invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cataflam Obat Sakit Gigi yang Terbukti Mujarab

Cataflam Obat Sakit Gigi yang Terbukti MujarabCataflam obat sakit gigi yang pastinya sudah pernah Anda coba ketika gigi Anda berdenyut-denyut nyeri, atau justru mungkin Anda sudah akrab dengan obat tersebut. Ketika Anda mengalami sakit gigi, tentunya Anda ingin agar sakit tersebut cepat mereda. Pastinya segala cara telah Anda lakukan, mulai dari berkumur dengan air garam, mengkompres area yang sakit dengan es, mengkonsumsi obat-obatan herbal untuk meredakan sakit gigi (seperti misalnya minyak cengkeh, jahe, dan teh hitam atau teh peppermint), dan tentunya mengkonsumsi obat medis seperti Cataflam, yang akan kita bahas lebih lanjut melalui penjelasan di bawah ini.

Benarkah Cataflam Obat Sakit Gigi yang Dapat Membantu Meredakan Nyeri yang Anda Rasakan?

Sakit gigi bisa timbul umumnya karena terjadi peradangan pada pulpa gigi (lapisan terdalam gigi yang merupakan jaringan ikat lunak yang berisi banyak sekali pembuluh darah dan serabut-serabut saraf yang sensitif). Ada banyak hal yang dapat menyebabkan pulpa gigi mengalami peradangan, di antaranya adalah gigi berlubang yang tidak segera diatasi, infeksi bakteri yang menyebabkan penumpukan nanah di dasar gigi, trauma (benturan) pada gigi, rusaknya tambalan pada gigi, hingga infeksi pada gusi.

Sakit gigi dapat diikuti dengan gejala lainnya, seperti demam, sakit kepala, dan bengkak pada gigi yang sakit. Namun, rasa nyeri yang tak tertahankan adalah gejala yang paling nyata terasa, terutama ketika penderita mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Sakit gigi juga biasanya justru terasa makin hebat pada malam hari dimana penderita seharusnya dapat beristirahat dengan tenang, sehingga perlu obat sakit gigi yang ampuh untuk meredakan nyeri tersebut.

Ada beberapa obat pereda nyeri yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan sakit gigi, seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat Anda beli dengan bebas tanpa resep dokter. Kedua jenis obat ini efektif untuk nyeri yang ringan dan sedang. Untuk nyeri yang lebih berat, biasanya dokter akan meresepkan naproxen sodium, metampiron (antalgin), asam mefenamat. Cataflam obat sakit gigi yang tidak ketinggalan pula diresepkan oleh dokter untuk menghilangkan sakit.

Cataflam obat sakit gigi yang ampuh untuk meredakan nyeri dan pembengkakan di area gigi yang sakit. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Cataflam adalah obat merek paten dari diclofenat. Diclofenat sendiri ada dua macam, yaitu natrium diclofenat dan kalium diclofenat. Kalium diclofenat bekerja lebih cepat dalam meredakan nyeri berat, sekitar 10-30 menit sejak obat dikonsumsi, sehingga obat ini kerap menjadi pilihan utama. Diclofenat atau Cataflam meredakan nyeri dengan cara menghambat cyclooxygenase (COX)-1 dan COX-2 yang merupakan jalur aktivasi sensasi nyeri.

Ada dua macam Cataflam, yakni Cataflam 50 mg dan Cataflam 25 mg yang dikemas dalam bentuk kapsul dan tablet. Aturan minum Cataflam antara 2-3 kali dalam sehari tergantung resep dari dokter, dilihat dari tingkat keparahan sakit gigi, respon pasien terhadap pengobatan, dan apakah pasien sedang menjalani pengobatan untuk kondisi medis lain dalam waktu yang bersamaan. Minum Cataflam dengan segelas air (kurang lebih 250 ml) kecuali dokter menyarankan cara minum yang berbeda. Jangan berbaring setidaknya 10 menit setelah minum obat ini.

Cataflam, yang termasuk dalam golongan obat-obatan antiinflamasi nonsteroid, tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil, terutama pada trimester pertama dan terakhir kehamilan. Jika Anda sedang hamil, Anda tidak boleh sembarangan minum obat. Konsultasikan hal ini dengan dokter gigi Anda dan perhatikan cara aman mengatasi sakit gigi pada ibu hamil.

Cataflam Obat Sakit Gigi yang Ampuh, Namun Bagaimana dengan Indikasi dan Efek Sampingnya?

Tidak bijak rasanya jika kita mengkonsumsi obat-obatan tanpa terlebih dulu mencari tahu tentang indikasi dan efek samping obat tersebut. Anda kini telah mengetahui bahwa Cataflam dapat Anda gunakan sebagai alternatif obat pereda nyeri untuk menghilangkan sakit gigi Anda, namun apakah Anda mengetahui indikasi penggunaan Cataflam yang lain berikut efek sampingnya?

  • Indikasi pemberian Cataflam

Cataflam selain digunakan untuk meredakan sakit gigi dan bengkak yang menyertainya, juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri otot, nyeri punggung, kram perut ketika seorang wanita mengalami menstruasi tiap bulannya, dan cedera yang dialami ketika seseorang berolahraga.

Cataflam juga dapat diberikan untuk mengurangi nyeri, pembengkakan, dan kekakuan sendi yang diakibatkan oleh artritis. Dengan berkurangnya tanda dan gejala artritis tersebut, Cataflam berperan penting dalam membantu penderita artritis melakukan aktivitas sehari-harinya dengan normal.

  • Efek samping Cataflam

Timbulnya rasa tidak nyaman di perut, mual, rasa terbakar di ulu hati atau dada (heartburn), diare, konstipasi, sakit kepala, dan berkunang-kunang (bahasa Jawa: nggliyeng) mungkin Anda alami ketika mengkonsumsi Cataflam, yang merupakan efek samping dari obat tersebut. Penggunaan obat ini juga mungkin akan menaikkan tekanan darah Anda. Periksa tekanan darah Anda secara teratur dan konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami kenaikan tekanan darah tinggi setelah mengkonsumsi obat ini.

Juga terdapat beberapa efek samping yang lebih serius namun sangat jarang terjadi, seperti pembengkakan di tangan atau kaki (edema), peningkatan berat badan yang mendadak, gangguan pendengaran (seperti misalnya telinga berdenging), perubahan mood, kesulitan menelan, rasa kaku di leher, air seni yang berwarna gelap, nyeri perut, rasa lelah yang tidak biasa, dan timbulnya warna kuning di mata atau kulit. Jika Anda mengalami efek samping tersebut, juga efek samping lain yang belum tertulis di artikel ini, segera laporkan ke dokter Anda.

Akan tetapi, sebagian besar orang yang mengkonsumsi Cataflam tidak mengalami efek samping tersebut. Dalam meresepkan obat, dokter pun telah berupaya agar obat yang diresepkan membawa jauh lebih banyak manfaat daripada resiko timbulnya efek samping dari obat tersebut. Meskipun demikian, jika Anda merasakan efek samping tersebut dan tidak juga hilang atau bertambah parah, segera hubungi dokter Anda.

  • Tindakan pencegahan sebelum mengkonsumsi Cataflam

Cataflam obat sakit gigi yang harus dikonsumsi berdasarkan resep dokter. Oleh sebab itulah, sebelum mengkonsumsinya, beritahukan pada dokter atau apoteker alergi obat yang mungkin Anda miliki. Cataflam mungkin mengandung bahan inaktif yang dapat menimbulkan reaksi alergi atau masalah lainnya.

Beritahukan pula pada dokter Anda atau apoteker riwayat medis Anda, khususnya asma (termasuk apakah ada riwayat sulit bernafas setelah minum aspirin atau obat-obatan antiinflamasi nonsteroid lainnya), riwayat perdarahan atau masalah pembekuan darah, penyakit jantung, penyakit liver, gangguan lambung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Setelah mengkonsumsi Cataflam, minumlah banyak air untuk meringankan kerja ginjal dan mencegah dehidrasi dan beritahukan pada dokter apabila Anda mengamati ada perubahan volume maupun warna air seni. Obat ini juga membuat koordinasi tubuh Anda menjadi sedikit terganggu, sehingga sebisa mungkin hindari mengemudi atau menjalankan mesin atau alat-alat berat setelah Anda mengkonsumsi obat ini.

Cataflam obat sakit gigi yang harus dikonsumsi dalam dosis yang tepat. Sehingga, hindari mengkonsumsi obat ini di luar dosis yang ditentukan oleh dokter Anda (hal ini juga berlaku untuk semua obat). Anda juga harus mengingat bahwa obat-obatan antinyeri bekerja secara maksimal jika mereka dikonsumsi saat nyeri baru saja timbul. Jika Anda menunggu hingga nyeri bertambah parah, obat-obatan antinyeri tersebut mungkin tidak bekerja dengan optimal. Demikian uraian yang dapat kami sampaikan, semoga lekas sembuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *