invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Sederhana Meredakan dan Mengobati Sakit Kepala

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Mudah yang Bisa Anda CobaSelain menggunakan obat-obatan, sebenarnya masih banyak cara mengobati sakit kepala yang lebih alami. Oleh karena itu supaya masyarakat lebih memahami tentang obat-obat sakit kepala yang alami, pada artikel kali ini kami akan mengusung materi tersebut untuk dibahas. Seperti yang sudah diketahui oleh semua orang bahwa sakit kepala merupakan rasa sakit atau nyeri yang dirasakan di sekitar kepala. Penyebabnya sangat bervariasi dan tidak bisa diambil kesimpulan secara sembarangan tentang penyebab terjadinya sakit kepala. Penyakit ini bisa jadi tergolong penyakit ringan, namun juga bisa tergolong dalam penyakit yang berat. Bukan hanya pada orang dewasa saja, namun anak-anak pun cukup berisiko mengalami sakit kepala. Lalu apa saja penyebab sakit kepala, bagaimana cara mengobatinya dan bagaimana supaya kita bisa mencegah sakit kepala? Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Beberapa Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Bisa Anda Coba

Secara umum ada beberapa jenis sakit kepala yang mungkin tidak semuanya diketahui oleh masyarakat awam. Beberapa macam sakit kepala yang sering dialami oleh masyarakat diantaranya seperti sakit kepala ringan, mirgain, sakit kepala berkepanjangan, vertigo, dan sebagainya. Cara penanganan sakit kepalanya pun berbeda-beda. Itu dia mengapa obat-obat sakit kepala yang ada di pasaran pun pasti dibedakan untuk jenis sakit kepala A, B, C, D, dan seterusnya. Lalu bagaimana cara mengobati sakit kepala?

  1. Minum Air Putih

Untuk mengobati sakit kepala sebelah ataupun sakit kepala ringan bisa Anda coba dengan mengonsumsi air putih. Paslanya sakit kepala ini bisa terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan demikian maka Anda harus menambah asupan cairan ke dalam tubuh. Nah, ketika Anda mulai merasakan pusing, minumlah segelas air putih dan beristirahatlah dengan cukup. Biasakan dalam sehari Anda selalu memenuhi asupan cairan di dalam tubuh, minimal konsumsi 8 gelas air sehari.

  1. Makan Kentang

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa makan kentang bisa menjadi salah satu cara mengobati sakit kepala. Bukan hanya dehidrasi saja yang bisa menyebabkan sakit kepala. Akan tetapi kekurangan zat lain di dalam tubuh seperti zat kalium juga bisa membuat Anda sakit kepala. Untuk itu Anda memerlukan asupan kalium tambahan dari makanan yang Anda konsumsi. Nah, kentang adalah salah satu sumber makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Namun untuk mengolahnya, jangan digoreng melainkan harus dibakar atau direbus.

  1. Makan Pisang

Jenis makanan lain yang dinilai cukup efektif untuk mengatasi sakit kepala adalah buah pisang. Maka dari itu saat Anda sakit kepala, cobalah untuk makan pisang. Pasalnya buah pisang ini menyimpan kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi mirgain seperti magnesium dan potasium. Oleh karena itu makan pisang cukup efektif sebagai cara mengobati sakit kepala sebelah.

  1. Es Batu

Cara mengobati sakit kepala yang lainnya adalah dengan menggunakan es batu. Hal ini dikarenakan es batu bisa membantu meringankan sakit kepala Anda dengan cara mengompreskan es pada area kepala Anda. Selain dengan dikompres, Anda juga bisa menggosok-gosokan es batu pada daerah kepala Anda yang terasa sakit. Mengapa bisa demikian? Penjelasannya cukup sederhana, pasalnya suhu dingin yang berasal dari es batu tersebut bisa memberikan efek mati rasa. Oleh karena itu rasa sakit kepala pun biasanya akan berkurang.

  1. Mengonsumsi Mint

Yang kami maksudkan di sini bukan berarti Anda harus mengonsumsi daun mint secara mentah. Akan tetapi ternyata jenis makanan atau minuman yang mengandung mint bisa membantu Anda meredakan sakit kepala. Cara yang satu ini sangat cocok Anda gunakan saat Anda merasa pusing yang diakibatkan oleh maag. Jika demikian, maka Anda bisa mencoba minum the peppermint atau mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung mint lainnya.

  1. Minum Kopi

Benarkah minum kopi bisa mengatasi sakit kepala? Ya, ternyata apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan, kopi bisa memberikan dampak positif untuk orang yang meminumnya. Jika Anda mengonsumsi kopi secara wajar justru minuman yang satu ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala yang efektif dan mudah. Bahkan Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan kimia. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang ada pada kopi ternyata cukup efektif dalam membantu meringankan rasa nyeri saat sakit kepala. Namun demikian jangan terlalu banyak, karena justru bisa memicu timbulnya sakit kepala lagi.

Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mencegahnya

Selain membahas tentang cara mengobati sakit kepala, di awal artikel tadi kami sudah menyinggung sedikit tentang beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala. Akan tetapi ternyata faktor penyebab sakit kepala sebenarnya sangat banyak. Bagi orang dewasa yang mungkin usianya sudah menginjak kepala tiga tau kepala empat, sakit kepala sering dikaitkan dengan hipertensi atau stres. Namun faktanya masih banyak hal-hal sepele lainnya yang ternyata bisa memicu munculnya sakit kepala.

Pertama, mungkin Anda pernah berada pada suatu tempat di bawah cuaca yang sangat terik dalam waktu cukup lama. Nah, kebanyakan orang pasti akan merasakan pusing atau sakit kepala meskipun ringan. Selain itu hal sepele seperti mencium aroma yang menyengat pun bisa menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Contohnya ketika mencium aroma parfum, cat atau bahkan bau tajam yang berasal dari zat-zat kimia.

Selain itu aktivitas yang berlebihan seperti olahraga atau berhubungan intim yang melampaui batas ternyata juga bisa membuat Anda merasa pusing atau sakit kepala. Maka dari itu sama halnya seperti mengonsumsi kopi, suatu hal yang dilakukan berlebihan justru tidak akan memberikan manfaat kepada Anda. Melainkan justru dampak negatif yang akan Anda rasakan. Maka dari itu Anda harus mulai melakukan pola hidup yang sehat dan benar, supaya Anda terhindar dari berbagai risiko sakit kepala baik yang ringan ataupun yang berat.

Tips Mencegah Sakit Kepala Supaya Tidak Sering Muncul

Sakit kepala yang berkepanjangan biasanya muncul tanpa bisa diprediksikan. Bahkan terkadang meskipun sudah melakukan beberapa cara mengatasi sakit kepala seperti yang tadi sudah kami jelaskan, sakit kepala bisa saja kembali muncul. Nah, yang harus Anda lakukan sebenarnya adalah mencegah sakit kepala tersebut supaya tidak muncul kembali. Diantaranya adalah Anda harus tidur atau istirahat secara cukup. Hindari kebiasaan kurang baik seperti merokok dan minum alkohol. Lakukanlah olahraga ringan minimal 3 kali dalam seminggu. Dan jangan lupa untuk meminimalkan konsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung pengawet, MSG, atau makanan kaleng.

Dengan demikian hidup Anda akan terasa lebih sehat, lebih bahagia dan terhindar dari risiko-risiko mengalami sakit kepala atau pusing. Demikian penjelasan singkat mengenai berbagai macam sakit kepala dan bagaimana cara mengobati sakit kepala. Semoga bisa Anda pahami dan semoga bermanfaat di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *