invisible bg invisible ico

Cara Mudah Membuat Salad Buah untuk Diet

Cara Mudah Membuat Salad Buah untuk DietSalad buah merupakan salah satu jenis makanan untuk diet yang terbilang mudah untuk dibuat dan dikombinasikan sendiri di rumah. Namun membuat padanan buah yang sesuai dengan kelengkapan gizi yang berbeda tentu tidak mudah. Berikut akan dibahas beberapa resep dan cara membuat salad buah untuk diet yang simpel dan dapat Anda coba di rumah. Let’s start!

Resep Mudah Membuat Salad Buah untuk Diet di Rumah

Membuat salad buah untuk diet terbilang tidak mudah. Berbagai hal harus dipertimbangkan, terutama dalam pemilihan jenis dan kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah. Dengan paduan yang pas, maka tubuh akan tetap mendapatkan kalori yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Badan akan tetap sehat dan Anda siap menjalani setiap kegiatan dengan kondisi prima.

Kunci utama dalam memilih buah untuk salad buah diet adalah buah yang matang namun tidak dalam kondisi akan busuk. Hindari pula buah-buahan yang terjual dalam bentuk sudah terpotong, karena buah buahan ini cenderung lebih cepat membusuk dibandingkan dengan buah utuh. Bila perlu, lakukan pemeriksaan pada kulit buah yang akan Anda beli. Hindari kulit buah yang memar atau berbintik.

Beberapa jenis buah yang dapat Anda pilih untuk membuat salad buah yang sehat dan segar untuk diet antara lain apel, semangka, anggur, berry/strawberry, kiwi, mangga, jeruk dan buah naga. Buah pisang juga merupakan sumber kalium yang penting untuk dimasukkan dalam list salad buah Anda.

Pastikan buah yang Anda beli adalah buah yang segar. Selain itu akan lebih baik jika buah buahan yang Anda pilih adalah buah organik yang bebas pestisida. Sangat penting pula untuk selalu memasastikan membeli buah yang baru dan tidak mendekati tanggal kadaluarsa.

Komponen utama selain buah jika akan membuat salad buah untuk diet adalah dressing salad. Anda dapat menggunakan mayonnaise, keju, yogurt atau susu dan madu untuk salad buah sehat Anda. Perasan jeruk nipis juga dapat menjadi dressing salad yang segar sekaligus menyehatkan. Berikut resep mudah membuat salad buah untuk diet di rumah:

  1. Siapkan Potongan Buah

Buah yang dapat Anda gunakan antara lain buah strawberi potong menjadi 2 bagian, buah kiwi kupas kulitnya, cuci dan potong dadu; buah papaya kupas dari kulitnya, bersihkan bijinya dan potong kecil kecil (ukuran dadu); buah melon kupas dari kulitnya, cuci dan potong sebesar ukuran dadu.

Anda dapat pula menambahkan buah pir yang sudah dicuci kupas kulitnya dan potong dadu. Sama halnya dengan buah mangga dan buah anggur. Campur semua potongan buah ke dalam satu mangkok ukuran sedang untuk siap dicampur dengan dressing salad.

Setelah potongan buah jadi, Anda dapat menyimpan sebentar di dalam kulkas. Sembari membuat saus atau dressing salad yang sehat.

  1. Siapkan Saus atau Dressing Salad Sehat

Dressing salad yang sehat tetap diperlukan untuk kebutuhan akan zat yang tidak dapat dipenuhi oleh buah buahan. Seperti contohnya susu sebagai sumber kalsium. Anda dapat memilih susu yang rendah lemak atau susu kedelai dan susu almond sebagai pengganti susu sapi.

Untuk membuat saus salad yang sehat siapkan parutan keju secukupnya, 250 ml susu cair. Sebagai penambah kalori dan rasa manis tambahkan 1 sendok gula pasir. Siapkan pula 6 sendok makan mayonnaise atau yogurt jika tidak tersedia mayonnaise.

Langkah pertama untuk membuat saus salad buah yang sehat yakni dengan melarutkan tepung maizena dengan 3 sendok makan susu cair. Setelah larut, tambahkan sisa susu cair dan gula ke dalam panci, masak di atas api kecil hingga mendidih dan kental. Aduk rata kemudian matikan api.

Kemudian tambahkan 6 sendok mayonnaise atau yogurt plain ke dalam saus. Tunggu hingga dingin. Anda dapat memindahkan ke dalam botol untuk disimpan dalam lemari es. Saus ini dapat bertahan selama satu minggu dalam lemari es.

  1. Campur Potongan Buah dengan Dressing/Saus yang Telah dibuat

Setelah kurang lebih 10 – 15 menit buah dan saus disimpan di dalam kulkas. Buah dan saus akan menjadi lebih dingin dan segar untuk dikonsumsi. Campurkan saja secara langsung saus di atas potongan buah secukupnya. Tambahkan daun mint dan parutan keju di atas potongan buah untuk mempercantik tampilannya. Salad buah untuk diet sehat siap untuk Anda nikmati sendiri maupun bersama keluarga.

Berbagai Manfaat Salad Buah bagi Tubuh

Salad buah merupakan salah satu jenis makanan diet yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pakar gizi dunia. Di dalam salad buah terkandung berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Mengkonsumsi salad buah dengan teratur dapat memperindah kulit dan rambut. Karena buah banyak mengandung zat antioxidan antara lain vitamin C, E dan A yang mencegah dari penuaan dan rusaknya sel akibat radikal bebas dan sinar matahari yang merusak kulit. Salad buah juga kaya akan serat, sehingga akan mencegah Anda dari terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

Sebenarnya, hanya mengkonsumsi salad buah saja selama diet adalah kurang dianjurkan. Karena beberapa kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh tidak ada pada salad buah.

Sebagai contoh adalah zat protein. Protein tidak ditemukan jika Anda hanya mengkonsumsi salad buah. Padahal protein amat dibutuhkan sebagai sumber asam amino bagi tubuh dalam prosesnya menjaga kesehatan jaringan, mempercepat penyembuhan luka dan perbaikan sel. Asam amino dalam protein juga amat dibutuhkan untuk proses transportasi oksigen melalui darah.

Kekurangan protein ketika Anda menjalani diet justru akan lebih merugikan bagi tubuh Anda. Tubuh akan memecah protein yang ada di dalam otot. Sehingga lama kelamaan otot akan kehilangan massanya. Secara teori kehilangan massa otot justru akan mempersulit Anda untuk menurunkan berat badan. Karena semakin banyak massa otot yang hilang, akan semakin rendah kalori yang terbakar.

Zat lain seperti lemak sehat atau omega 3, kalsium, vitamin B 12, vitamin D dan zinc adalah yang tidak Anda dapatkan hanya dengan konsumsi buah-buahan. Kekurangan kalsium justru akan menyebabkan Anda beresiko mengalami pengeroposan tulang. Kekurangan lemak sehat omega 3 terbukti menyebabkan seseorang lebih mudah depresi, dan menurunkan motivasi untuk aktif bergerak.

Mengkombinasikan salad buah dengan berbagai sumber makanan lain yang akan protein seperti daging, kacang dan gandum lebih dianjurkan. Sebagai contohnya, Anda dapat menambahkan potongan buah apel di atas daging ayam rebus, atau salmon yang digoreng dengan unsalted butter.

Kacang kacangan juga merupakan sumber protein dan serat yang baik bagi tubuh Anda selagi menjalani diet sehat. Sangat penting bagi Anda untuk selalu berkonsultasi dengan Ahli Gizi mengenai jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap harinya.

Demikian informasi singkat mengenai cara membuat salad buah untuk diet yang sehat. Pilihlah buah yang mengandung banyak air sebagai menu diet sehat Anda. Kombinasikan dengan sayur dan sumber protein agar semakin terlengkapi kandungan gizi selama diet. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan diet sehat Anda !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *