invisible bg invisible ico

Daftar Jus Buah dan Sayuran Terbaik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Inilah Daftar Jus Buah dan Sayuran Terbaik untuk Dikonsumsi Ibu HamilSudah tentu bagi ibu hamil membutuhkan asupan terbaik bagi kesehatan, persiapan melahirkan dan perkembangan janin dalam kandungan. Jus merupakan salah satu jenis minuman yang dapat Ibu pilih untuk menunjang kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Sehingga pengetahuan mengenai jus yang baik untuk ibu hamil akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Jus merupakan minuman yang diproses dengan cara diblender, mengubah bentuk buah dan sayuran menjadi berbentuk cair, sehinga mudah untuk dikonsumsi dan dikombinasi. Memilih buah dan sayuran dengan tepat amat disarankan untuk mendapatkan manfaat dan kandungan terbaik.

Berikut akan disajikan informasi mengenai jenis buah dan sayur yang baik untuk Ibu konsumsi selama kehamilan. Siapkan catatan Anda dan selamat membaca!

Jenis Jus Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Buah adalah jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Kandungan serat, vitamin serta mineral dalam buah sangat dibutuhkan selama kehamilan. Jumlah serat yang optimal akan mencegah Ibu daripada kondisi sembelit selama kehamilan. Vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, E dan K sangat dibutuhkan dalam sistesis asam folat dalam tubuh Ibu. Berikut beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi dan diolah menjadi jus:

1. Pisang

Kalium merupakan kandungan terbanyak yang ada di dalam buah pisang. Kalium merupakan sumber kalori yang cepat untuk diubah menjadi energy oleh tubuh. Menjaga kelenturan pembuluh darah, serta memperbaiki proses keseimbangan air dalam tubuh Ibu.

Cukup mudah untuk membuat jus pisang yang menyehatkan. Kombinasikan pisang dengan susu dan sedikit air, tambahkan gula sesuai selera. Blend menjadi satu, hingga teksturnya cair. Dapat pula Anda menambahkan taburan coklat atau susu coklat sebagai penghias jus buah pisang dan tidak membuat Anda bosan dengan rasanya.

2. Alpukat

Buah alpukat adalah jenis buah kedua yang baik dikonsumsi sebagai jus buah untuk ibu hamil. Kandungan asam folat dalam buah alpukat merupakan kandungan utama yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Asam folat dalam alpukat akan menunjang pertumbuhan tulang, mencegah dari terjadinya cacat syaraf pada janin, mencegah komplikasi pada saat melahirkan serta mempercepat penyerapan zat besi dalam darah ibu.

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah alpukat, akan terhindar dari terjadinya anemia selama kehamilan. Seperti halnya membuat jus pisang, jus alpukat dapat dibuat dengan mencampurkan tambahan seperti susu dan gula sesuai dengan selera Ibu.

3. Mangga

Mangga adalah jenis buah ketiga yang baik untuk dikonsumi dan diolah menjadi jus selama kehamilan. Buah mangga kaya akan kandungan sukrosa yakni jenis gula yang baik bagi kesehatan karena mudah dicerna dan diserap oleh tubuh Ibu. Menghindarkan dari kondisi letih dan lelah akibat proses kehamilan.

Buah mangga juga kaya akan kandungan vitamin C dan A. Menjadi asupan antioksidan terbaik bagi ibu hamil dan janin. Mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel mata janin, serta berbagai manfaat lain yang tentu akan membawa kesehatan kulit dan pencernaan ibu.

Jus mangga sangat nikmat ketika dikombinasikan dengan yogurt. Seperti halnya membuat jus buah yang lain, yogurt dapat dicampur dan di blend bersamaan dengan gula dan sedikit air. Jika ingin jus buah mangga yang segar, masukkan jus buah sebelum dikonsumsi ke dalam kulkas, atau dapat pula Anda tambahkan es batu.

4. Strawberry

Seperti halnya buah alpukat, di dalam buah strawberry juga banyak terkandung asam folat. Asam folat dalam buah strawberry sangat bermanfaat bagi pembentukan sel darah merah, perkembangan sistem syaraf janin, selain itu juga menghindari kecacatan pada syaraf janin.

Kandungan zat besi dalam strawberry mendukung Ibu dan menghindarkan dari kondisi anemia selama kehamilan. Ibu yang terbebas dari anemia akan menjadi ibu yang sehat, bebas keletihan dan kelemasan. Pertumbuhan janin dalam kandungan juga akan menjadi optimal.

Strawberry lezat jika dimakan secara langsung. Untuk membuat jus strawberry Anda dapat mengkombinasikan dengan buah lain untuk mengurangi rasa asamnya. Pisang dan mangga adalah jenis buah yang dapat dikombinasikan dengan strawberry.

Jenis Jus Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil

Selain jus buah, jus sayuran juga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan. Jus sayuran mungkin terlihat tidak biasa. Padahal seperti halnya jus buah, jus sayuran memiliki rasa yang enak dan dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan lain untuk menambah rasa dan kesegarannya. Berikut resep jus sayuran yang baik untuk ibu hamil:

1. Bayam dan Jeruk Nipis

Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan asam folat dan zat besi. Seperti halnya kandungan alpukat dengan asam folatnya, bayam amat baik untuk pertumbuhan otak janin. Zat besi dari bayam juga akan mampu mencegah ibu hamil daripda terjadinya anemia.

Namun patut waspada untuk kandungan bayam jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat mengganggu kehamilan. Kandungan oksalat yang tinggi dalam bayam dapat menumpuk dalam ginjal, menjadikan batu ginjal maupun penyebab tingginya kandungan asam urat dalam darah.

Untuk mengurangi rasa langu dari bayam, Anda dapat menambahkan jeruk nipis ketika membuat jus. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat baik sebagai antioksidan bagi Ibu dengan kondisi kehamilan. Kecukupan vitamin C juga akan mencegah ibu hamil dari terjadinya penyakit yang berhubungan dengan mulut dan saluran pencernaan.

2. Mentimun dan Seledri

Mentimun dan seledri merupakan jenis kombinasi sayuran kedua yang sangat baik sebagai jus bagi ibu hamil. Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik, antara lain Vitamin C, K, B kompleks, serta berbagai kandungan mineral lain seperti kalium, magnesium dan zat besi. Begitupun halnya dengan seledri. Serat dan berbagai kandungan mineral dalam seledri semakin memperkaya kandungan kombinasi jus ini.

Jika Anda tidak suka dengan bau dan aroma seledri, Anda dapat mengganti seledri dengan kombinasi dengan buah buahan lain seperti apel, kiwi atau mangga. Buah – buahan ini akan semakin memperkaya rasa dari jus sayuran yang baik dan menyehatkan untuk ibu hamil.

3. Wortel dan Apel

Wortel dan apel merupakan kombinasi buah dan sayuran yang telah lazim digunakan. Tentu Anda sudah hafal dengan apa saja manfaat wortel bagi kesehatan. Begitupun dengan buah apel. Kombinasi keduanya menciptakan jus sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan. Tidak hanya baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin, tapi juga dapat mencerahkan kulit dan memperbaiki kesehatan mata ibu.

Kombinasi wortel dan tomat sebagai jus juga merupakan kombinasi yang sangat baik untuk kesehatan ibu saat mengandung. Menjaga tekanan darah tetap normal, memelihara kesehatan jantung serta berbagai manfaat lain yang positif bagi ibu dan janin dalam kandungan.

4. Sawi Hijau

Sawi merupakan jenis sayuran yang terkenal akan rasanya yang renyah dan segar ketika ditumis. Namun ternyata sawi hijau juga memiliki rasa yang enak apabila diolah dengan cara di jus. Kandungan Alpha Lipoic Acid adalah kandungan antioksidan dalam sawi hijau yang mampu menjaga kadar gula darah Ibu yang sedang dalam masa kehamilan.

Bersihkan sawi hijau dan pastikan sebelum menggunakan, sawi harus di cuci bersih dan lebih baik untuk menggunakan sayur berbahan organik. Blend beberapa helai sawi dengan air mineral secukupnya. Lebih segar apabila jus sawi ini disajikan dingin dengan pemberian es batu saat penyajian.

Nah, demikian informasi mengenai jus yang baik bagi ibu hamil berbahan dasar buah dan sayuran. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *