invisible bg invisible ico

Daftar Pantangan Hamil Muda dalam Hal Makanan, Minuman dan Aktivitas

Daftar Pantangan Hamil Muda dalam Hal Makanan, Minuman dan AktivitasUsia kehamilan pada trimester pertama akan menjadi penentu pada kondisi di trimester berikutnya. Selain untuk faktor keselamatan, menjaga segala hal ketika hamil muda juga penting untuk proses tumbuh kembang bayi. Ada banyak hal yang terkadang tidak diketahui oleh ibu hamil, terlebih lagi bagi mereka yang baru mengalami kehamilan pertama, pantangan hamil muda sangat penting dipelajari untuk proses kehamilan yang lebih baik. Bahkan bukan hanya para ibu, para suami pun penting mempelajari apa saja yang menjadi pantangan ibu hamil untuk menjaga istrinya agar bisa menjalani kehamilan dengan sehat dan tidak bermasalah.

Hal-hal yang sering menjadi faktor terjadi masalah pada kehamilan, diantaranya adalah aktivitas seorang ibu hamil di usia muda. Kegiatan ekstrim dan melelahkan seringkali menjadi penyebab masalah kesehatan bayi hingga berujung pada keguguran. Selain itu faktor makanan dan minuman juga penting diperhatikan, bukan hanya untuk kesehatan bayi, tapi juga tumbuh kembang janin sejak trimester pertama. Berikut ini beberapa pantangan ibu hamil yang perlu diketahui para wanita yang sedang dalam masa hamil muda:

Pantangan Hamil Muda dalam Hal Makanan

Makan pada saat hamil bukan hanya soal selera, tapi juga perlu diperhatikan, apa yang menjadi makanan pantangan dan apa pula yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain itu jumlahnya juga perlu diperhatikan, apakah sesuai dengan kebutuhan ibu hamil atau sudah melebihi. Beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan ibu hamil di usia muda diantaranya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Makanan mentah atau setengah matang

Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi makanan mentah yang rentan mengandung bakteri. Toksoplasma, salmonella dan E. colli merupakan jenis-jenis bakteri yang sering ditemukan pada makanan mentah. Jika Anda suka mengkonsumsi lalapan atau sate dengan daging yang kurang matang, pada saat hamil muda cobalah meninggalkan kebiasaan tersebut. Atau mungkin Anda punya kebiasaan mengkonsumsi telur setengah matang, sebaiknya hal tersebut Anda hindari selama masa kehamilan.

  • Daging olahan

Pantangan hamil muda lainnya adalah daging olahan yang rentan mengandung listeria. Keracunan listeria tersebut akan menyebabkan keguguran pada janin. Biasanya listeria ini akan menyerang janin melalui plasenta. Daging olahan banyak digunakan pada makanan seperti humberger dan sejenisnya. Jenis daging ini sering juga diistilahkan dengan sebutan daging deli.

  • Ikan atau daging yang diasapkan

Ada jenis makanan yang diasapkan lebih dulu untuk menikmatinya. Sering disebut dengan salai. Beberapa ikan sungai maupun daging banyak juga yang diolah dengan cara ini untuk menambahkan cita rasanya. Sama dengan daging olahan, jenis makanan inin pun rentan mengandung listeria yang dapat memicu keguguran.

  • Seafood dengan merkuri tinggi

Meskipun ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan, namun penting diperhatikan juga jenis ikan atau seafood yang banyak mengandung logam berat merkuri. Beberapa jenis ikan yang banyak mengandung unsur berbahaya tersebut diantaranya ikan salmon, mackerel, ikan hiu, udang, kepiting dan sebagainya.

  • Makanan dengan rempah yang banyak

Mungkin Anda penyuka rempah merica dan sejenisnya. Pada saat usia kehamilan masih muda, sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan rempah yang rendah. Beberapa rempah memiliki efek panas yang dapat membahayakan pertumbuhan janin di usia muda.

Pantangan Ibu Hamil Muda dalam Hal Minuman

Bukan hanya makanan, minuman bagi ibu hamil pun perlu dijaga dan diperhatikan. Banyak para ibu hamil yang mengkonsumsi minuman tertentu secara terus menerus karena alasan mual dan sejenisnya, padahal minuman yang ia minum secara rutin tidak baik untuk kesehatan janin. Apakah minuman yang Anda konsumsi selama ini aman? Berikut ini beberapa jenis minuman yang harus dihindari:

  • Minuman beralkohol

Alkohol sangat membahayakan kondisi janin dalam kandungan. Saat ibu hamil meminum alkohol, maka alkohol tersebut akan diserap ke plasenta dan dikonsumsi janin. Beberapa efek membahayakan dari alkohol terhadap janin diantaranya terlahir prematur, kerusakan otak, rentan mengalami penyakit jantung bawaan, cacat penglihatan atau pendengaran, ganguan motorik dan saraf serta mengalami berat badan rendah hingga kematian.

  • Minuman bersoda

Bagi penggemar softdrink yang umumnya mengandung soda, sebaiknya dihentikan selama hamil. Beberapa efek buruk soda bagi janin diantaranya menyebabkan berat badan rendah, cacat, gangguan neurotransmitter, kalsium rendah hingga resiko keguguran.

  • Minuman berkafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan oleh ibu hamil. Asupan maksimal kafein dalam sehari yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil hanya sebesar 200mg. Kelebihan kafein akan beresiko pada masalah sistem metabolisme, pencernaan dan syaraf. Bahkan resiko keguguran pun bisa terjadi pada ibu hamil.

  • Susu segar yang tidak dipasteurisasi

Susu segar memang bagus, tetapi pada ibu hamil muda, konsumsi susu jenis ini tidak dianjurkan. Susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi umumnya dijual di pasar-pasar dalam keadaan segar yang baru diperah. Susu ini rentan mengandung listeria yang dapat meningkatkan resiko keguguran.

Pantangan Ibu Hamil Muda dalam Hal Aktivitas

Dalam beraktivitas, seorang ibu hamil juga sangat penting memperhatikan mana yang aman dan mana yang mengganggu kesehatan. Terutama di usia muda kehamilan, semua aktivitas ibu hamil perlu dijaga dan diperhatikan. Berikut ini beberapa aktivitas yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil muda:

  • Aktivitas ekstrim

Jenis olah raga yang menguji hormon adrenalin, semacam out bond atau olahraga yang ekstrim tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Semua gerakan dan goyangan tubuh perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi kondisi janin di dalam rahim, terlebih lagi usianya yang masih muda. Berkemah selama berhari-hari yang dapat menguras tenaga pun sering kali menjadi penyebab ibu hamil mengalami keguguran.

  • Bersepeda

Gerakan bersepeda dapat memicu kontraksi pada rahim ibu hamil yang akan berefek pada keguguran. Tinggal dulu hobi bersepeda Anda selama masa kehamilan.

  • Menyelam dan naik kuda

Dua aktivitas ini sebaiknya ditinggalkan dulu selama ibu mengalami hamil terlebih di usia muda. Pada saat menyelam, kemungkinan gelembung udara akan masuk ke dalam tubuh sangat rentan, hal ini akan membahayakan kondisi janin di dalam perut. Sementara berkuda akan menimbulkan hentakan  dan gerakan-gerakan yang beresiko, belum lagi kemungkinan terjatuh dan sejenisnya.

  • Mandi sauna

Jangan suka berendam dengan air hangat atau panas pada saat hamil terutama di usia muda. Kondisi air yang panas akan menyebabkan suasana rahim juga panas, hal ini jelas akan menyebabkan masalah pada janin yang ada di dalam rahim.

  • Radioterapi atau rotgen

Radiasi yang dipancarkan oleh sinar X dapat membahayakan kondisi janin dalam tubuh. Oleh karena itu, selama hamil seorang ibu biasanya dilarang melakukan rotgen atau radioterapi.

  • Berdiri terlalu lama

Jangan berdiri terlalu lama karena dapat menimbulkan resiko varises pada kaki dan paha. Seimbangkan aktivitas dengan duduk dan berdiri akan kondisi otot dapat stabil dan normal.

Masih banyak lagi pantangan hamil muda yang penting diketahui oleh wanita. Seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG dan pengawet. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan janin. Biasanya seringkali ngidam menjadi alasan seorang wanita mengkonsumsi makanan-makanan yang seharusnya tak dimakan. Para ayah juga penting mengetahui apa saja yang boleh dan apa yang dilarang. Tentunya juga mampu mengetahui alasannya secara ilmiah, bukan sebatas mitos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *