invisible hit counter invisible bg invisible ico

Fase Perkembangan Janin 30 Minggu dalam Kandungan

Fase Perkembangan Janin 30 Minggu dalam KandunganFase perkembangan janin 30 minggu berarti sudah melewati fase trimester kedua dan masuk ke trimester ketiga kehamilan. Pada minggu ke 30 biasanya Anda akan mulai lelah dan tenaga yang Anda miliki pada trimester ketiga tidak akan sama lagi dengan trimester sebelumnya. Pada perkembangan janin minggu ke 30 Anda akan merasakan tubuh Anda semakin berat dan berat karena janin di dalam rahim Anda juga pasti mengalami perkembangan dari panjangnya dan juga beratnya, selain itu juga semakin merasa tidak nyaman karena janin mulai mengisi hampir seluruh ruang rahim, perut terasa sesak. Ada banyak hal yang berubah yang bisa Anda rasakan atau yang tidak Anda sadari yang terjadi pada usia kehamilan ini.

Mengetahui dan memantau perkembangan janin sangat penting agar Anda sebagai orang tua juga bisa mengetahui bagaimana keadaan anak Anda di dalam kandungan. Bahkan teknologi medis yang sudah modern saat ini memungkinkan Anda bisa melihat anak Anda secara jelas. Anda bisa melihat apa yang sedang anak Anda lakukan di dalam perut, melihat jenis kelaminnya dan bisa melihat wajah atau ekspresinya. Pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada Anda mengenai beberapa hal yang terjadi pada janin dan pada ibu hamil saat janin memasuki minggu ke 30.

Tanda-Tanda Perkembangan Janin 30 Minggu pada Ibu

Perkembangan yang terjadi pada janin saat mulai memasuki minggu 30 akan memuat organ-organ dan sistem tubuh Anda menjadi tertekan karena besar bayi pun pasti bertambah. Nah, cukup penting untuk mengetahui secara pasti mengenai perkembangan janin agar jika suatu saat terjadi hal yang belum pernah Anda rasakan, Anda tidak merasa panik dan berpikiran buruk tentang tanda-tanda tersebut. Atau mungkin Anda bisa segera menanyakannya kepada dokter atau bidan supaya Anda mendapatkan penjelasan lebih terperinci lagi. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda-tanda perkembangan janin 30 minggu yang dirasakan oleh ibu.

Pada minggu ke 30 biasanya rahim Anda akan lebih luas dan semakin meluas sampai ke dasar sangkar rusuk. Selain itu hal yang akan terjadi adalah hormon-hormon semakin melunak sehingga akan melonggarkan jaringan-jaringan penghubung di dalam tubuh Anda untuk mempersiapkan tubuh saat momen kelahiran tiba. Saat itu mungkin Anda akan merasakan sakit di bagian pinggang. Biasanya dirasakan hanya pada satu sisi, dan terkadang rasa nyeri juga akan Anda rasakan di daerah punggung karena rahim yang semakin lama semakin berkembang. Rasa nyeri terkadang juga akan Anda rasakan pada pergelangan tangan Anda.

Berat janin yang semakin hari semakin bertambah bisa juga membuat syaraf pergelangan tangan Anda menjadi tertekan. Beberapa gejala yang akan Anda rasakan seperti merasa kebas, geli atau nyeri di sekitar tangan Anda. Bahkan 25% wanita hamil terkadang mengalami sindrom lorong karpal. Terkadang Anda juga akan merasakan geli di tempat lain selain pergelangan tangan Anda. Hal ini diakibatkan karena perkembangan janin 30 minggu yang mengakibatkan berkembangnya rahim mungkin bisa menekan syaraf yang terhubung dengan lengan dan tungkai Anda.

Selain itu perkembangan janin minggu ke 30 juga terkadang mengakibatkan sesak napas, karena rahim juga bisa menekan diafragma Anda dan keluar dari tempat aslinya. Saat itu mungkin Anda bisa merasa bahwa seolah-olah Anda tidak mendapat suplai udara yang masuk ke dalam tubuh Anda dan Anda tidak bisa bernapas dengan bebas. Akan tetapi yang harus Anda ketahu adalah bahwa dorongan progesteron pada tubuh Anda, ternyata bisa membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak udara saat bernapas ketimbang saat Anda sedang tidak hamil.

Usia kehamilan 30 minggu berarti tidak lama lagi si buah hati akan lahir, setelah di atas dibahas bagaimana kondisi ibu hamil pada kehamilan 30 minggu, lalu bagaimana dengan perkembangan janinnya? Selengkapnya di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *