invisible hit counter invisible bg invisible ico

Gejala Hamil Minggu Pertama yang Mudah Diketahui

Gejala Hamil Minggu Pertama yang Mudah DiketahuiGejala hamil minggu pertama biasanya agak sulit diketahui karena gejala yang tidak pasti. Untuk mempermudah pengecekan apakah hamil atau tidak, tidak dapat berdasarkan pada satu atau dua gejala saja. Pada orang hamil tanda-tanda utamanya adalah sering mual dan keterlambatan datang bulan yang biasanya juga dipakai sebagai acuan menghitung usia kehamilan dalam minggu. Tapi ternyata belum tentu berlaku kebalikannya. Terlambat datang bulan dan mengalami mual-mual kadang merupakan hal yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan tanpa adanya kehamilan.

Nah, hal seperti itulah yang membuat para pasangan suami istri cukup kesulitan mendeteksi kehamilan di minggu-minggu pertama setelah berhubungan. Berdasarkan pengalaman di masyarakat, bahkan banyak pasangan suami istri yang baru mengetahui bahwa sang istri hamil di usia kandungan 3 minggu atau bahkan 1 bulan. Hal seperti ini dapat berakibat buruk karena ketidaktahuan tersebut dapat mengakibatkan ketidaksengajaan mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan keguguran.

Tak mengherankan memang, karena bagi yang awam cukup sulit untuk mengenali tanda-tanda kehamilan dan bahkan mengabaikan tanda-tanda kehamilan utama tersebut (terlambat datang bulan dan mual-mual). Untuk mempermudah mengenali dan lebih memastikan apakah hamil atau tidak, harus melihat beberapa gejala yang lain yang sebenarnya tidak sulit. Gejala tersebut dapat dilihat dari fisik dan non-fisik atau psikis. Berikut penjelasan lebih selengkapnya.

Melihat Gejala Hamil Minggu Pertama Secara Fisik

Ciri-ciri kehamilan secara fisik dapat dilihat secara kasat mata. Beberapa gejala yang dapat dilihat diantaranya pendarahan implantasi, perut mual dan perubahan bentuk payudara. Satu dua gejala akan tidak terlihat secara jelas atau samar, oleh karena itu harus mengecek beberapa gejala yang lainnya. Berikut daftar beserta ulasan singkat gejala hamil minggu pertama :

1. Terjadi Pendarahan atau Muncul Bercak Darah

Dilihat secara fisik, ada beberapa ciri gejala hamil minggu pertama. Salah satunya adalah terjadinya pendarahan atau munculnya bercak darah yang dalam dunia medis disebut dengan implantation bleeding. Terjadinya pendarahan ringan ini diakibatkan oleh proses implantasi calon janin ke dinding rahim wanita, sehingga terkadang akan muncul bercak darah atau pendarahan seperti pada saat seorang wanita mengalami siklus haid. Akan tetapi pada implantation bleeding darah yang keluar hanya sedikit. Baca juga: Inilah Jenis Pendarahan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai.

2. Perut Terasa Sakit

Terjadinya kram perut atau perut yang terasa sangat sakit juga menjadi salah satu efek dari implantasi calon janin ke dinding rahim wanita. Hal ini akan membuat perut seorang wanita terasa sakit karena proses implantasi tersebut. Jadi biasanya wanita akan mengalami rasa sakit ini sebagai gejala hamil minggu pertama dan sampai prosesnya selesai.

3. Frekuensi buang air kecil meningkat

Segera setelah terjadinya implantasi, tubuh akan memproduksi hormon hCG yang akan menyebabkan frekuensi buang air kecil. Hal ini akan berkurang mulai minggu ke 12 (akhir trimester 1) saat keseimbangan hormon mulai terjadi dan kemudian akan meningkat kembali pada minggu ke 27 (akhir trimester ke 2) ketika ukuran janin mulai membesar.

4. Terlambat Haid

Gejala hamil minggu pertama yang satu ini adalah yang paling umum. Hal ini disebabkan karena sudah tidak ada lagi yang harus dikeluarkan tubuh karena ovarium sudah terbuahi. Hal inilah yang biasanya menjadi pertanda bahwa seorang wanita sedang hamil muda. Baca juga: Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Jenis Gangguan Menstruasi.

Kelanjutan tentang gejala hamil di halaman 2, termasuk gejala hamil non fisik dan tentang cara paling akurat mengecek kehamilan dengan test pack dan USG.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *