invisible bg invisible ico

Daftar Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Juga Kaya Manfaat

Aneka Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi Yang Kaya Manfaat Di Sekitar AndaPenyakit hipertensi atau yang lebih dikenal sebagai penyakit darah tinggi adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat. Darah tinggi selain penyakit juga terkadang merupakan tanda atau gejala penyakit tertentu yang lebih parah. Karena itu untuk menanggulangi hal tersebut maka penderita hipertensi bisa mengkonsumsi buah untuk menurunkan darah tinggi sebagai obat alami.

Ada dua tanda penyakit darah tinggi, yang bisa menjadi tanda kalau seseorang menderita hipertensi yaitu tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik. Tekanan darah sistolik nilai normalnya adalah kurang dari 120 mmhg, sedangkan untuk tekanan darah diastolic nilai normalnya adalah kurang dari 80 mmhg. Jadi jika seseorang memiliki tekanan darah sistolik lebih dari 130 mmhg sudah bisa dikatakan hipertensi. Juga jika orang tersebut tekanan darah diastoliknya diatas 90 mmhg.

Biasanya penderita darah tinggi yang sudah parah memang diwajibkan untuk mengkonsumsi obat penurun tekanan darah. Namun untuk orang tertentu yang tekanan darah tingginya belum terlalu tinggi sekali sampai mengganggu aktivitas dan kehidupan pasien, maka cara menangani penyakit ini masih bisa dengan menggunakan cara alami yaitu pengaturan asupan makanan misalnya dengan mengurangi asupan garam.

Cara alami lainnya yang bisa dilakukan untuk menangani penyakit hipertensi atau darah tinggi yang lain adalah dengan memperbanyak aktivitas atau berolah raga dan menghindari alkohol dan juga mengkonsumsi sayur, makanan, dan buah untuk menurunkan darah tinggi.

Berbagai Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi Yang Ada di Sekitar Anda

Cara mengatasi penyakit darah tinggi dengan bahan alami memang sangat baik, misalnya dengan buah-buahan segar yang mudah didapatkan di sekitar anda. Dengan buah-buahan yang enak dan mudah dicari ini, maka anda akan terhindar dari penyakit hipertensi. Contoh buah-buahan kaya manfaat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah antara lain sebagai berikut.

  • Anggur

Buah pertama yang bisa menurunkan darah tinggi adalah anggur. Hal ini dikarenakan anggur memiliki kandungan 166 mg kalium dalam buah sebanyak 123 gram anggur. Dengan kandungan ini maka akan memenuhi kebutuhan kalium yang direkomendasikan tubuh manusia.

Buah anggur selain sebagai penurun tekanan darah tinggi juga berfungsi sebagai penurun kolesterol dan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang terkandung di badan seseorang. Anggur memang merupakan buah kaya manfaat yang memiliki kandungan serat tinggi serta rendah kalori.

  • Jeruk

Buah berikutnya yang bisa menurunkan darah tinggi adalah jeruk. Buah yang sudah terkenal memiliki kandungan vitamin C tinggi ini tidak memiliki banyak kandungan natrium. Sehingga selain sebagai buah bernutrisi tinggi yang kalorinya rendah, buah ini juga bisa berguna sebagai penurun darah tinggi terbaik. Selain itu untuk jeruk jenis lemon juga merupakan sumber kalium, potasium, fosfor hingga folat dan vitamin A yang bagus.

  • Beri

Buah untuk menurunkan darah tinggi yang lainnya adalah buah beri. Buah beri yang bermanfaat ini termasuk strawberry dan blueberry. Beri ini bisa dimakan kurang lebih sekitar 100 gram setiap minggu agar lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah. Selain untuk menurunkan tekanan darah, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga buah beri sangat bermanfaat untuk tubuh manusia.

  • Semangka

Buah berikutnya yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah buah semangka. Buah berwarna merah atau kuning yang memiliki banyak kandungan air ini juga memiliki banyak kandungan yang sangat bagus untuk tubuh, diantaranya adalah vitamin C, vitamin A, magnesium, kalium, dan juga berguna untuk menurunkan obesitas.

Untuk mendapatkan buah multi manfaat ini sangat mudah. Semangka dapat di temukan di seluruh wilayah di Indonesia. Kandungan semangka yang khusus untuk menurunkan darah tinggi disebut L-citrulline, yang memiliki manfaat merilekskan pembuluh darah sehingga efektif membuang penyakit darah tinggi.

  • Pisang

Buah untuk menurunkan darah tinggi berikutnya adalah pisang kandungan kalium alami yang menyehatkan yang dimilikinya. Untuk mengkonsumsi pisang sendiri bisa dimakan setiap hari karena justru akan menimbulkan hasil yang bagus. Hal ini dikarenakan dalam satu buah pisang memiliki kandungan 12% kalium, 8% Magnesium, dan 1% kalsium yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah stroke.

Untuk mengkonsumsi pisang, bisa dengan memakannya secara utuh atau ditambahkan sereal dan salad hingga dipanggang. Cara memakan yang demikian tidak akan menghilangkan kandungan kalium yang bisa menyeimbangkan jumlah natrium atau garam di dalam sel tubuh.

  • Kiwi

Buah untuk menurunkan darah tinggi berikutnya adalah kiwi. Buah ini memiliki banyak nutrisi, vitamin C dan E, hingga kalium. Bahkan selain kandungan bermanfaat itu, buah berwarna hijau yang berukuran kecil ini juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga dengan kandungan itulah, buah ini aman dikonsumsi setiap hari.

Rasa buah yang manis ini sangat aman dikonsumsi dan bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Makan buah kiwi sekitar tiga biji sehari bahkan dipercaya menurunkan tekanan darah atau hipertensi secara efisien dan alami menurut penelitian. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan yang bisa memperkuat imun, menyembuhkan asma, serta memperlancar sistem pencernaan.

Dalam satu buah kiwi mengandung 7% magnesium dan 9% kalium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Buah ini banyak di supermarket dan perlu diketahui bahwa buah ini juga memiliki kandungan vitamin c yang lebih banyak dari pada jeruk.

  • Aprikot

Penurun darah tinggi berikutnya adalah buah Aprikot. Kandungan kalium sebanyak 2.202 mili gram dapat ditemukan 119 gram apricot kering atau kurang lebih sebanyak satu cangkir. Buah aprikot merupakan buah terbaik yang sangat kaya akan kalium, rendah natrium, sedikit kandungan lemak jenuh dan tidak mengandung zat berbahaya semacam kolesterol.

  • Melon

Buah untuk menurunkan darah tinggi berikutnya adalah melon. Buah ini mengandung 484 mili gram kalium atau sekitar empat belas persen dari total kebutuhan kalium tubuh dalam sehari setiap ukuran satu cangkir. Selain kandungan kalium ini, melon juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, dan thiamin serta magnesium, asam folat, dan vitamin B6. Buah ini bagus dikonsumsi oleh semua orang setiap hari. Selain itu, melon juga mudah ditemukan di mana pun.

  • Tomat

Penurun hipertensi berikutnya yaitu buah tomat. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat selain menurunkan darah tinggi, diantaranya yaitu mencegah penuaan dini dan diabetes. Buah yang mengandung banyak lycopene yang sangat berguna ini lebih baik dikonsumsi langsung agar maksimal manfaatnya. Buah ini juga akan lebih baik jika tidak dimakan dengan keju atau daging berlemak seperti pada pizza.

  • Jambu Biji

Buah untuk menurunkan darah tinggi berikutnya adalah jambu biji. Jambu biji memiliki banyak sekali manfaat karena mengandung serat tinggi dan kalium dari bahan alami. Buah ini selain bisa menurunkan darah tinggi juga bisa menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Untuk hasil maksimal bisa dikonsumsi saat siang dan malam menurut studi klinis yang pernah negara India lakukan.

  • Alpukat

Buah terakhir yang bisa menurunkan darah tinggi adalah buah alpukat. Buah ini memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium yang alami dan menyehatkan. Selain itu, buah berwarna hijau dengan biji berukuran besar ini juga memiliki kandungan lemak sehat yang aman bagi jantung dan kesehatan manusia.

Demikian ulasan tentang buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang ada di sekitar kita. Kita bahkan bisa menemukan buah-buah ini dengan sangat mudah. Memperbanyak konsumsi buah selain menurunkan tekanan darah tinggi juga menyehatkan dan aman terus dikonsumsi. Tentunya tak lupa untuk berolah raga dan makan makanan sehat lainnya. Hal yang paling penting, jika sampai seseorang menderita tekanan darah sangat tinggi, maka akan lebih baik segera menghubungi dokter atau petugas kesehatan terdekat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *