invisible hit counter invisible bg invisible ico

Daftar Obat Lambung Tradisional yang Sudah Terbukti Khasiatnya

Daftar Obat Lambung Tradisional yang Sudah Terbukti KhasiatnyaBanyaknya produk pengobatan yang beredar sekarang ini menyebabkan banyak orang tidak mengetahui bahwa terdapat beberapa obat lambung tradisional yang bisa kita coba di rumah. Penyakit lambung yang dikenal luas  dengan istilah maag, merupakan keluhan sistem pencernaan yang paling banyak ditemui dewasa ini.

Maag dalam dunia kedokteran dikenal dengan sebutan sindrom dispepsia, yakni sekumpulan gejala yang timbul dan mencakup satu atau lebih gejala seperti perasaan perut penuh setelah makan, cepat kenyang, nyeri dan perasaan tidak enak pada perut bagian atas atau rasa terbakar di ulu hati yang telah berlangsung selama sedikitnya 3 bulan terakhir.

Gunakan Bahan Rumah Tangga sebagai Obat Lambung Tradisional

Sindrom dispepsi atau maag ini disebabkan oleh tingginya kadar asam yang diproduksi  oleh lambung, kurang lancarnya pergerakan (motilitas) saluran cerna kita, beberapa faktor psikologis seperti stres psikis dan depresi dan juga infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori. Beberapa gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit ini sehingga angka kejadian penyakit ini semakin hari semakin tinggi.

Gaya hidup yang dimaksud berupa kebiasaan merokok, mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan, konsumsi alkohol juga konsumsi berlebihan dari beberapa jenis obat-obatan penghilang rasa nyeri. Melihat risiko ini kita perlu mengetahui obat alami asam lambung di sekitar kita, yang dapat kita gunakan tidak hanya sebagai terapi melainkan juga sebagai bentuk pencegahan.

Ramuan kunyit, ramuan kunyit ini diyakini dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan kita dan juga meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh penyakit maag. Sebagai obat asam lambung tradisional, anda bisa membuat ramuan sederhana ini dengan cara siapkan kunyit yang sudah dicuci bersih dan dicincang, kemudian rebus dengan 1,5 gelas air. Setelah kurang lebih 15 menit, saring cairan tersebut dan minuman ini dapat segera anda konsumsi. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan sedikit gula merah atau madu.

Biji jintan manis, bahan dapur yang satu ini juga dapat digunakan sebagai obat asam lambung tradisional. Jintan manis sendiri berwarna lebih gelap dengan ukuran yang lebih besar dibanding jenis jintan putih. Jintan manis ini akan membantu gangguan pencernaan yang biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang pedas dan berlemak. Selain itu jintan manis ini memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat mengurangi mual yang biasa dikeluhkan oleh pasien yang sakit maag.

Sebagai obat lambung tradisional, pengolahan biji jintan manis ini tidak begitu susah. Anda cukup keringkan biji jintan manis ini secukupnya, kemudian dihaluskan dan disaring. Setelah itu campurkan setengah sendok teh bubuk jintan manis ini dengan 1 gelas air dan minumlah campuran ini 2 kali sehari. Selain itu anda bisa juga mnejadikannya sebagai teh jintan, caranya campurkan 2 sendok teh bubuk jintan manis dengan 1 gelas air panas.

Baking soda, bahan rumah tangga yang satu ini tentu tidak asing di telinga para pembuat kue. Bahan kue ini ternyata bisa menjadi obat alami asam lambung yang ampuh loh. Seperti kita ketahui, penyakit maag bisa disebabkan oleh tingginya kadar asam di dalam lambung kita. Baking soda memiliki sifat basa serupa obat maag lainnya.

Campurkan 1 setengah sendok teh baking soda ke dalam setengah gelas air dan minumlah larutan tersebut jika anda mengalami nyeri ataupun rasa tidak enak di perut atas atau pada daerah ulu hati. Larutan campuran baking soda ini dapat menetralkan keasaman yang berlebihan di dalam lambung dan juga mengurangi rasa kembung bagi sebagian orang.

Jahe, rempah yang sangat banyak ditemui di Indonesia ini juga merupakan salah satu bahan rumah tangga yang bisa dijadikan obat lambung tradisional. Masalah lambung bisa saja disebabkan oleh proses pencernaan (pergerakan sistem pencernaan)  yang terganggu. Untuk itu tanaman herbal ini dapat membantu mengoptimalkan kerja sistem pencernaan kita.

Campurkan 2 sendok teh bubuk jahe dengan 1 sendok teh perasan lemon dan tambahkan sedikit garam kemudian campurkan seluruh bahan tadi dengan menggunakan air secukupnya. Selain itu anda bisa mencampurkan 2 sendok teh bubuk jahe dengan 1 sendok madu ke dalam 1 gelas air hangat dan meminumnya untuk mengurangi gangguan pencernaan.

Teh herbal, minuman ini sekarang mulai banyak di minati oleh kebanyakan orang di Indonesia. Teh ini memang memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan kita terutama bagi sistem pencernaan. Pilihan rasa dan jenis teh herbal ini juga begitu banyak di pasaran. Anda bisa mencelupkan teh herbal pilihan anda selama 5 menit ke dalam 1 gelas air panas dan mengkonsumsinya setiap hari.

Tips Sederhana sebagai Obat Alami Asam Lambung

Setelah kita membahas bahan-bahan rumah tangga di atas yang bisa kita gunakan sebagai obat asam lambung. Kita juga dapat melakukan beberapa tips sederhana berikut ini untuk mencegah terjadinya penyakit maag. Beberapa diantaranya meliputi kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari sering kita lakukan sehari-hari.

1. Kurangi konsumsi kafein

Kafein merupakan salah satu penyebab penyakit maag jika dikonsumsi berrlebihan. Oleh karena itu anda perlu membatasi konsumsi kopi, teh, maupun makanan mengandung kafein lainnya terutama jika anda memiliki kecenderungan terkena penyakit maag.

2. Jaga pola makan

Pola makan yang baik dan sehat akan membantu proses pencernaan kita agar berlangsung optimal. Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas dan berlemak, hubungan langsung 2 jenis makanan ini dengan penyakit maag sebenarnya tidak begitu banyak dibahas akan tetapi kedua jenis makanan ini secara umum dapat memperberat kerja sistem pencernaan kita.

3. Pola hidup sehat

Ya, pola hidup sehat yang dimaksud disini adalah hindari merokok dan juga konsumsi alkohol. Sudah begitu banyak artikel kesehatan ditulis mengenai dampak buruk kedua hal ini terhadap kesehatan. Baik merokok dan juga konsumsi alkohol dapat menyebabkan anda rentan terhadap penyakit maag dan juga penyakit sistem pencernaan lainnya.

4. Atasi stres

Tips sederhana berikutnya adalah atasi stres, stres psikis diketahui memiliki hubungan dengan peenyakit maag. Sehingga penting bagi anda yang mengalami penyakit maag untuk mengatasi stres psikis guna menghindari kambuhnya penyakit ini.

5. Perhatikan obat-obat yang anda konsumsi

Beberapa jenis obat penghilang rasa sakit memiliki efek samping yang cukup serius berupa penyakit maag bahkan bisa menyebabkan luka pada lambung anda jika terlalu sering dikonsumsi. Perhatikan efek samping dari obat apapun yang anda konsumsi terutama dalam jangka waktu yang lama.

Jika setelah mencoba obat alami asam lambung dan mencoba tips sederhana di atas, keluhan maag anda tidak kunjung membaik dan anda merasakan nyeri perut yang makin hebat disertai keluhan pencernaan lainnya segera periksakan diri anda ke dokter. Selamat mencoba tips sederhana dan obat-obatan herbal di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *