invisible bg invisible ico

Cara Menguruskan Badan tanpa Olahraga: Diet Sehat Gizi Seimbang

Cara Menguruskan Badan tanpa Olahraga: Diet Sehat Gizi SeimbangBanyak orang mencari cara menguruskan badan tanpa olahraga karena satu atau dua hal. Alasan yang paling sering diungkapkan adalah sulitnya mencari waktu luang untuk berolahraga di tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Idealnya keterbatasan waktu bukan alasan bagi seseorang untuk melewatkan olahraga karena aktivitas fisik dapat ‘diselipkan’ pada gaya hidup kita sehari-hari, seperti misalnya bersepeda ke sekolah atau tempat kerja, memarkir kendaraan agak jauh dari tempat kerja sehingga memungkinkan kita berjalan kaki, memilih naik tangga daripada lift, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah yang mengharuskan kita menggerakkan badan. Untuk itu, olahraga tetap harus dilakukan.

Akan tetapi, sembari memupuk motivasi dalam diri untuk melakukan aktivitas fisik yang adekuat, Anda dapat melakukan cara lain untuk membuat badan ramping, yakni dengan mengkonsumsi makanan sehat. Mengkonsumsi makanan sehat tidak hanya bertujuan untuk diet atau menguruskan badan, namun lebih jauh lagi untuk membantu individu mengalahkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung, masalah pencernaan, kelelahan, depresi, ketidakseimbangan hormon, dan mencegah kanker.

Manfaat Makanan Sehat Sebagai Salah Satu Cara Menguruskan Badan tanpa Olahraga

Makanan yang sehat bersifat ‘menyembuhkan’ tubuh dengan berbagai cara. Pertama, makanan yang sehat akan membantu mengurangi terjadinya inflamasi dalam tubuh. Sebagian besar penyakit yang menyerang tubuh kita adalah karena inflamasi yang merusak sel dan dinding arteri sehingga memicu penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat, dan gangguan pencernaan. Apabila proses inflamasi dalam tubuh berkurang, kemampuan tubuh untuk pulih dari berbagai macam penyakit akan meningkat.

Kedua, makanan yang sehat akan membuat tubuh berada dalam kondisi basa. Idealnya pH tubuh adalah sekitar 7.36. Segelas soda memiliki pH 2.5. Apabila kita meminumnya, tubuh kita akan memerlukan sekitar 30 gelas air untuk menetralkannya. Sayuran hijau juga dapat membantu menetralkan kondisi asam dalam tubuh. Dengan mengembalikan tubuh pada pH idealnya, sel-sel tubuh dapat dengan mudah beregenerasi sehingga tubuh mudah pulih dari berbagai macam penyakit.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menguruskan badan tanpa olahraga, makanan sehat juga berperan penting untuk mempertahankan kadar gula darah tubuh yang ideal. Selain itu, mengkonsumsi makanan sehat akan mempermudah tubuh untuk mengeluarkan racun sisa metabolisme. Racun sisa metabolisme adalah penyebab utama ketidakstabilan hormon dalam tubuh dan penyakit autoimun. Memfasilitasi pengeluaran racun dari dalam tubuh akan membantu tubuh terhindar dari sakit kepala kronis, hipotiroid, dan masalah kesuburan.

Prinsip Susunan Makanan Sehat Sebagai Cara Menguruskan Badan tanpa Olahraga

Makanan sehat yang bertujuan untuk diet dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan hendaknya tersusun dari sumber protein tanpa lemak, lemak sehat, dan sumber karbohidrat dengan kadar glikemik rendah dalam bentuk buah-buahan dan sayuran. Prosentase ketiga bahan makanan tersebut adalah masing-masing sebesar 33%. Berikut adalah penjelasannya:

  • Sumber protein tanpa lemak

Meskipun sedang diet, asupan protein tetap harus dipertahankan untuk memelihara massa otot. Di samping itu, protein adalah zat gizi yang mengenyangkan. Konsumsi makanan tinggi protein dapat membakar 80 – 100 kalori tiap hari. Meningkatkan asupan protein hingga 25 – 30 persen kebutuhan kalori dapat menekan keinginan makan sebesar 60%, mengurangi keinginan untuk ngemil di malam hari (cocok bukan, bagi Anda yang tengah mencari cara menguruskan badan tanpa olahraga?), dan menurunkan berat badan sebanyak 0.5 per minggu.

Salah satu sumber protein adalah daging. Telah banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi daging berkaitan erat dengan kanker dan penyakit jantung. Solusinya, pilihlah daging tanpa lemak. Selain daging, Anda dapat mencoba ikan dan telur. Ikan seperti tuna dan salmon memiliki kualitas protein yang baik. Selain itu, tuna dan salmon sarat akan zat gizi yang dibutuhkan tubuh seperti lemak sehat dan iodium. Iodium adalah zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan fungsi kelenjar tiroid, yang berperan penting untuk menjalankan metabolisme tubuh.

Telur pun selain kaya protein juga mengandung lemak sehat. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi telur untuk sarapan membuat mereka lebih kenyang dan makan lebih sedikit dalam waktu 36 jam ke depan. Sehingga, konsumsi telur dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menguruskan badan tanpa olahraga.

  • Lemak sehat

Pada poin sebelumnya telah disebutkan bahwa ikan mengandung lemak sehat, terutama beberapa jenis ikan tertentu seperti salmon atau mackerel. Salmon adalah sumber asam lemak omega 3 dan 6. Anda dapat mengolah salmon dengan berbagai cara. Anda dapat memanggangnya atau menjadikannya ikan asap dengan sedikit lemon lalu sajikan dengan asparagus, hmm… tidak hanya lezat di lidah, namun juga menyehatkan.

Seperti halnya salmon, ikan mackerel dapat menjadi alternatif pilihan makanan sehat Anda. Jenis-jenis ikan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang dalam program diet namun ingin tetap merasa kenyang. Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 di dalamnya tidak hanya menjaga tubuh tetap ramping, namun juga mempertahankan fungsi otak sehingga Anda dapat memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih baik.

Contoh lemak sehat lainnya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh yang dapat menunda rasa lapar, sehingga bahan makanan ini cocok Anda pertimbangkan sebagai salah satu cara menguruskan badan tanpa olahraga. Di samping itu, secara alami minyak zaitun mengandung senyawa kimia yang disebut asam oleat, yang dapat membantu memecah kelebihan lemak dalam tubuh. Lemak dilawan dengan lemak. Menarik bukan?

  • Buah-buahan dan sayuran

Segelas air hangat yang dicampur dengan perasan lemon di pagi hari, dapat membantu memperlancar proses detoksifikasi. Untuk sarapan, Anda dapat mengganti menu nasi Anda dengan beberapa porsi buah seperti pir, pisang, nanas, pepaya, maupun alpukat. Baru kemudian di siang hari Anda dapat makan seperti biasa, demikian juga di malam hari. Metode ini terbukti ampuh sebagai cara menguruskan badan tanpa olahraga.

Buah pir, seperti halnya jenis buah yang lain, mengandung gula alami yang membuat kita terhindar dari keinginan makan cemilan yang manis-manis. Buah ini kaya akan serat, sehingga membantu Anda kenyang lebih lama. Nanas adalah buah khas tropis yang memiliki paduan rasa manis dan asam yang pas. Nanas membantu produksi enzim pencernaan, sehingga mencegah terjadinya perut kembung dan bahkan mengurangi resiko seseorang terserang penyakit GERD.

Pepaya mengandung enzim papain, yang berperan mencerna protein. Enzim ini juga membantu memecah makanan lebih cepat. Itulah sebabnya mengapa buah ini memiliki reputasi khusus sebagai obat alami konstipasi. Apabila Anda mengalami sensasi tidak nyaman pada sistem pencernaan Anda, Anda dapat menetralkannya dengan alpukat, yang juga sumber potassium yang berperan penting dalam pengaturan keseimbangan cairan tubuh.

Selain bahan-bahan makanan yang sudah disebutkan di atas, jangan lupakan sayuran berdaun hijau. Satu porsi sayuran hijau seperti sawi atau bayam kaya akan serat, vitamin, dan mineral, namun di saat yang sama rendah kalori sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh tanpa menyebabkan kenaikan berat badan.

Cara menguruskan badan tanpa olahraga yang telah dipaparkan di atas akan semakin mujarab apabila Anda juga menjauhi bahan-bahan makanan seperti makanan kaleng, kecap, mayones, saos, roti putih, biskuit, soft drink dan makanan olahan lainnya. Tidak hanya bahan-bahan makanan tersebut dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, namun juga erat kaitannya dengan timbulnya berbagai penyakit seperti diaberes, penyakit jantung, dan kanker. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *