invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria Secara Manual

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria Secara ManualCara menghitung berat badan ideal wanita maupun pria tidaklah terlalu sulit. Meskipun di jaman sekarang ada aplikasi gadget untuk menghitung berat badan ideal, menghitung sendiri dengan rumus pun sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Mendapatkan berat badan ideal selain dapat meningkatkan penampilan dan percaya diri, hal yang lebih penting adalah tubuh akan menjadi lebih sehat asalkan cara mendapatkan berat badan ideal tersebut dilakukan dengan benar. Tubuh akan menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ada 2 macam rumus yang umum digunakan untuk menghitung berat badan ideal, yaitu rumus Broca dan menggunakan sistem Body Mass Index BMI. Yang perlu diketahui berat badan ideal itu adalah relatif karena bentuk tubuh memang berbeda-beda, ada yang berbentuk buah pear, lurus, segitiga terbalik, hourglass atau jam gelas, oval, dan juga bentuk-bentuk lainya, maka tidak ada satu titik yang menunjukkan berat badan yang ideal. Karena tidak ada berat badan ideal yang absolut, namun lebih pada rentang berat badan tertentu, maka BMI lebih baik untuk digunakan daripada rumus Broca.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria dengan Rumus Matematis

Cara menghitung dengan dengan rumus matematis yang dimaksud disini adalah dengan rumus Broca ata kadang disebut juga rumus Devine. Rumus ini ditemukan tahun 1871 oleh Dr. Pierre Paul Broca dan kemudian dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada sekitar tahun 1970 an. Jika Anda ingin melakukan diet, sebaiknya jangan menggunakan rumus Broca ini sebagai acuan berat badan ideal karena ada beberapa kekurangan dalam rumus ini.

Ada alasan tersendiri kenapa rumus ini sebenarnya kurang bagus untuk menghitung berat badan ideal. Rumus ini sebenarnya dikembangkan untuk menghitung dosis penggunaan obat berdasarkan berat badan pasien, bukan untuk menghitung berat badan ideal seseorang. Kemudian hasil penghitungan rumus ini ada pada suatu angka, bukan pada rentang tertentu. Terakhir adalah rumus ini tidak cocok untuk menghitung berat badan ideal pada wanita bertubuh pendek dan pria bertubuh tinggi. Karena rumus ini dikembangkan di Perancis yang mayoritas penduduknya bertubuh tinggi-tinggi dibanding Indonesia, maka rumus ini sebenarnya tidak cocok untuk digunakan menghitung berat tubuh ideal wanita Indonesia.

Penghitungan berat badan ideal dengan rumus Broca/Devine

  1. Wanita

Berat badan ideal = (tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))
Contoh penghitungan untuk wanita dengan tinggi badan 160 cm = (160 – 100) – (15% x (160 – 100) = 51 kg

  1. Pria

Berat badan ideal = (tinggi badan – 100) – (10% x (tinggi badan – 100))
Contoh penghitungan untuk pria dengan tinggi badan 170 cm = (170 – 100) – (10% x (170 – 100) = 63 kg

Kedua contoh penghitungan di atas menggunakan tinggi badan yang relatif rata-rata. Pada wanita yang memiliki tinggi badan dibawah rata-rata maka berat badan idealnya akan terlihat kurus. Semakin pendek maka akan semakin terlihat kurus, inilah yang menjadi kekurangan rumus ini. Contoh untuk wanita yang memiliki tinggi badan 130 cm maka berat badan ideal = (130 – 100) – (15% x (130 – 100) = 25,5 kg

Dalam penghitungan berat badan tubuh ada yang dikenal dengan Lean Body Weight, yaitu berat badan dengan hanya menghitung berat organ tubuh, tulang, dan otot, tanpa menghitung lemak sama sekali. Rumus Broca/Devine pada orang yang bertubuh relatif pendek akan semakin mendekati hasil penghitungan Lean Body Weight ini. Oleh karenanya jika Anda adalah wanita bertubuh relatif pendek, melakukan diet berdasar penghitungan ini akan membuat Anda terlihat sangat kurus dan tidak sehat.

Di atas telah diuraikan cara menghitung berat badan dengan rumus Broca, di halaman 2 kita akan melanjutkan membahas penghitungan berdasar BMI atau Body Mass Index yang dianggap lebih ideal. Jangan lewatkan juga tentang tips mendapatkan berat badan ideal di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *