invisible bg invisible ico

Daftar Obat Sakit Gusi Paling Ampuh dan Juga Cara Pencegahannya

Penyebab dan Obat Sakit GusiSama halnya dengan gigi, gusi pun bisa mengalami sakit atau pembengkakan. Di dalam ilmu medis, radang pada gusi disebut  gingivitis. Kondisi ini menyebabkan bagian gusi hingga ke seluruh gigi terasa sakit. Terjadi pembengkakan dan perubahan warna pada gusi. Pada dasarnya penyebab dan obat sakit gusi pun hampir sama dengan gigi.  Ada pengobatan yang bisa dilakukan secara alami dan ada pula pengobatan menggunakan pengobatan medis. Tergantung pada gejala dan tingkat keparahan radang yang terjadi.

Secara umum, kita bisa melihat beberapa gejala yang menandakan terjadinya radang gusi. Biasanya dimulai dengan pembengkakan pada gusi, terjadi perubahan warna yang mencolok seperti merah yang kuat, gigi terasa sakit dan terjadi pendarahaan saat disikat, terjadi bau mulut yang berkali-kali meskipun sudah disikat, bagian gusi terasa sangat tidak nyaman dan sebagainya.

Jenis-Jenis Obat Sakit Gusi Alami

Untuk pengobatan, bisa dimulai dengan mencoba pengobatan alami lebih dulu. Tergantung pada tingkat keparahannya. Bila tak kunjung sembuh, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi  untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat. Berikut ini beberapa jenis obat alami sakit gusi yang bisa digunakan diantaranya adalah:

  • Es batu

Meredakan sakit pada gusi secara spontan bisa dilakukan menggunakan es batu. Caranya dengan menempelkan es batu pada bagian kulit luar pipi tempat gigi terasa sakit. Bagi anak-anak yang mengalami rasa sakit gigi atau gusi, cara ini bisa dicoba. Namun tentunya hanya untuk meredakan sesaat.

  • Pasta cengkeh dan bawang putih

Obat alami sakit gusi lainnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan herbal bawang putih, cengkeh dan garam. Tumbuk halus ketiga bahan tersebut hingga membentuk pasta. Selanjutnya tempelkan pasta tersebut pada bagian luar gusi yang sakit. Kumur-kumur sedikit menggunakan air garam.

  • Air garam

Air garam juga sering dijadikan orang sebagai obat sakit gigi dan gusi. Caranya mudah saja, larutkan garam pada air hangat, lalu selanjutnya gunakan air hangat tersebut untuk kumur-kumur. Ulangi beberapa kali jika masih terasa sakit lalu rasakan perubahan rasa sakit gusi atau gigi Anda.

  • Bunga matahari

Obat alami sakit gusi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah bunga matahari. Rebus bunga matahari menggunakan air. Lalu saring air rebusan bunga tersebut. Gunakan air rebusan tersebut untuk kumur-kumur gigi dan gusi yang sedang sakit.

  • Serai

Serai dengan kandungan analgesiknya juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gusi dan gigi. Caranya, ambil beberapa batang serai segar lalu bersihkan. Pukul sedikit bagian bawah serai hingga menimbulkan aroma wangi serai. Selanjutnya rebuslah serai tersebut menggunakan air hingga mendidih. Setelah masak, saring dan gunakan sebagai kumur-kumur gigi dan gusi yang sedang sakit.

  • Daun sirih

Sirih dikenal memiliki daya antiseptik yang ternyata juga bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit pada gusi. Caranya mudah saja, ambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus menggunakan air. Setelah mendidih, saring air rebusan tersebut. Setelah dingin bisa dijadikan sebagai air kumur-kumur untuk mengurangi rasa sakit pada gusi dan gigi.

Jenis-Jenis Obat Medis untuk Sakit Gusi

Bila menggunakan bahan-bahan alami rasa sakit di gusi atau gigi Anda tak kunjung reda, maka Anda bisa mencoba menggunakan obat-obat medis yang disarankan oleh dokter. Diantara obat-obat yang biasa digunakan untuk obat sakit gusi adalah:

  • Antibiotik

Antibiotik digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di gigi serta mengobati infeksi yang terjadi pada gigi yang menyebabkan gusi menjadi sakit. Jenis antibiotik yang digunakan untuk menyembuhkan rasa sakit pada gusi adalah amoxicillin.

  • Obat anti nyeri

Sakit gusi terkadang ditandai dengan pembengkakan pada gusi. Selain bengkak, gusi juga akan terasa sakit. Biasanya akan diberikan obat anti nyeri bernama ponstan. Kandungan utama dari obat ini adalah asam mefenamat yang dapat membantu meredakan rasa nyeri pada gusi.

  • Obat antipiretik

Gusi yang sakit atau bengkak biasanya juga dibarengi dengan rasa panas pada mulut dan tubuh. Obat yang disarankan untuk ini biasanya bermerek dagang sanmol yang mengandung paracetamol.

  • Clindamycin

Obat ini merupakan jenis antibiotik yang berfungsi membunuh kuman dan bakteri serta mengobati infeksi akibat kuman dan bakteri tersebut. Jenis obat ini termasuk obat paling ampuh yang banyak dicari orang untuk meredakan sakit gusi yang dirasakan.

  • Dexamethasone

Jenis obat ini juga termasuk obat sakit gusi yang direkomendasikan. Salah satu khasiatnya adalah meredakan pembengkakan pada gusi dan mengurangi rasa nyeri pada gigi atau gusi yang bermasalah.

  • Ibuprofen

Pada saat gusi membengkak, rasanya akan sangat sakit. Bukan hanya gusi yang akan  terasa sakit namun juga terasa di bagian-bagian gigi ikut terasa sakit. Jenis obat yang direkomendasikan untuk mengurangi peradangan gigi yang sakit adalah ibuprofen. Obat ini bisa Anda dapatkan di apotek atau atas rekomendasi dokter.

Hal-Hal yang Dapat Dilakukan sebagai Pencegahan Sakit Gusi

Sakit yang terjadi pada gusi dan gigi bisa disebabkan oleh banyak hal. Cara pencegahannya tentu saja harus disesuaikan dengan penyebabnya. Hal yang paling sering terjadi adalah soal kebersihan gigi yang diabaikan. Sehingga memang rasa sakit pada gusi tersebut sering menjadi keluhan anak-anak yang terkadang menggosok gigi tidak teratur. Berikut ini beberapa penyebab dan cara pencegahan sakit gusi:

  • Menjaga Kebersihan Gigi dan Gusi

Baik orang tua maupun  anak-anak yang mengabaikan kebersihan gigi dan gusi, dapat beresiko mengalami sakit gusi maupun gigi. Sejak kecil, biasakan anak menggosok gigi dengan teratur sehingga kebersihan dan kesehatan gigi maupun gusi dapat terjaga. Sebelum tidur, pastikan tidak ada lagi sisa makanan yang ada di dalam  mulut.

  • Jaga Kebersihan Sikat Gigi

Rasa sakit pada gusi ternyata bisa disebabkan oleh adanya infeksi jamur atau bakteri. Perhatikan kebersihan sikat gigi yang digunakan, letakkan di tempat yang bersih serta mengganti sikat gigi yang sudah tidak steril lagi. Jangan menggunakan sikat gigi secara bersama-sama dengan orang lain.

  • Menyikat Gigi dengan Cara yang Benar

Cara menyikat gigi yang salah menyebabkan sisa kotoran tidak terangkat dengan sempurna. Akibatnya menjadi makanan bakteri dalam mulut yang siap menyerang gigi. Sejak kecil, pastikan  anak-anak diajarkan cara menyikat gigi yang benar, demikian juga untuk orang dewasa.

  • Cukupi Nutrisi untuk Gigi dan Gusi Anda

Ada banyak nutrisi yang bisa membantu menguatkan gigi dan gusi. Buah apel misalnya, atau salad buah dan sayur. Selain itu bawang putih mentah merupakan salah satu bahan anti mikroba yang bagus untuk dikunyah di dalam mulut. Selain dapat membunuh mikroba dalam mulut, bawang juga membantu menurunkan kolesterol.

Menjaga kesehatan gusi dan gigi harus dimulai sejak dini. Obat sakit gusi atau gigi yang dikonsumsi juga tak akan ada gunanya jika Anda mengabaikan kesehatan dan kebersihan gigi. Jaga kebersihan mulut, makan makanan yang membantu nutrisi gigi dan gusi. Cara tersebut cukup penting untuk mencegah sakit pada gigi maupun gusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *