invisible hit counter invisible bg invisible ico

Daftar Pilihan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Daftar Pilihan Makanan yang Mengandung Protein TinggiMakanan yang mengandung protein merupakan makanan yang sangat berguna bagi kesehatan seseorang. Protein merupakan senyawa asam amino penting yang berfungsi sebagai zat pembangun dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu makanan yang mengandung protein juga merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh, protein sendiri juga merupakan bahan dasar dalam sintesis atau pembentukan hormon di dalam tubuh manusia dan merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam memperbaiki sel-sel yang rusak. Bagi seorang anak mengkonsumsi makanan- makanan yang kaya akan protein merupakan cara untuk meningkatkan proses tumbuh dan kembang mereka. Melihat begitu banyak keuntungan dari mengkonsumsi makanan kaya protein ini kami akan menyajikan beberapa jenis makanan dengan kadar protein yang tinggi dan juga bagaimana kebutuhan harian kita akan makanan yang mengandung protein ini.

Pilihan makanan yang mengandung protein.

Bersama dengan karbohidrat dan lemak, protein merupakan salah satu makronutrien yang berarti bahwa tubuh kita membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Akan tetapi berbeda dengan karbohidrat dan lemak yang disimpan dalam bentuk cadangan, protein tidak disimpan di dalam tubuh sehingga dibutuhkan asupan dari luar. Untuk itu mari kita simak apa saja makanan yang mengandung protein tersebut?

  • Daging

Kita tentu telah mengetahui bahwa daging-dagingan merupakan salah satu dari begitu banyak makanan yang mengandung protein di sekitar kita. Berbagai jenis daging ini merupakan sumber protein hewani yang sangat tinggi dimana dalam 100 gram daging terkandung 20 hingga 36 gram protein. Anda bisa memilih berbagai jenis daging, seperti daging sapi, daging kambing atau domba, daging ayam hingga ikan. Dari keempat jenis daging tersebut daging sapi dan ikanlah yang memiliki kandungan protein yang paling tinggi.

  • Ikan tuna

Berikutnya kita akan membahas ikan tuna yang juga merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam 100 gram ikan laut ini terkandung 29 gram protein hewani dan tidak hanya itu ikan tuna sudah lama dikenal sebagai makanan yang mengandung omega 3 yang baik bagi kesehatan maupun tumbuh kembang seorang anak. Selain omega 3 ikan laut yang dikenal memiliki daging berwarna merah dan putih ini juga mengandung vitamin A dan D, kalsium, zat besi, magnesium juga zinc yang baik bagi kesehatan.

  • Telur

Makanan yang mengandung protein berikut ini merupakan sumber protein yang sangat mudah didapat oleh berbagai kalangan masyarakat. Dalam 100 gram telur ayam terkandung 12,6 gram protein terutama pada bagian putihnya. Sumber protein yang satu ini sangat mudah dicerna oleh tubuh dan tidak hanya protein, dalam setiap butir telur anda dapat menikmati vitamin A, vitamin B2, B6 dan juga B12, kolin serta zat besi.

  • Keju

Makanan yang mengandung protein selanjutnya adalah keju yang merupakan produk hasil olahan susu. Kandungan protein dalam keju adalah sebesar 21 gram dalam setiap 100 gramnya. Selain mengandung protein keju juga diketahui memilki kandungan berupa kalsium dan fosfor yang tinggi dan mampu melindungi email gigi.

  • Kacang kedelai

Kacang kedelai diketahui memiliki kandungan protein nabati yang tinggi yang dapat disetarakan dengan kandungan protein dari ikan dan daging-dagingan. Sejumlah sumber mengatakan konsumsi makanan yang mengandung protein  berupa kacang kedelai lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi daging yang diketahui juga mengandung banyak lemak.

Kandungan protein dalam 100 gram kacang kedelai adalah sebanyak 36,5 gram. Sangat tinggi bukan? Kandungan protein ini dapat anda dapatkan dalam berbagai produk kacang kedelai seperti pada tempe, tahu, tofu dan juga susu kedelai.

  • Kacang almond

Berikutnya sumber protein nabati yang tidak kalah tingginya adalah kacang almond. Dalam setiap 100 gram kacang almond terkandung kurang lebih 22 gram protein, selain itu kacang almond memang dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin E  dan juga berbagai jenis mikronutrien serta asam lemak tak jenuh. Kacang almond juga merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung serat dalam jumlah yang cukup dan dapat anda gunakan sebagai menu tambahan atau cemilan.

Lalu, bagaimana dengan kebutuhan harian makanan yang mengandung protein ini?

Setelah tadi kita menyimak bahwa begitu banyak  makanan yang mengandung protein yang bisa kita jadikan menu makanan setiap harinya sekarang saatnya kita membahas mengenai kebutuhan harian setiap manusia akan protein ini. Kebutuhan akan protein memang tidak sama pada setiap orang terutama pada anak-anak dan juga remaja karena mereka membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi untuk pertumbuhannya.

Pada remaja laki-laki dengan aktivitas fisik yang cukup banyak, dibutuhkan asupan protein sebanyak  7 ons atau sekitar 198 gram setiap harinya yang dibagi dalam 3 porsi makan. Berbeda dengan remaja laki-laki pada remaja perempuan, anak dengan usia di atas 6 tahun membutuhkan asupan protein dari 2 porsi makan sebanyak 170 gram dan pada anak-anak dengan usia 2 hingga 6 tahun membutuhkan asupan protein kurang lebih sebanyak  142 gram setiap harinya.

Secara ringkas setiap orang dewasa membutuhkan asupan protein sebanyak 10-35% dari total kebutuhan kalori harian mereka. Pilihlah sumber protein yang beragam dan juga rendah lemak untuk menu makanan harian anda, seperti daging yang sudah anda sisihkan lemaknya, telur dan juga kacang-kacangan.

Setelah tadi kita melihat pembahasan di atas, kita tentu menyadari bahwa makanan yang mengandung protein begitu penting bagi kelangsungan hidup kita. Begitu banyaknya jenis makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi membuat kita juga memiliki banyak pilihan untuk melengkapi menu harian kita. Perlu kita ketahui, diet tinggi protein sering kali digunakan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dengan harapan bahwa metode diet ini aman untuk dijalankan.

Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa metode diet dengan menggunakan makanan yang mengandung protein dapat digunakan jika kita mengganti asupan karbohidrat dengan meningkatkan asupan  protein dan bukan menambah asupan lemak yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat sebenarnya anda sedang membuat tubuh anda menjalankan suatu proses metabolisme yang disebut ketosis yang memegang peran penting untuk mengurangi berat badan.

Ketosis merupakan sebuah proses dimana tubuh tidak membakar karbohidrat untuk memperoleh energi namun beralih dengan membakar cadangan lemak.  Hasil dari proses pembakaran lemak ini terbentuklah benda keton yang akan beredar dalam pembuluh darah yang menyebabkan penurunan nafsu makan dan juga peningkatan pengeluaran air dari tubuh untuk mengeliminasi keton tersebut sehingga berat badan anda akan menurun secara perlahan.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai makanan yang mengandung protein dan juga kebutuhan serta kegunaan dari protein dalam metabolisme tubuh anda. Jagalah kesehatan anda dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan bergizi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *