dan ibu hamil. Tentunya kondisi fisiologis setiap orang berbeda dan bisanya ada sedikit perbedaan dalam setiap individu. Informasi ini penting diketahui ibu hamil agar tahu bagaimana kondisi normal mereka dan tentunya bisa menghadapi persalinan dengan tenang.

Untuk memastikan kondisi bayi dalam kandungan dan kesehatan ibu hamil terjaga, periksa rutin kepada petugas kesehatan pastinya wajib dilakukan. Apalagi saat ibu hamil menemukan tanda perdarahan, mulas yang berlebihan, pembukaan jalan lahir, atau yang lainnya. Dengan periksa rutin maka ibu hamil bisa memastikan kehamilannya dan janin 37 minggu ini sehat dan bersiap menyambut pertemuan mereka saat lahir nanti .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *