invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan Mudah

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan dengan MudahTips atau cara menghilangkan lendir di tenggorokan berikut ini mungkin akan sangat membantu terutama bagi Anda yang sering mengalaminya. Anda tentu pernah mengalami tenggorokan berlendir atau terdapatnya dahak di tenggorokan. Pada saat mengalaminya, tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan dan aktifitas Anda. Oleh karena itu sedapat mungkin Anda dapat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan adanya lendir di tenggorokan. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan timbulnya lendir di tenggorokan, faktor tersebut terutama diakibatkan oleh masuknya kuman berupa bakteri atau virus yang menginfeksi saluran pernafasan. Selain itu munculnya lendir di tenggorokan juga dapat dipicu karena lingkungan yang kurang sehat, debu, asap rokok, asap kendaraan bermotor, faktor cuaca, dan alergi makanan.

Orang yang mengalami tenggorokan berlendir biasanya merasakan tenggorokannya gatal, batuk, dan pernafasan menjadi terganggu. Selain itu, adanya lendir di tenggorokan ini seringkali disertai gejala lainnya seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan menurunnya nafsu makan. Hal ini karena adanya kuman yang menginfeksi saluran nafas. Adanya lendir dalam tenggorokan tentunya membuat jalan nafas tidak lancar sehingga perlu dibersihkan. Dengan mengeluarkan lendir tersebut maka pernafasan menjadi lebih laga dan terasa lebih nyaman. Semua orang berisiko mengalami tenggorokan berlendir, baik anak-anak, orang dewasa, maupun lanjut usia. Keadaan dapat lebih buruk jika seseorang menderita suatu penyakit kronis yang berhubungan dengan saluran nafas, seperti TBC, pneumonia, asma, bronkhitis, dan sebagainya.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Secara Alami

Untuk menghilangkan lendir di tenggorokan, dapat menggunakan cara yang alami. Cara yang alami ini selain aman, juga mempunyai khasiat yang ampuh dan tentunya lebih murah bahkan tanpa biaya. Berbagai cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang dapat Anda coba antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mengeluarkan lendir/dahak

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang paling mudah yaitu dengan cara mengeluarkannya. Caranya yaitu dengan melakukan batuk secara benar atau yang sering disebut sebagai batuk efektif. Cara melakukan batuk efektif cukup mudah, yaitu Anda duduk dalam posisi badan tegak kemudian siapkan tisu atau sebuah wadah yang nantinya digunakan untuk menampung dahak. Lalu hirup nafas dalam-dalam melalui hidung, tahan sebentar, dan keluarkan secara perlahan melalui mulut. Ulangi latihan pernafasan tersebut selama dua kali. Kemudian pada ambilan nafas yang ketiga, hirup nafas dalam-dalam melalui hidung, tahan sampai 3 hitungan, lalu batukkan dengan kuat dua atau tiga kali berturut-turut tanpa mengambil nafas. Pada saat batuk, keluarkan lendir/dahak pada tisu atau wadah yang telah Anda siapkan.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, terutama pada saluran pernafasan. Sehingga minum jahe merupakan cara menghilangkan lendir di tenggorokan sekaligus untuk menyembuhkan batuknya.  Cara membuat ramuan jahe yaitu siapkan dua ruas jahe, cuci sampai bersih lalu digepuk supaya supaya aroma segarnya lebih keluar. Masukkan jahe tersebut pada satu gelas air panas, dan tambahkan sedikit gula sebagai pemanis. Tunggu beberapa saat sampai airnya tidak terlalu panas, kemudian minum ramuan jahe ini selagi hangat. Minum secara rutin 2 kali dalam sehari maka lendir di tenggorokan Anda akan cepat hilang.

  1. Jeruk nipis

Minum minuman jeruk nipis merupakan salah satu cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang efektif. Sebab selain rasanya yang menyegarkan dan mampu melaegakan tenggorokan, kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengusir bakteri penyebab lendir/dahak di tenggorokan. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan satu buah jeruk nipis kemudian peras airnya dan campurkan pada satu gelas air panas. Tambahkan gula atau madu secukupnya, dan minum selagi hangat.

  1. Daun mint

Daun mint selama ini sudah sering digunakan sebagai bahan pembuat obat batuk pengencer dahak. Oleh karena itu khasiat dari daun yang satu ini tentunya tidak perlu diragukan lagi. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan menggunakan daun mint yaitu siapkan beberapa lembar daun mint yang dicuci sampai bersih lalu campurkan pada segelas air panas. Tunggu beberapa saat supaya meresap, kemudian minumlah selagi hangat.

  1. Bawang putih

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang berikutnya yaitu dengan bawang putih. Sebagaimana kita ketahui bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat antibiotik alami. Bawang putih ternyata juga ampuh untuk menghilangkan lendir di tenggorokan. Caranya sangat mudah, Anda dapat langsung mengkonsumsi satu siung bawang putih mentah secara teratur 3 kali dalam sehari. Kandungan antibiotik dalam bawang putih dapat secara optimal membunuh bakteri penyebab lendir tenggorokan, serta rasa hangat dan sedikit pedasnya juga dapat membantu melegakan tenggorokan.

  1. Perbanyak asupan cairan

Memperbanyak asupan cairan juga merupakan cara menghilangkan dahak di tenggorokan karena dapat mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan, sekaligus melancarkan metabolisme tubuh. Dengan memperbanyak asupan cairan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat proses kesembuhan radang di tenggorokan. Perbanyaklah minum air putih hangat untuk menghilangkan lendir di tenggorokan dan melegakan pernafasan.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan jenis tanaman herbal yang dikenal mempunyai khasiat untuk kesehatan karena mengandung senyawa anti bakteri dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ramuan kunyit juga efektif untuk menghilangkan lendir di tenggorokan. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan kunyit yaitu dengan menyiapkan beberapa ruas kunyit, dikupas, lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu kunyit diparut, dan diperas untuk diambil airnya. Campurkan air perasan kunyit itu pada setengah gelas air panas dan tambahkan madu secukupnya sebagai pemanis. Tunggu beberapa saat, lalu minum selagi hangat.

  1. Terapi uap

Untuk menghilangkan lendir di tenggorokan, Anda juga dapat menggunakan terapi uap. Caranya yaitu siapkan air panas dalam suatu wadah atau baskom. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air tersebut. Kemudian dekatkan wajah Anda pada wadah/baskom, dan bernafaslah secara wajar. Maka secara otomatis uap air panas yang bercampur dengan aroma minyak kayu putih akan masuk dalam saluran pernafasan Anda. Terapi uap ini merupakan cara mengeluarkan lendir di tenggorokan secara efektif sehingga pernafasan menjadi lega.

Setelah mengetahui cara menghilangkan lendir di tenggorokan seperti yang telah diterangkan di atas, Anda juga perlu mengetahui langkah pencegahan agar terhindar dari tenggorokan berlendir. Langkah pencegahan tersebut antara lain yaitu dengan memperbanyak makan buah dan sayur untuk meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga secara teratur, dan menciptakan lingkungan yang bersih. Selain itu hindari kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok, serta memakai masker ketika berada di kerumunan massa untuk mencegah penularan atau ketika berada di tempat-tempat yang mengandung polusi udara. Memakai masker juga disarankan ketika Anda bepergian menggunakan sepeda motor atau ketika membersihkan kotoran di rumah/lingkungan untuk menghindari debu atau kontaminasi kuman. Jika lendir di tenggorokan Anda susah dihilangkan dan bahkan timbul gejala-gejala yang semakin parah, maka sebaiknya periksakan ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *