invisible bg invisible ico

Diet Alami dengan Air Putih yang Wajib Anda Coba

Diet Alami dengan Air Putih untuk Menurunkan Berat BadanMelakukan diet alami dengan air putih memang menjadi hal yang sangat menggiurkan bagi sebagian besar orang demi mendapatkan tubuh ideal. Pasalnya tak sedikit pelaku diet yang mengalami kesulitan dalam melakukan program diet ketat, yang mengharuskan mereka mengurangi porsi makan namun harus menambah kegiatan olahraga setiap hari. Untuk itulah, air putih menjadi bahan alami yang dapat Anda manfaatkan dalam menjalankan diet. Selain mudah didapat, tubuh pun membutuhkan banyak asupan cairan setiap harinya.

Langkah Melakukan Diet Alami dengan Air Putih

Mengenai langkah melakukan program diet alami menggunakan air putih, Anda hanya perlu konsumsi air putih setiap hari. Dengan begitu, asupan cairan serta mineral dalam tubuh akan semakin banyak. Selain itu, kadar kalori dalam tubuh juga dapat dibakar secara maksimal. Lantas bagaimana langkah melakukan diet alami dengan air putih?

  • Minum 2 Gelas Air Setelah Bangun Tidur

Dalam melakukan diet alami menggunakan air putih, Anda dapat memulainya dengan konsumsi minimal 2 gelas air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Hal ini karena setelah bangun tidur, masih banyak enzim pada air liur di dalam mulut yang berkhasiat membantu proses pencernaan.

Dengan meminum air putih sesaat setelah bangun tidur, enzim tersebut akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan membuat sisa-sisa racun dapat dikeluarkan secara maksimal menjadi urine atau feses. Bagi Anda yang mengaplikasikan hal ini, pasti akan mengalami rasa mulas sesaat setelah meminum air putih. Disarankan jangan berkumur terlebih dahulu sebelum meminum air putih agar semua enzim pada air liur dapat masuk ke dalam sistem pencernaan.

  • Minum Air Putih Sebelum Sarapan

Cara diet paling ampuh yang sudah diakui berhasil adalah selalu konsumsi air putih sesaat sebelum sarapan. Mengapa? Hal ini karena air putih berkhasiat mengurangi munculnya rasa lapar dalam perut. Jadi menu sarapan yang Anda konsumsi pun secara otomatis dapat dikurangi.

Untuk itu, setidaknya konsumsilah minimal 1 gelas air putih terlebih dahulu sebelum sarapan. Semakin sedikit makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka kalori yang harus diserap oleh tubuh pun akan semakin sedikit. Inilah salah satu khasiat dari air putih.

  • Minum Air Putih ketika Merasa Lapar

Ketika muncul rasa lapar, Anda pasti ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan yang Anda sukai. Ini adalah hal yang wajar karena sistem dalam tubuh mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan. Untuk itu, ketika rasa lapar menyerang, Anda dapat menahannya dengan konsumsi air putih.  Dalam langkah ini, konsumsilah air putih sebanyak 3 gelas hingga perut merasa kenyang.

  • Konsumsi Air Putih 4 Liter per Hari

Apabila pada umumnya tubuh membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas atau 1,5 liter saja, maka berbeda dengan Anda yang melakukan diet alami dengan air putih. Dalam menjalankan program diet air putih, Anda harus mengonsumsi sebanyak 4 liter air atau setara dengan 20 gelas perhari. Hal ini karena air putih dapat membantu melarutkan racun serta meluruhkan lemak yang menempel di tubuh. Setelah itu, semua lemak dan racun tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk air seni.

Sebagai informasi, ketika air seni Anda memiliki warna kuning pekat, maka masih banyak racun yang terdapat di dalam tubuh. Hal ini menjadikan kerja lambung lebih keras dari biasanya. Sedangkan ketika air seni mulai berwarna putih bening, maka semakin sedikit pula racun dalam tubuh yang dikeluarkan.

  • Hindari Konsumsi Minuman Kemasan

Selama menjalankan program diet alami dengan air putih, Anda juga harus menghindari berbagai minuman kemasan. Meskipun minuman kemasan masuk dalam kategori bahan yang dapat memenuhi asupan cairan dalam tubuh, namun ada banyak kandungan bahan kimia seperti zat karsinogen yang terdapat di dalamnya. Bahan kimia pada minuman kemasan tersebut akan memicu munculnya berbagai permasalahan lain dalam tubuh misalnya obesitas hingga diabetes.

  • Konsumsi Air Putih Sebelum Tidur

Bagi Anda yang belum terbiasa mungkin akan sedikit risih dengan hal ini. Pasalnya ketika seseorang mengonsumsi air putih sebelum tidur, maka ia akan sering pergi ke kamar mandi karena sistem tubuh yang masih aktif.

  • Atur Pola Makan

Selain diet dengan air putih, Anda juga harus melengkapinya dengan cara mengatur pola makan. Setidaknya jangan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu, kurangi camilan dengan menggantinya dengan konsumsi air putih. Perbanyak pula konsumsi buah dan sayur agar asupan nutrisi tubuh tetap terjaga.

  • Lengkapi dengan Olahraga

Selama menjalankan program diet alami dengan air putih, Anda juga harus tetap meluangkan waktu untuk berolahraga meskipun hanya sebentar. Cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan olahraga ringan seperti angkat beban, berlari, jalan-jalan, bersepeda, push up, sit up, dan lain sebagainya. Dengan begitu, proses pembakaran lemak dalam tubuh dapat diproses lebih cepat.

Manfaat Konsumsi Air Putih bagi Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui bagaimana langkah melakukan diet alami dengan air putih, kini saatnya Anda paham tentang manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh air putih. Untuk diet sendiri, manfaat paling terasa dari air putih adalah asupan tubuh yang tercukupi serta proses pencernaan dapat berlangsung dengan lebih maksimal. Selain manfaat tersebut, ada beberapa manfaat lain air putih bagi kesehatan tubuh Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu proses peremajaan kulit
  • Menjaga kinerja ginjal agar tetap dapat bekerja dengan baik
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mencegah sembelit
  • Mencegah penuaan dini
  • Meningkatkan sistem peredaran darah dalam tubuh
  • Membantu mengatur suhu normal tubuh

Bahaya yang Dialami ketika Kekurangan Air Putih

Meskipun terlihat sepele, namun tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup setiap harinya. Apabila jumlah cairan tubuh tak dapat terpenuhi, maka Anda dapat mengalami beberapa risiko berikut ini:

  • Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan terjadi ketika seseorang tak dapat mencukupi asupan cairan harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Dehidrasi tak dapat dianggap sepele karena jika dibiarkan terlalu lama, maka mekanisme dalam sistem tubuh juga akan rusak.

  • Tubuh Mudah Lelah

Risiko selanjutnya adalah tubuh Anda akan cepat lelah. Perlu diingat bahwa sebagian besar tubuh manusia tersusun atas air. Oleh karena itulah asupan air dalam tubuh dirasa sangat penting demi menjaga kinerja semua organ tubuh. Organ tubuh yang tidak mendapatkan asupan cairan cukup akan membuat sistem tubuh bekerja secara tidak maksimal sehingga menyebabkan tubuh menjadi mudah merasakan lelah. (baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih jangan disepelekan)

  • Terganggunya Sistem Pencernaan

Seperti yang dijelaskan dalam ulasan diet alami dengan air putih di atas bahwa air putih berguna dalam membantu sistem pencernaan. Dalam sistem pencernaan, air putih bertugas membersihkan usus yang kotor. Dapat dibayangkan apabila kondisi usus sebagai jalur makanan kotor. Tubuh pun akan lebih mudah mengalami gangguan, salah satunya adalah pada sistem pencernaan.

  • Gangguan Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang memiliki fungsi untuk menyaring semua racun dalam tubuh. Racun tersebut kemudian dikeluarkan lewat urine. Dengan konsumsi air putih yang tepat, maka sistem kerja ginjal dapat berjalan secara maksimal. Sebaliknya, apabila asupan air putih dalam tubuh tak dapat dipenuhi, maka perlahan ginjal akan mengalami kerusakan. (baca juga: mengetahui ciri-ciri sakit ginjal dan cara pencegahannya)

Demikian sedikit ulasan tentang diet alami dengan air putih yang dapat Anda lakukan. Sebagai saran, selalu jaga kesehatan tubuh dengan mencukupi semua kebutuhan tubuh mulai dari kadar nutrisi, vitamin, mineral, dan cairan tubuh. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang tidak sehat dan mengandung lemak serta karbohidrat tinggi. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *