invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Mudah Anda Praktikkan

Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Mudah Anda PraktikkanMenjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk membangun rasa percaya diri dan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, oleh sebab itu cara menghilangkan kerak gigi yang efektif menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Kerak gigi, atau karang gigi, atau plak, adalah lapisan tipis berwarna kuning atau putih yang melekat di antara gigi atau di batas antara gigi dan gusi, akibat menempelnya berbagai macam bakteri. Timbulnya kerak pada gigi awalnya karena ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi. Sisa-sisa makanan tersebut, terutama yang mengandung gula dan zat pati, dimakan oleh bakteri yang hidup di mulut. Dalam proses memakan sisa-sisa makanan tersebut, bakteri menghasilkan zat asam yang dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Kerak gigi tampak sebagai suatu hal yang sederhana sehingga sering disepelekan. Namun ternyata, dampak negatif yang ditimbulkan oleh kerak gigi bukan sesuatu yang dapat dianggap remeh. Selain menyebabkan gigi berlubang seperti yang telah disampaikan di atas, kerak gigi dapat memicu peradangan pada gusi (gingivitis) yang membuat gusi terasa nyeri, merah, dan bengkak. Peradangan pada gusi ini bila tidak segera diatasi akan menyebar dan menginfeksi tulang gigi di sekitar rahang, yang dalam istilah kedokteran disebut dengan periodontitis.

Kalaupun Anda tidak sampai mengalami gingivitis maupun periodontitis, lapisan kerak gigi bersama dengan mineral yang ada dalam air liur Anda akan mengeras membentuk lapisan putih seperti semen yang disebut tartar. Lapisan ini tidak bisa dihilangkan dengan hanya menyikat gigi, sehingga dapat merusak indahnya senyum Anda. Beruntungnya, ada beberapa cara menghilangkan kerak gigi yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan kerak gigi dan mencegah terbentuknya tartar. Simak cara-cara tersebut melalui penjelasan di bawah ini.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Sebagai Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Utama

Ada beberapa faktor yang mungkin berkontribusi terhadap pembentukan kerak gigi, seperti kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, cara menggosok gigi yang keliru, pilihan makanan yang terlalu banyak mengandung zat pati dan gula, dan kurangnya akses ke fasilitas kesehatan (dokter gigi).

Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan langkah utama dalam mencegah terbentuknya kerak gigi dan tartar. Usahakan untuk menyikat gigi dengan pasta gigi yang baik setidaknya dua kali dalam sehari. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan memiliki ujung bulat agar tidak melukai gusi. Pasta gigi yang Anda gunakan hendaknya yang mengandung fluoride, untuk memperkuat enamel gigi (yang mungkin sudah sedikit ‘keropos’ oleh bakteri yang tidak kasat mata). Selain gigi, Anda juga harus menggosok lidah, gusi, dan sebelah dalam pipi karena bakteri pun rentan berkumpul di tempat-tempat tersebut.

Menyikat gigi saja ternyata tidak cukup. Untuk mendapatkan perlindungan terhadap kerak gigi yang lebih optimal, gunakan benang gigi untuk membersihkan gigi dan gusi dari sisa makanan secara teratur, setidaknya satu kali sehari sebelum tidur malam. Lengkapi dengan penggunaan obat kumur (mouth rinse, bukan mouth wash yang biasa digunakan untuk menyegarkan nafas) dua kali sehari selama 30 detik.

Cara Menghilangkan Kerak Gigi Menggunakan Bahan-Bahan yang Mudah Anda Dapatkan

Selain senantiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut, Anda juga dapat melakukan beberapa langkah lain untuk menghilangkan kerak gigi. Namun, perlu diingat bahwa begitu lapisan tartar terbentuk pada gigi Anda, akan sangat susah untuk menghilangkannya. Karena itulah cara menghilangkan kerak gigi di bawah ini paling baik dilakukan sebelum tartar terbentuk.

  • Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni atau yang lazim disebut dengan Virgin Coconut Oil (VCO) memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, yang membuatnya berbeda dari minyak kelapa biasa. Manfaat tersebut antara lain untuk melawan kuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, mendukung kesehatan jantung dan paru-paru, memperbaiki kondisi hipotiroidisme, menyembuhkan luka dengan cepat, mencegah stretch mark, dan membuat kulit tetap muda dan sehat.

Minyak kelapa murni juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kerak gigi, karena minyak kelapa murni banyak mengandung asam laurat yang merupakan zat anti peradangan dan antimikroba alami. Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghapus kerak gigi adalah: oleskan 1 sendok makan minyak kelapa murni di gigi dan biarkan dalam mulut Anda selama 15-20 menit. Setelah itu, ludahkan (jangan menelannya maupun menggunakannya untuk berkumur). Kemudian sikat gigi Anda seperti biasa. Lakukan cara ini di pagi hari sebelum makan apapun.

  • Baking soda

Baking soda atau sodium bikarbonat tidak hanya bermanfaat di area kuliner, namun juga dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan kerak gigi. Baking soda menetralkan kondisi asam dalam mulut, sehingga dapat mengurangi populasi bakteri pembentuk kerak gigi. Baking soda juga membantu memutihkan dan mencerahkan gigi Anda.

Basahi sikat gigi Anda, kemudian letakkan sejumlah kecil baking soda di atasnya, lalu gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa. Setelah itu, berkumurlah dengan air suam-suam kuku. Atau, campurkan 1 sendok teh garam dengan 2 sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi yang telah dibasahi sebelumnya ke campuran tersebut, lalu gunakan untuk menyikat gigi. Praktikkan cara ini satu atau dua kali dalam seminggu. Mengapa tidak setiap hari? Baking soda dapat menggerus enamel gigi, sehingga tidak baik jika digunakan secara berlebihan.

  • Jambu biji

Jambu biji, baik daun maupun buahnya, merupakan bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kerak gigi yang efektif. Jambu biji juga mengandung zat anti peradangan dan anti nyeri alami sehingga juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi atau gusi bengkak.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi pembentukan kerak gigi karena aktivitas antibakterinya yang mencegah bakteri membentuk lapisan pada gigi. Cara menggunakan jambu biji untuk menghilangkan kerak gigi adalah: cuci bersih daun jambu biji muda dan kunyah hingga lembut, kemudian ludahkan. Lakukan cara ini setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengambil sepotong jambu biji yang masih mentah, taburkan garam di atasnya, lalu kunyah perlahan. Cara ini dapat Anda lakukan 1 atau 2 kali sehari selama beberapa hari.

  • Lidah buaya

Anda mungkin telah familiar dengan manfaat aloe vera atau lidah buaya untuk merawat rambut, tapi siapa yang menyangka bahwa lidah buaya juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kerak gigi. Kandungan antimikroba dalam lidah buaya dapat mencegah pembentukan kerak gigi sekaligus menghilangkan bau mulut.

Cara menggunakan lidah buaya untuk merontokkan kerak gigi cukup mudah. Potong sehelai daun lidah buaya, lalu ambil getahnya. Oleskan getah lidah buaya tersebut pada gigi dan perbatasan antara gigi dengan gusi. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin. Praktikkan cara ini dua kali sehari.

  • Tomat dan strawberry

Cara menghilangkan kerak gigi yang berikutnya adalah menggunakan tomat dan strawberry. Gosokkan kedua jenis buah tersebut secara langsung pada gigi Anda, dan biarkan selama 5 menit. Kerak gigi Anda perlahan akan melunak. Setelah itu, bilas bagian dalam mulut dengan air hangat yang telah diberi baking soda untuk mengangkat kerak gigi yang sudah rontok. Selain tomat dan strawberry, Anda juga dapat menggunakan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin C lainnya seperti buah berry, lemon, pepaya, dan jeruk dengan cara yang sama.

Cara menghilangkan kerak gigi seperti yang disebutkan di atas dapat Anda optimalkan dengan sebisa mungkin menghindari makanan dan minuman manis seperti permen, cokelat, camilan atau kue berlapis gula atau cokelat, dan minuman bersoda. Jika Anda menghendaki camilan, pilihlah camilan sehat seperti yoghurt tanpa perasa dan pemanis tambahan, buah, atau sayuran mentah. Tidak ketinggalan, periksakan gigi Anda setidaknya 6 bulan sekali. Kalaupun tidak ada masalah pada gigi Anda, kesempatan itu dapat Anda pergunakan untuk membersihkan kerak gigi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *