invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tidak Makin Meluas

Gigi berlubang bukan sesuatu yang bisa kita pandang sebelah mata, dampak yang ditimbulkannya bermacam-macam mulai dari nyeri hingga matinya akar gigi, untuk itulah cara merawat gigi berlubang menjadi suatu hal yang sangat penting untuk kita ketahui. Anda dapat mengalami gigi berlubang apabila terjadi pengeroposan pada gigi Anda, dimana pengeroposan gigi dapat mempengaruhi lapisan luar maupun dalam pada gigi (lapisan luar gigi disebut dengan enamel, sedangkan lapisan dalam gigi disebut dengan dentin). Pengeroposan gigi dan gigi berlubang tidak hanya terjadi pada anak-anak saja. Orang dewasa pun rentan mengalami masalah ini akibat dari kurangnya fluoride, rendahnya kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, atau diet yang tinggi gula dan karbohidrat.

Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat misalnya seperti roti, sereal, susu, soda, kue, atau permen. Apabila seseorang tidak membersihkan giginya dengan seksama setelah mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, sisa-sisa makanan akan tertinggal di sela-sela gigi. Bakteri yang ada dalam mulut kemudian mengubah sisa-sisa makanan tersebut menjadi zat asam. Kemudian, bakteri bersama-sama dengan air liur dan zat asam yang dihasilkan tersebut akan membentuk plak yang menempel pada gigi. Kandungan asam pada plak melarutkan enamel gigi. Begitulah proses terbentuknya gigi berlubang.

Apabila Sudah Terlanjur Ada Lubang di Gigi Anda, Bagaimana Cara Merawat Gigi Berlubang Tersebut?

Gigi berlubang adalah masalah gigi dan mulut yang paling banyak ditemui. “Bagaimana saya tahu bahwa gigi saya berlubang?” Pertanyaan itu sangat wajar ada di benak Anda karena tidak semua kasus gigi berlubang menimbulkan sakit dan bengkak. Seseorang tidak akan melakukan hal-hal yang menjadi cara merawat gigi berlubang jika ia tidak menyadari adanya lubang pada giginya. Jika Anda biasa memeriksakan diri secara teratur ke dokter gigi (setidaknya sekali dalam 6 bulan), dalam pemeriksaan rutin tersebut dokter gigi akan dengan mudah menemukan gigi yang berlubang.

Sakit gigi dan bengkak yang sering dialami banyak orang biasanya jika gigi berlubang sudah lama dan tidak segera ditangani. Rasa sakit biasanya akan makin parah ketika orang tersebut mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersuhu ekstrim (terlalu panas atau dingin) atau pada malam hari ketika hendak tidur. Pada kasus gigi berlubang yang sudah kronis, Anda bahkan dapat melihat lubang tersebut dengan mata telanjang.

Cara merawat gigi berlubang tergantung pada tingkat keparahan gigi yang berlubang tersebut. Pada sebagian besar kasus, dokter gigi akan menghilangkan bagian gigi yang mengalami pengeroposan dengan alat semacam bor. Kemudian ia akan menambal bagian tersebut dengan bahan yang aman untuk tubuh manusia. Selain itu, Anda dapat melakukan cara merawat gigi berlubang sendiri di rumah, dengan cara yang relatif mudah dan sederhana seperti yang tercantum di bawah ini.

  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Cara ini, meskipun lebih baik bila dilakukan sebagai langkah pencegahan gigi berlubang, namun dapat juga dilakukan untuk mencegah agar gigi tidak berlubang makin parah. Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari (pada pagi hari dan sebelum tidur malam), selama minimal 2 menit. Sikat juga bagian lidah Anda. Gunakan dental floss atau benang gigi sekali dalam sehari untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak dapat terangkat melalui sikat gigi biasa.

  • Cengkeh

Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, bahan-bahan alami atau tradisional juga dapat digunakan sebagai cara merawat gigi berlubang. Salah satu dari bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah cengkeh. Cengkeh merupakan salah satu dari beberapa bahan penting yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gigi dan mulut, salah satunya adalah gigi berlubang. Kandungan zat anti peradangan, pereda sakit, dan anti bakteri pada cengkeh membuatnya efektif digunakan untuk mengurangi nyeri dan mencegah lubang pada gigi bertambah lebar.

Cara memanfaatkan cengkeh untuk mengobati gigi berlubang cukup mudah. Larutkan 2 atau 3 tetes minyak cengkeh dengan seperempat sendok teh minyak wijen. Celupkan cotton bud pada campuran larutan tersebut dan usapkan pada gigi yang berlubang. Ulangi cara ini setiap malam sebelum Anda tidur. Cara lain adalah dengan mengunyah cengkeh utuh untuk membuatnya mengeluarkan minyak. Diamkan cengkeh tersebut di bawah lidah Anda selama beberapa menit.

  • Garam

Cara merawat gigi berlubang yang lain adalah dengan menggunakan garam. Ya, garam yang harganya murah dan pasti selalu tersedia di rumah dapat Anda gunakan untuk menghilangkan gangguan sementara akibat gigi berlubang, Anda tidak menduganya sebelumnya bukan? Garam bertindak sebagai zat antiseptik dan anti bakteri, sehingga dapat mengurangi peradangan, meredakan nyeri, menarik keluar bakteri penyebab infeksi dan mencegah bakteri tersebut agar tidak makin berkembang biak dalam mulut Anda.

Untuk merawat gigi berlubang, larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air matang hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama setidaknya 1 menit, dengan lebih berkonsentrasi pada area dimana terdapat gigi yang berlubang. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari hingga gejala gigi berlubang yang Anda rasakan mereda.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mencampur 1/2 sendok teh garam dengan sedikit air perasan jeruk lemon untuk membuat semacam campuran berbentuk pasta. Pijat gusi Anda dengan lembut selama beberapa menit menggunakan campuran ini, kemudian berkumurlah dengan air matang hangat. Ulangi dua kali dalam sehari selama beberapa hari berturut-turut untuk membunuh bakteri yang bercokol di mulut Anda.

  • Bawang putih

Bawang putih memang meninggalkan bau yang menyengat, namun khasiatnya sebagai salah satu cara merawat gigi berlubang sudah tidak diragukan lagi. Bawang putih kaya akan zat anti bakteri sehingga dianggap sebagai antibiotik alami. Sehingga, bawang putih sering direkomendasikan untuk mengatasi pengeroposan gigi dan gigi berlubang. Bawang putih juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan sangat mendukung dalam menciptakan lingkungan yang sehat untuk gigi dan gusi Anda.

Cara mengolah bawang putih menjadi obat alami gigi berlubang adalah dengan menghaluskan 3 atau 4 siung bawang putih, kemudian campur dengan seperempat sendok teh garam. Aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur merata. Kemudian, oleskan pada gigi yang berlubang. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum membilasnya dengan mouthwash. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari selama beberapa minggu, maka Anda akan melihat gigi berlubang Anda mengalami perbaikan.

  • Kunyit

Bahan alami lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai cara merawat gigi berlubang adalah kunyit. Di luar kegunaannya sebagai zat pewarna alami untuk kuliner, manfaat kunyit sangat besar di antaranya mengandung zat anti bakteri dan anti peradangan yang dapat membuat gusi tetap sehat. Di sisi lain, kedua zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga pengeroposan gigi dan gigi berlubang pun dapat dicegah.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengoleskan bubuk kunyit langsung pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sebelum membasuhnya sampai bersih dengan air hangat. Pilihan lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencampur 1/2 sendok bubuk kunyit dengan minyak mustard kemudian oleskan di gigi dan gusi. Diamkan selama 10 menit kemudian ludahkan kembali. Anda dapat melakukan langkah tersebut satu atau dua kali dalam sehari selama setidaknya beberapa hari berturut-turut.

Demikian cara merawat gigi berlubang baik secara medis maupun tradisional. Bagaimanapun, mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Sembari menerapkan pengobatan gigi berlubang secara tradisional, menjaga kebersihan gigi dan mulut tetap yang utama. Yang juga harus diingat adalah bahan tradisional hanya dapat mencegah agar lubang gigi tidak makin lebar, namun tidak dapat menambal lubang yang terlanjur terbentuk. Untuk itulah Anda tetap harus menambalkan gigi yang berlubang tersebut ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *