invisible hit counter invisible bg invisible ico

Hal Apa Saja yang Perlu Diketahui oleh Ibu Hamil Muda?

Previous 1 2 3Next
  • Mudah Lelah

Tubuh ibu hamil muda harus bekerja lebih keras pada masa kehamilan karena harus menopang tubuh janin yang bergantung pada rahim ibu. Ini alasan mengapa ibu hamil muda dapat merasa lebih lelah daripada biasanya. Pastikan ibu mendapat waktu istirahat yang cukup dan membatasi aktivitas yang membuat ibu lelah. Ibu juga sebaiknya tetap menjaga kadar zat besi yang dikonsumsi, karena kekurangan zat besi dapat menuntun ibu ke keadaan anemia yang memperparah rasa lelah ibu.

  • Mengidam

Lebih dari 60% ibu hamil muda akan mempunyai perasaan mengidam suatu jenis makanan tertentu. dari 60% tersebut, setengahnya akan mengalami perubahan nafsu makan. Maksudnya, makanan yang biasanya menjadi makanan favorit ibu sebelum melahirkan kini menjadi makanan yang ingin dijauhi ibu. Mengikuti impuls untuk memenuhi rasa ingin makan sesuatu bukanlah hal yang buruk, namun waspadalah bila ibu mengidam makanan yang tidak sehat.

  • Sering Berkemih

Meskipun baru menginjak trimester I, ibu hamil muda akan mulai mengalami keinginan berkemih yang lebih sering. Besar janin pada trimester awal memang belum terlalu besar, namun rahim sudah mulai membesar untuk beradaptasi lebih awal dengan janin yang nantinya akan membesar. Jangan mengurangi minum untuk mengurangi frekuensi berkemih.

  • Rasa Terbakar dan Tidak Nyaman Pada Kerongkongan

Hormon kehamilan yang muncul pada ibu hamil muda dapat membuat otot-otot yang mengontrol saluran pencernaan menjadi lebih lemas. Terutama otot yang mengatur untuk mengunci saluran pencernaan di kerongkongan yang berhubungan dengan lambung. Akibatnya, asam lambung dapat dengan mudah naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan yang terasa asam. Atau terasa tidak nyaman dan kembung. Solusinya adalah mengurangi makanan berlemak, kafein, dan jangan berbaring atau tidur minimal 3 jam setelah makan.

  • Perubahan Mood atau Mood Swings

Perubahan hormon pada masa kehamilan dan perasaan mudah lelah dapat membuat mood Anda tidak stabil. Kadang Anda bersemangat lalu merasa tidak berdaya, atau Anda lebih sensitif terhadap beberapa hal kecil atau juga takut akan masa depan. Hal ini normal terjadi pada periode ini. Ibu hamil muda dapat mencoba mengatasinya dengan curhat pada suami atau keluarga atau juga sahabat.

Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Muda

Masa kehamilan awal merupakan suatu masa yang penuh dengan kebahagiaan dan kadang kebingungan. Ibu hamil muda harus belajar mengenai beberapa hal yang penting dilakukan pada masa kehamilannya. Terutama lagi, trimester I merupakan masa yang penting dan kritis untuk perkembangan dan pertumbuhan organ vital janin. Ibu hamil juga harus mulai beradaptasi dengan kandungannya dan mengusahakan yang terbaik untuk menjaga kehamilannya. Berikut adalah beberapa hal yang harus ibu hamil muda lakukan pada masa kehamilan awal:

  1. Kunjungan ke Dokter Kandungan

Setelah Anda memastikan bahwa Anda hamil melalui test pack urin, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah rencana berkunjung ke dokter kandungan. Memeriksakan kehamilan ke bidan pun tidak masalah, namun usahakan untuk mendapat pemeriksaan dengan USG satu kali dalam trimester I. Berkunjung ke bidan atau dokter kandungan pun penting untuk memeriksa tekanan darah Anda.

  1. Asam Folat

Semua ibu hamil muda membutuhkan asupan asam folat selama masa kehamilannya. Bila perlu, Ibu dapat membeli suplemen asam folat dengan mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu ke bidan atau dokter kandungan. Ibu membutuhkan 400mcg asam folat (Vitamin B9) setiap harinya. Peran asam folat penting sekali pada trimester I karena membantu perkembangan saraf janin, dan keadaan kekurangan asam folat dapat menimbulkan komplikasi kesehatan yang berbahaya pada janin Anda.

Artikel yang membahas tentang ibu hamil muda ini berlanjut ke halaman berikutnya.

Previous 1 2 3Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *