invisible bg invisible ico

Gerakan Mengecilkan Perut dengan Hasil Memuaskan

Gerakan mengecilkan perut sangat cocok dilakukan oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Konsumsi makanan berlemak yang berlebihan akan membuat berat badan naik drastis sehingga menyebabkan perut menjadi buncit. Perut yang membuncit tentu akan sangat mengganggu penampilan, baik pria ataupun wanita. Untuk itulah, ada beberapa cara mengecilkan perut yang dapat dilakukan demi mendapatkan penampilan tubuh ideal.

Gerakan Mengecilkan Perut secara Maksimal

Secara umum, untuk mengatasi permasalahan lemak yang menumpuk di perut, menjaga pola makan serta melakukan gaya hidup sehat adalah langkah paling tepat. Hal ini karena olahraga dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh. Berikut adalah beberapa gerakan untuk mengecilkan perut yang dapat dilakukan.

  • Leg Raise

Gerakan olahraga yang satu ini memusatkan pada bagian otot perut bawah. Tak dibutuhkan alat apapun untuk melakukan leg raise. Meskipun terlihat sederhana, namun dalam waktu 10 menit saja, perut akan merasakan efek seperti terbakar. Saat itulah pembakaran lemak berlangsung.

Cara melakukannya, pertama baringkan tubuh dengan posisi terlentang di lantai. Kedua, angkat kaki ke atas hingga berbentuk 90 derajat. Ketiga, turunkan kaki perlahan ke bawah namun jangan sampai menyentuh lantai dan angkat kembali ke atas.

  • Elbow Plank

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah elbow plank. Gerakan ini dapat dilakukan di mana saja. Tak hanya melatih otot perut, namun seluruh otot tubuh dapat terbentuk dengan baik dengan gerakan ini. Elblow plank juga dapat melatih kestabilan tubuh dan otot inti yang berpusat pada paha, pinggang, dan perut.

Cara melakukannya, posisikan tubuh menghadap ke lantai. Selanjutnya letakkan bagian tangan hingga siku untuk menahan beban tubuh. Langkah berikutnya angkat tubuh seperti halnya melakukan push up namun tetap jaga posisi punggung agar tetap lurus. Ulangilah gerakan olahraga ini selama 10 hingga 20 gerakan setiap pagi dan sore hari.

  • Crunch

Crunch adalah gerakan mengecilkan perut yang dapat membantu pembentukan otot perut bagian atas. Olahraga ini sangat efektif untuk mereka yang ingin melakukan program diet. Jenis gerakan crunch sendiri adalah seperti sit up namun tubuh tak diangkat sepenuhnya. Untuk itu, apabila anda ingin melakukan gerakan ini, gunakan matras sebagai alas agar lebih nyaman.

Cara melakukannya, baringkan tubuh dengan posisi terlentang dan letakkan tangan di belakang kepala. Selanjutnya angkat bahu dan badan sembari mengencangkan otot perut. Saat tubuh terangkat, diam sejenak untuk mengeluarkan nafas. Sebaliknya, saat tubuh kembali pada posisi terlentang, ambil nafas.

  • Heel Touch

Heel touch juga menjadi salah satu gerakan efektif untuk mengecilkan perut. Dengan melakukan heel touch rutin, maka lemak di dalam perut dapat terbakar dengan cepat. Untuk melakukannya, baringkan tubuh di lantai. Letakkan kedua tangan di kepala. Selanjutnya angkat tumit dan bahu secara bersamaan.

Apabila dibandingkan dengan gerakan olahraga sebelumnya, heel touch memang terbilang lebih berat dilakukan. Namun efeknya akan sangat cepat terasa. Cukup lakukan gerakan ini sebanyak 15 – 20 kali dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin selama sebulan, maka efeknya akan benar-benar terlihat.

  • Bicycle Crunch

Seperti namanya, gerakan olahraga mengecilkan perut ini dilakukan seolah-olah sedang mengayuh sepeda. Jadi maksud bicycle crunch bukanlah mengayuh sepeda dalam arti sesungguhnya. Dengan melakukan gerakan ini, maka otot perut, kaki, dan tangan.

Cara melakukannya adalah baringkan tubuh di lantai dalam posisi terlentang. Setelah itu, letakkan kedua tangan menyentuh bagian samping telinga. Langkah selanjutnya adalah mengangkat kedua kaki ke atas sekaligus hingga tak menyentuh lantai. Berikutnya tekuk kaki kiri sekaligus gerakkan siku kanan hingga keduanya bersentuhan dan sebaliknya.

  • Donkey Kickbacks

Donkey kickbacks juga dapat dilakukan untuk membakar lemak di dalam perut. Gerakan ini terbilang cukup mudah dilakukan namun efek yang diberikan terhadap proses pembakaran lemak sangat besar.

Adapun cara melakukannya adalah pertama, posisikan tubuh seperti halnya saat akan merangkak. Setelah itu, angkat kaki kanan dan tendang ke arah belakang dengan perlahan. Kembalikan kaki ke posisi semula dan ulangi sebanyak 15 kali. Begitu juga dengan kaki kanan. Untuk olahraga ini, lakukan 10 menit dalam setiap hari agar lemak pada perut lebih mudah dihilangkan.

  • Naik Turun Tangga

Gerakan mengecilkan perut dengan naik turun tangga tentu sangat mudah dilakukan dan murah meriah. Hal ini karena baik rumah ataupun kantor sebagian besar memberikan fasilitas berupa tangga untuk menghubungkan antara satu lantai ke lantai lainnya. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, usahakan jangan menggunakan lift agar lemak dalam perut dapat dibakar secara maksimal.

  • Sikap Lilin

Apa itu sikap lilin? Seperti namanya, sikap lilin merupakan gerakan tubuh tegak yang menyerupai lilin. Lantas bagaimana gerakan ini dapat membantu proses mengecilkan perut? Caranya adalah baringkan tubuh di lantai dengan terlentang. Kedua, angkat kaki kanan dan kiri ke atas secara bersamaan. Letakkan tangan pada bagian pinggang untuk menjaga keseimbangan. Tahan selama hitungan menit.

Bagi anda yang masih belum terbiasa, mungkin akan sangat mudah merasakan sakit. Namun apabila terbiasa, maka dalam 5 menit pun anda mampu melakukan gerakan ini. Dengan gerakan sikap lilin, maka otot perut akan semakin terbentuk serta proses pembakaran lemak berjalan maksimal.

  • Naukasana

Sebagian besar dari anda mungkin masih belum familiar dengan gerakan satu ini. Padahal naukasana menjadi gerakan yang membuat otot perut bekerja optimal dan cepat sehingga proses pengecilan perut karena lemak lebih cepat dilakukan.

Caranya adalah memosisikan tubuh dengan telentang. Dilanjutkan dengan merapatkan kaki kiri dan kanan serta kedua tangan. Setelah itu, angkat kaki, tangan, dan badan secara bersamaan. Pada posisi ini, maka pinggul berfungsi sebagai penyangga. Bagi anda yang masih belum terbiasa, pasti sangat sulit melakukan naukasana karena gerakan mengecilkan perut ini membutuhkan keseimbangan.

  • Sit Up dan Back Up

Gerakan mengecilkan perut yang terakhir untuk membakar lemak di perut adalah sit up dan back up. Gerakan ini terbukti sangat ampuh membentuk otot perut dan tangan. Oleh karena itu tak sedikit pria atau wanita yang melakukan gerakan ini saat menjalankan program diet.

Untuk cara sit up, cukup dengan berbaring di lantai. Selanjutnya letakkan kedua tangan pada kepala dan angkat tubuh ke atas. Lakukan olahraga ini dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sedangkan untuk cara back up, anda perlu berbaring dengan posisi telungkup atau menghadapkan wajah ke lantai. Letakkan kedua tangan di kepala. Setelah itu, tarik dan angkat tubuh ke arah belakang. Gerakan back up memang lebih susah apabila dibandingkan dengan sit up.

Demikian beberapa gerakan diet mengecilkan perut yang harus dicoba. Selain gerakan di atas, jangan pernah lupa untuk meninggalkan kebiasaan buruk seperti konsumsi makanan berlemak, tidak sering begadang, dan melakukan olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *