invisible hit counter invisible bg invisible ico

Daftar Makanan untuk Darah Rendah yang Perlu Anda Coba

Daftar Makanan Untuk Darah Rendah yang Perlu Anda CobaBila Anda sering pusing dan merasa ingin pingsan ketika berubah posisi dari berbaring ke berdiri, mungkin makanan untuk darah rendah perlu Anda coba untuk mengatasi gejala tersebut. Darah rendah merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah Anda kurang dari 90/60. Salah satu gejala darah rendah ialah yang disebutkan di atasm yaitu perasaan pusing, melayang, gelpa dan hampir pingsan yang dirasakan terutama bila tubuh berubah posisi dengan cepat.

Sebenarnya, menurut penelitian yang banyak dilakukan, orang dengan tekanan darah yang rendah memiliki keuntungan yang lebih daripada mereka yang mempunyai tekanan darah yang lebih tinggi. Namun, tetap saja gejala darah rendah yang sering muncul dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari. Maka, makanan untuk darah rendah merupakan salah satu alternatif untuk menaikkan tekanan darah Anda.

Beberapa Makanan untuk Darah Rendah yang Efektif Menaikkan Tekanan Darah

Mengubah tekanan darah dapat dilakukan dengan mengubah pola makan dan memilih apa saja yang perlu Anda makan, dan apa saja yang perlu Anda hindari. Di bawah ini akan dibahas mengenai beberapa macam makanan untuk darah rendah yang dapat Anda coba untuk menaikkan tekanan darah Anda.

  • Air

Minum air putih dalam jumlah yang cukup sangatlah penting peranannya dalam menaikkan tekanan darah. Pasalnya, jumlah cairan dalam tubuh berhubungan langsung dan sangat mempengaruhi kinerja jantung dan tekanan darah. Kekurangan cairan dapat menyebabkan penuruna tekanan darah bahkan pada orang yang darah tinggi sekalipun. Maka, menjaga konsumsi air sebanyak 8-10 gelas 250 ml sehari sangatlah penting untuk penderita tekanan darah rendah.

  • Garam

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan dan memperparah penyakit darah tinggi. Maka, garam dapat menjadi makanan untuk darah rendah yang diharapkan akan meningkatkan tekanan darah. Bila tidak terlalu suka makanan asin, cobalah mengkonsumsi sup atau makanan dengan kecap asin yang juga mengandung garam. Namun, lebih baik mengkonsultasikan dulu ke dokter Anda bila Anda hendak mengkonsumsi garam lebih banyak, karena pada kondisi tertentu, garam dapat memberi dampak buruk bagi jantung.

  • Serat

Makanan yang mengandung serat dapat menjadi makanan untuk darah rendah yang efektif. Pasalnya, mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat yang sangat tinggi dapat menurunkan tekanan darah. Serat merupakan salah satu komponen makanan yang mengandung karbohidrat dalam kadar rendah, sehingga tidak akan menurunkan tekanan darah secara drastis setelah makan. Selain itu, serat juga memiliki efek yang baik untuk kadar kolesterol Anda. Anda dapat menjadikan buah dan sayuran sebagai sumber serat dan makanan untuk darah rendah Anda.

  • Daging

Meski daging berlemak seperti daging sapi dan kambing dapat meningkatkan tekanan darah, namun makanan tersebut tidak disarankan untuk mengobati tekanan darah rendah. Pasalnya, selain menaikkan tekanan darah, makanan tersebut juga mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk pembuluh darah dan kadar kolesterol Anda. Pilihlah daging putih seperti daging ayam tanpa lemak maupun daging ikan. Konsumsi daging yang sehat dapat membantu Anda mencapai angka tekanan darah yang optimal.

  • Makanan Kaleng

Bagi penderita darah tinggi, makanan kaleng yang mebgandung pengawet merupakan pantangan yang tidak boleh dilanggar. Namun bagi penderita tekanan darah rendah, ternyata makanan kaleng dapat menjadi makanan untuk darah rendah. Tapi ingat untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan kaleng karena kandungan kimia lainnya yang kurang baik. Jadikan makanan kaleng santapan sesekali untuk menjaga tekanan darah Anda tetap optimal.

Artikel mengenai makanan untuk darah rendah ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *