invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak yang Terbukti Efektif

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak yang Terbukti EfektifCara menyembuhkan gusi bengkak yang praktis, aman dan dapat dilakukan sendiri di rumah merupakan salah satu pengetahuan kesehatan yang cukup banyak dicari masyarakat. Permasalahan gusi bengkak rasanya bukanlah permasalahan yang jarang ditemui di kehidupan sehari-hari. Nyeri yang ditimbulkan dari gusi yang bengkak pun terkadang dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Inilah mengapa panduan cara menyembuhkan gusi bengkak menjadi sangat dibutuhkan.

Gusi yang bengkak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari cara menyikat gigi yang salah hingga terjadinya proses infeksi. Gusi yang bengkak pun dapat disebabkan oleh keadaan gigi yang sudah tidak sehat. Maka, mencegah hal-hal yang dapat membuat gusi bengkak pun sebaiknya diketahui bagi mereka yang sering mengalami permasalahan ini. Simak artikel ini untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai cara menyembuhkan gusi bengkak.

Beberapa Cara Mengobati Gusi Bengkak yang Praktis dan Dapat Anda Coba di Rumah

Bila Anda sedang sakit, tentunya insting pertama Anda adalah untuk berobat ke tenaga kesehatan yang berkompetensi. Namun, mencoba obat-obatan alami yang mudah didapatkan dan mudah dilakukan pun dapat menjadi alternatif pengobatan yang cukup menggiurkan. Untuk mengatasi gusi bengkak, Anda dapat mencoba cara-cara di bawah ini sebelum pergi ke dokter karena praktis dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa cara mengobati gusi bengkak di rumah yang cukup praktis:

  • Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu cara menyembuhkan gusi bengkak yang paling terkenal. Bahkan selain membantu menyembuhkan gusi bengkak, minyak cengkeh dapat pula berguna sebagai penghilang sakit gigi. Minyak cengkeh mengandung Eugenol, suatu senyawa yang dapat berperan sebagai antioksidan dan anti radang. Eugenol mampu mengurangi bengkak dan rasa nyeri pada gusi yang sakit serta membantu menjaga kesehatan jaringan gusi dan gigi Anda. Cara memanfaatkan cengkeh untuk menyembuhkan gusi bengkak cukup mudah,  kunyah cengkeh hingga mengeluarkan minyak yang terasa pahit. Minyak cengkeh yang telah keluar janganlah ditelan, melainkan biarkan dalam mulut Anda terutama oleskan di daerah gusi Anda yang bengkak. Selain digigit, cara mengeluarkan minyak cengkeh lainnya adalah dengan menumbuknya atau memblendernya.

  • Berkumur Air Garam

Cara menyembuhkan gusi bengkak lainnya yang tidak kalah efektif adalah dengan memanfaatkan larutan air garam. Kandungan yang terdapat dalam air garam dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan membantu mencegah infeksi yang dapat menyebabkan masalah gigi dan gusi yang lebih parah. Cara menggunakan air garam sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak cukup mudah, hanya perlu melarutkan 1/2 sampai 1 sendok teh garam ke dalam satu gelas belimbing berisi air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut dua kali sehari sampai nyeri menghilang. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah mengoleskan garam pada gusi yang bengkak setelah Anda selesai menyikat gigi. Lalu kumur dengan air hangat.

  • Kompres

Ada dua macam kompres yang dapat dipakai sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak, yaitu kompres hangat dan dingin. Mengompres gusi yang bengkak dapat meredakan nyeri dan bengkak dalam waktu yang cukup singkat. Perlu diingat bahwa kompres dilakukan di wajah, tidak langsung dilakukan di atas permukaan gusi yang meradang. Caranya mudah, sediakan kain bersih lalu rendam di dalam air hangat. Angkat kain, peras hingga tidak ada air yang menetes. Taruh kain tersebut di wajah yang menutupi gusi yang sedang bengkak, lakukan selama 5 menit. Selanjutnya, sediakan palstik berisi es batu atau kain yang dicelupkan ke dalam air es, lalu taruh di tempat yang sama sampai gusi terasa baal. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam satu hari. Cara ini dapat dilakukan berulang kali bila gusi terasa sangat nyeri.

  • Baking Soda

Soda kue atau baking soda merupakan suatu bahan pengembang kue yang cukup berguna bagi kesehatan mulut Anda. Bubuk soda kue mengandung senyawa natrium bikarbonat yang berefek dapat menteralkan pH atau keasaman lingkungan mulut Anda. pH mulut yang lebih basa akan membuat bakteri jahat mulut sulit bertahan hidup sehingga berperan sebagai antimikroba. Baking soda juga dapat mencegah pembentukan plak dan dapat memutihkan warna gigi. Cara memanfaatkan baking soda menjadi cara menyembuhkan gusi bengkak ialah melarutkan satu sendok teh baking soda di dalam air hangat. Pijat gusi yang bengkak dengan larutan tersebut beberapa kali dalam sehari. Selain itu, Anda pun dapat membubuhkan bubuk baking sida di pasta gigi ketika Anda menyikat gigi.

  • Getah Lidah Buaya

Memanfaatkan getah daun lidah buaya merupakan cara mengobati gusi bengkak lainnya yang cukup ampuh. Getah lidah buaya mengandung efek anti radang dan juga anti bakteri yang dapat mencegah pembentukan plak di gigi dan gusi serta menekan pertumbuhan bakteri jahat di rongga mulut. Tak ketinggalan, getah lidah buaya pun dapat meredakan nyeri yang ditimbulkan gusi yang bengkak. Cara memanfaatkan getah lidah buaya sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak adalah dengan mengoleskan jel atau getahnya di gusi yang bengkak. Selain dioles, getah lidah buaya juga dapat dicampurkan dengan air, lalu larutannya dipakai untuk berkumur. Tidak heran bahwa sekarang ini banyak pasta gigi yang menambahkan komponen lidah buaya ke produknya, mengingat manfaatnya bagi kesehatan mulut.

  • Kantung Daun Teh

Salah satu cara unik yang dapat Anda lakukan sebagaicara menyembuhkan gusi bengkak yang simpel dan praktis adalah dengan menggunakan kantung daun teh yang habis dipakai. Daun teh yang diperlukan dan dapat dipakai untuk mengobati gusi bengkak adalah daun teh hitam atau teh yang biasanya dijual di pasaran Indonesia. Teh hitam mempunyai kandungan tannin yang cukup tinggi dimana dapat mengurangi pembengkakan pada sendi. Antioksidan yang terkandung di dalam teh juga dapat menjaga kesehatan gusi. Caranya mudah, celupkan kantung teh ke dalam air mendidih selama 2-3 menit, lalu angkat. Tunggu sampai suhu menghangat. Tempelkan kantung teh di gusi yang bengkak selama 10-15 menit. Setelahnya, kumur dengan air garam yang hangat. Ulangi cara ini beberapa kali salam satu hari.

Anda dapat mencoba pengobatan alami dan herbal untuk mengatasi permasalahan gusi bengkak ynag Anda alami. Namun, bila Anda telah mencoba berbagai cara di atas dan gusi bengkak tidak kunjung membaik dalam waktu 5 sampai 7 hari, jangan ragu untuk mengonsultasikan permasalahan Anda ke dokter gigi. Apalagi mengingat banyaknya penyebab yang dapat mencetuskan terjadinya pembengkakan pada gusi Anda. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan mulut dengan cara menyikat gigi dengan cara yang benar setiap harinya, karena kebersihan mulut yang buruk sangat rentan menyebabkan terjadinya gusi bengkak. Selamat hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *