invisible hit counter invisible bg invisible ico

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Saat Hamil 7 Minggu

Previous 1 2

Tanda-Tanda Hamil Usia 7 Minggu yang Sehat

Selain mengetahui perkembangan yang dialami oleh janin dan ibu, saat hamil sudah sampai pada usia 7 minggu Anda harus memerhatikan beberapa tanda. Beberapa tanda tersebut mengindikasikan bahwa kehamilan Anda dalam kondisi sehat. Lalu apa saja tanda-tanda kehamilan yang sehat tersebut? Pertama, kondisi hamil saat usia 7 minggu dianggap sehat apabila perdarahan yang sering terjadi di awal-awal masa kehamilan mulai berhenti. Kram dan juga perdarahan ringan tersebut akan semakin mereda di minggu ke-7. Namun jika perdarahannya masih belum reda juga, sebaiknya Anda waspada dan segera memeriksakan kandungan Anda ke dokter.

Semakin hari ternyata ukuran payudara ibu hamil pun akan bertambah besar. Bahkan ukurannya bisa bertambah hingga sekitar 2 cup. Selain itu pembuluh darah yang menonjol di sekitar payudara juga bisa mengakibatkan rasa gatal dan kesemutan di sekitar payudara. Tidak terlalu signifikan, namun ini menjadi salah satu indikator yang menyatakan bahwa kehamilan Anda baik-baik saja. Selain itu seperti yang tadi sudah kami sampaikan bahwa seorang ibu hamil 7 minggu juga akan tetap mengalami morning sickness. Justru apabila Anda tidak mengalami morning sickness lagi, Anda harus menanyakannya kepada dokter.

Pada minggu-minggu awal kehamilan kondisi fisik wanita hamil biasanya menurun dan membuat wanita lebih mudah lelah saat beraktivitas. Penyebabnya adalah adanya hormon progesteron di dalam tubuh. Namun demikian semakin lama hormon tersebut akan memudar dengan sendirinya. Dan saat kehamilan sudah sampai pada minggu ke-7, kondisi fisik akan kembali normal lagi. Untuk mengimbangin kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda saat hamil, tetaplah menjaga pola makan Anda dan pastikan bahwa Anda selalu mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Selain itu kondisi ibu hamil biasanya akan membuat frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Dan pada saat ibu hamil 7 minggu, rahim akan semakin memebesar dan menekan kandung kemih. Akibatnya kapasitas kandung kemih semakin berkurang dan frekuensi ingin buang air kecil akan lebih sering dari biasanya.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Kehamilan 7 Minggu

Ketika usia kehamilan sudah menginjak usia 7 minggu, asupan kalsium juga harus selalu terpenuhi. Di mana kalsium berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang Anda dan juga membantu dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi janin. Konsumsilah susu dan berbagai produk olahan susu seperti keju atau yogurt. Jagalah makanan yang Anda konsumsi selama masa kehamilan dengan menghindari makanan-makanan berlemak dan berkalori tinggi. Ada beberapa jenis vitamin yang sangat penting dan sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu vitamin prenatal. Di mana vitamin prenatal ini terdiri dari kalsium, tembaga, asam folat, zinc, yodium, vitamin A, B, C, D, dan E. Jenis-jenis asupan vitamin dan gizi yang Anda butuhkan tersebut sebaiknya dikonsumsi saat Anda sedang makan atau di malam hari.

Dan yang perlu Anda ketahui meskipun sedang hamil 7 minggu Anda tidak dilarang untuk tetap melakukan hubungan dengan pasangan Anda. Akan tetapi dengan catatan tidak ditemukan masalah kesehatan yang serius pada kehamilan Anda. Apalagi saat mendekati trimester kedua berbagai keluhan tidak nyaman yang dirasakan ibu hamil akan mulai berkurang. Demikian artikel singkat mengenai hal-hal yang harus Anda ketahui pada saat usia kehamilan 7 minggu. Semoga bisa menginspirasi dan tentunya bermanfaat untuk Anda.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *