invisible bg invisible ico

Cobalah Obat Kolesterol dan Asam Urat yang Efektif Berikut Ini!

Cobalah Obat Kolesterol dan Asam Urat yang Efektif Berikut Ini!Kadar kolesterol dan asam urat tinggi pada saat medical check up mungkin membuat Anda buru-buru mencari informasi tentang obat kolesterol dan asam urat yang mujarab. Namun sebelum mencari cara untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat Anda, ada baiknya untuk berkenalan terlebih dahulu dengan kedua kondisi tersebut, agar langkah-langkah yang Anda lakukan untuk mengatasinya lebih efektif. Kadar kolesterol yang tinggi dalam dunia kedokteran dikenal dengan hypercholesterolemia, yang terjadi apabila terdapat terlalu banyak kolesterol dalam tubuh kita. Kadar normal kolesterol dalam darah adalah 140-200 mg per desiliter (mg/dL). Di atas rentang tersebut, Anda harus waspada.

Kolesterol sebenarnya adalah komponen alami dari setiap sel dalam tubuh kita, karena secara alami tubuh kita pun memproduksi kolesterol. Yang membuat kadar kolesterol melonjak biasanya dari faktor makanan yang kita konsumsi. Kolesterol itu sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu HDL (high density lipoprotein atau yang dikenal dengan “kolesterol baik”) dan LDL (low density lipoprotein atau yang dikenal dengan “kolesterol jahat”). Ketika Anda dinyatakan memiliki kolesterol tinggi, kadar LDL inilah yang mengalami peningkatan sementara kadar HDL bisa jadi tetap normal atau bahkan mengalami penurunan.

Mengenyahkan kolesterol dan asam urat tidak cukup dengan meminum obat kolesterol dan asam urat, namun juga memahami dengan baik setiap penyakit tersebut. Bagaimana dengan asam urat? Asam urat adalah hasil pemecahan purin dalam tubuh. Purin dapat ditemukan di bahan makanan tertentu, seperti daging, jeroan, seafood, dan kacang-kacangan. Normalnya, tubuh membuang asam urat melalui air seni. Tingginya asam urat dalam tubuh, yang disebut dengan hyperuricemia, terjadi apabila tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak mampu membuang asam urat yang dihasilkan.

Komplikasi yang dapat timbul dari penyakit kolesterol dan asam urat pun tidak dapat dianggap sepele. Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan stroke. Individu dengan kadar kolesterol tinggi memiliki resiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Pada penyakit asam urat, kelebihan asam urat dalam darah dapat memicu terbentuknya kristal. Kristal yang terbentuk cenderung akan mengumpul di sekitar sendi dan ginjal, yang menimbulkan peradangan dan nyeri.

Obat Kolesterol dan Asam Urat yang Alami, Efektif, dan Aman

Ketika hasil cek darah yang menunjukkan tingginya kadar kolesterol dan asam urat tersebut Anda konsultasikan ke dokter, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat Anda. Namun, besar kemungkinan dokter akan menganjurkan Anda untuk memperbaiki gaya hidup Anda terlebih dahulu (dari segi pola makan dan olahraga), baru kemudian apabila tidak berhasil dokter akan menganjurkan penggunaan obat. Berikut adalah obat kolesterol dan asam urat yang efektif dari segi perbaikan pola makan dan olahraga yang dapat Anda terapkan:

  • Menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Untuk mendapatkan pola makan bebas dari bahan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, Anda harus mengurangi konsumsi bahan makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh sebaiknya tidak lebih dari 10% untuk memenuhi kebutuhan harian kalori Anda. Batasi bahan makanan yang banyak mengandung kolesterol. Kandungan kolesterol paling tinggi terdapat di kuning telur, jeroan, daging berlemak, kulit (ayam maupun bebek), mentega, makanan bersantan, gorengan, serta kue dan biskuit. Makanan siap saji atau fast food pun sebaiknya Anda hindari.

  • Menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi

Tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa obat kolesterol dan asam urat yang mujarab adalah perubahan diet. Pada kasus dimana asam urat dalam tubuh berlebih, modifikasi diet harian dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, mencegah pembentukan kristal dan memperlambat proses kerusakan sendi. Untuk melakukannya, Anda harus menghindari makanan yang tinggi purin.

Makanan yang tinggi purin antara lain daging merah, makanan dan minuman manis terutama jika mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, jeroan, seafood, beberapa jenis ikan (tuna, cod, herring), bayam, jamur, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol. Konsultasikan dengan ahli gizi Anda untuk mengetahui berapa porsi maksimal dari bahan makanan tersebut yang boleh Anda konsumsi per hari.

  • Makanan yang dianjurkan

Obat kolesterol dan asam urat selain tentu saja membatasi konsumsi bahan makanan tinggi kolesterol dan asam urat, juga memperbanyak bahan makanan yang dianjurkan untuk membuat tubuh dalam kondisi kesehatan yang optimal. Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, sangat baik bagi Anda untuk mengkonsumsi gandum utuh, buah, dan sayuran. Buah dan sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa diet berbasis sayur-sayuran berhubungan dengan penurunan total kolesterol hingga 15%.

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung fitosterol dan stanol yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi 2-3 gram sumber fitosterol dalam sehari akan menurunkan total kolesterol hingga 11%. Namun Anda harus berhati-hati karena kacang-kacangan juga mengandung purin. Konsultasikan dengan ahli gizi Anda untuk menentukan berapa banyak porsi kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi perharinya.

Untuk menurunkan kadar asam urat, selain membatasi konsumsi bahan makanan yang mengandung purin, Anda juga dianjurkan untuk minum banyak air putih. Tubuh yang cukup terhidrasi tiap harinya memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami penumpukan asam urat. Idealnya, jumlah cairan yang disarankan untuk diminum tiap harinya adalah 8 gelas air. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui secara lebih tepat berapa jumlah yang harus Anda minum tiap harinya.

  • Menurunkan berat badan

Berat badan normal dapat diketahui dari Indeks Massa Tubuh (IMT) yang diperoleh dengan membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter kuadrat). IMT 18.5 – 24.9 menunjukkan berat badan normal, sementara IMT di atas rentang tersebut menunjukkan kelebihan berat badan.

Berat badan yang berlebih meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami kolesterol tinggi dan serangan jantung. Dengan demikian menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Untuk mengkombinasikannya dengan pola makan sehat, buatlah target untuk menurunkan berat badan Anda setidaknya 0.5 kilogram dalam seminggu. Penurunan berat badan yang terlalu drastis dan cepat tidak baik untuk kesehatan Anda.

  • Olahraga

Obat kolesterol dan asam urat yang terakhir adalah dengan berolahraga. Olahraga teratur tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, namun juga mengurangi resiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler, apalagi jika dikombinasikan dengan diet sehat. Olahraga jalan cepat 30 menit sehari selama 5 kali dalam seminggu mungkin tidak terlalu berat, namun manfaatnya sangat signifikan dalam menurunkan atau mempertahankan berat badan, menurunkan kadar kolesterol jahat dan di saat yang sama meningkatkan kadar kolesterol baik.

Olahraga juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga baik dilakukan oleh penderita hipertensi. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk memastikan sesi olahraga yang akan Anda lakukan efektif dan aman, agar Anda terhindar dari cedera. Pilih olahraga yang sesuai minat Anda, entah itu berenang, jalan kaki, lari sore, atau bersepeda.

Ketika cara-cara di atas tidak juga berhasil, dokter akan meresepkan obat kolesterol dan asam urat yang harus Anda konsumsi sesuai petunjuk yang diberikan. Akan tetapi, dengan meminum obat tidak berarti Anda dapat dengan serta merta meninggalkan diet sehat dan olahraga yang telah Anda praktikkan. Lakukan keduanya pada waktu yang bersamaan, dengan harapan tidak hanya kolesterol dan asam urat Anda yang mengalami penurunan, namun kondisi kesehatan tubuh yang optimal dapat Anda raih dan pertahankan. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *