invisible bg invisible ico

Cara Menghilangkan Pusing Kepala dengan Cepat, Mudah, dan Alami

Cara Menghilangkan Pusing Kepala dengan Cepat, Mudah, dan AlamiLangsung minum obat pereda nyeri sebagai cara menghilangkan pusing kepala yang Anda alami? Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin akan memikirkannya kembali, karena untuk beberapa jenis pusing kepala, langsung meminum obat penghilang rasa sakit untuk meredakan nyeri yang Anda rasakan mungkin bukan langkah terbaik. Pada prinsipnya, ketika Anda mengalami pusing kepala, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis pusing kepala yang mana yang tengah Anda alami sekarang. Kadang-kadang, pusing kepala adalah salah satu gejala akan adanya penyakit tertentu. Namun bisa jadi pusing kepala timbul begitu saja tanpa sebab yang jelas.

Ketika Anda berkonsultasi ke dokter, dokter mungkin akan menanyakan kapan pusing kepala Anda biasa timbul, adakah tanda atau gejala lain yang menyertainya, dan apakah ada hal yang berpotensi memicu timbulnya pusing tersebut seperti stres, makanan tertentu, atau perubahan pola tidur.

Sebelum Mengetahui Cara Menghilangkan Pusing Kepala, Kenali Terlebih Dahulu Jenis Pusing Kepala Anda

Secara garis besar, terdapat dua tipe pusing kepala yang paling banyak dialami, yakni sakit kepala tegang (tension-type headache) dan migren. Sakit kepala tegang dirasakan sebagai nyeri yang menekan di sekitar kepala, yang dapat menimbulkan rasa nyeri ringan hingga sedang pada kedua sisi kepala. Pusing kepala tipe ini biasanya dipicu oleh stres, ketegangan pada leher (karena stres itu sendiri atau aktivitas tertentu yang menuntut seseorang dalam posisi statis dalam waktu lama), penurunan gula darah akibat terlambat makan, depresi, kecemasan, atau kurang tidur.

Pusing kepala ini dapat berlangsung selama 30 menit hingga satu minggu, dengan frekuensi yang juga bervariasi. Bisa saja pusing kepala ini timbul hanya kadang-kadang saja, namun dapat juga sangat sering terjadi bahkan jika diakumulasikan mencapai 15 hari dalam satu bulannya. Cara menghilangkan pusing kepala tipe tegang ini dapat dengan obat-obatan maupun alternatif lain yang akan kita bahas di bagian lain pada artikel ini.

Jenis pusing kepala lain yang juga banyak dialami adalah migren. Migren tiga kali lebih banyak menyerang wanita daripada pria. Ciri khas migren adalah rasa nyeri yang berdenyut dengan intensitas sedang hingga berat, bahkan hingga menyebabkan mual, muntah, atau lebih sensitif terhadap cahaya atau suara.

Selama ini kita mengenal migren sebagai sakit kepala sebelah (hanya menyerang satu sisi kepala saja), namun faktanya migren juga dapat mempengaruhi kedua sisi kepala. Satu dari sekian banyak hal yang dapat memicu migren antara lain aktivitas fisik, berbeda dengan sakit kepala tipe tegang yang tidak dipicu oleh aktivitas fisik. Tanpa melakukan cara menghilangkan pusing kepala apapun, migren dapat mereda setelah 4-72 jam.

Meredakan Sakit Kepala dengan Cara yang Alami

Pusing kepala tentu saja dapat dengan mudah diatasi dengan mengkonsumsi obat yang dapat Anda dapatkan di apotik, seperti ibuprofen atau acetaminophen. Namun, ada banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk meredakan pusing kepala yang Anda alami dengan mudah dan cepat.

Misalnya, dehidrasi adalah salah satu kemungkinan penyebab pusing kepala. Pada kasus terjadinya dehidrasi, hanya dengan meminum air putih dalam jumlah yang cukup dapat menyembuhkan pusing kepala Anda dalam beberapa menit (idealnya dalam sehari Anda harus meminum 8-10 gelas air putih). Berikut adalah cara menghilangkan pusing kepala secara alami lainnya yang dapat Anda coba:

  • Jahe

Pusing kepala dapat diakibatkan oleh pembuluh darah yang mengalami penyempitan, yang mana dapat diredakan oleh jahe, sehingga apabila meminum jahe dapat membantu meredakan nyeri kepala. Anda dapat mengolah jahe sesuai selera. Salah satu cara pengolahan yang dapat Anda coba adalah dengan mencampurkan sedikit jahe dengan jus lemon, lalu minum satu atau dua kali dalam sehari. Anda juga dapat merebus serbuk jahe atau jahe segar dengan sedikit air, dan menghirup uapnya sebelum meminumnya.

Cara lain yang paling banyak dicoba adalah mencampurkan jahe segar yang sudah digeprek dan dibakar dalam segelas teh atau susu hangat. Jahe yang sudah diolah menjadi permen pun membawa khasiat yang sama. Kunyahlah satu atau dua buah permen jahe, dan rasakan manfaatnya pada pusing kepala yang Anda alami. Selain diminum, ada satu cara lain yang lebih jarang dipraktikkan, yakni mencampurkan satu sendok teh bubuk jahe kering dengan dua sendok makan air, lalu aduk hingga rata dan membentuk cairan kental, lalu oleskan di dahi selama beberapa menit.

  • Kompres dingin

Cara menghilangkan pusing kepala yang kedua adalah dengan menempelkan kompres dingin di sekitar area yang sakit. Sensasi dingin yang ditimbulkan mampu mengurangi peradangan yang mungkin berkontribusi terhadap timbulnya nyeri. Caranya cukup dengan meletakkan kompres dingin (bisa kantong berisi es yang sudah dibungkus dengan kain bersih, atau kain yang dicelupkan ke air dingin) ke bagian belakang kepala. Langkah ini dapat meredakan pusing kepala akibat migren.

Anda juga dapat meletakkan kompres dingin di area yang nyeri selama kurang lebih lima menit, kemudian begitu kain untuk mengompres tidak terasa dingin lagi Anda dapat mencelupkannya kembali ke air dingin dan mengulanginya selama beberapa kali. Namun, ada pendapat yang menyatakan bahwa kompres dingin hanya efektif untuk meredakan nyeri akibat benturan pada kepala. Apabila pusing kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, cara ini tidak efektif karena sensasi dingin justru membuat pembuluh darah makin menyempit.

  • Cengkeh

Cengkeh dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan pusing kepala akibat sakit kepala tegang (tension-type headache). Caranya adalah dengan menumbuk beberapa buah cengkeh dan meletakkannya di dalam saputangan atau kain bersih. Hirup baunya sampai pusing kepala Anda mereda. Anda juga dapat mencampur dua sendok teh minyak kelapa, satu sendok teh garam dan dua tetes minyak cengkeh, aduk hingga tercampur merata lalu oleskan pada kepala sambil memijat area yang sakit dengan lembut.

  • Apel

Siapa sangka bahwa apel yang selama ini dikenal sebagai buah yang segar dan nikmat jika dikonsumsi ternyata juga berkhasiat menghilangkan pusing kepala. Apel, juga cuka apel, dapat menyeimbangkan kembali kadar asam dan basa dalam tubuh sehingga dapat meredakan pusing kepala. Caranya? Anda dapat memakan apel begitu saja (tanpa tambahan apapun) atau Anda dapat menambahkan sedikit garam. Anda juga dapat mencampur 2 sendok teh cuka apel dengan segelas air, kemudian meminumnya.

  • Akupresur

Akupresur (teknik pengobatan alternatif dengan memberikan tekanan lembut pada titik-titik tertentu tubuh) dipercaya efektif sebagai salah satu cara menghilangkan pusing kepala. Titik yang harus ditekan adalah titik di antara jempol dan jari telunjuk, pada titik tertinggi dari otot ketika tangan dalam posisi mengepal. Lakukan selama satu atau dua menit kemudian ulangi pada tangan yang lain. Anda disarankan untuk tidak menekan titik ini apabila Anda dalam kondisi hamil.

Untuk migren, salah satu cara menghilangkan pusing kepala dapat juga dengan mengistirahatkan diri di kamar yang tenang dan gelap (karena salah satu gejalanya adalah peningkatan sensitivitas terhadap cahaya) dan pijatan lembut pada kepala. Anda juga harus mewaspadai apabila pusing yang Anda rasakan dibarengi dengan leher kaku, hilang keseimbangan, gangguan berbicara, gangguan mental, mati rasa, dan hilang kesadaran. Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut segera minta tolong pada keluarga atau rekan Anda untuk mengantar Anda ke fasilitas kesehatan terdekat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *