invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Menghilangkan Insomnia tanpa Perlu Obat

Cara menghilangkan insomnia sesungguhnya ada banyak cara, mulai dari yang alami hingga mengonsumsi obat-obat tertentu. Insomnia tak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun juga remaja dan lansia dengan berbagai derajat keparahan. Mengalami insomnia tentu saja sangat mengganggu. Selain tubuh menjadi kurang fit dan bugar, pikiran pun juga kurang fresh. Kondisi insomnia pun sering membuat frustrasi. Tak jarang penderita insomnia mengeluhkan menurunnya daya konsentrasi dan meningkatnya tingkat kepenatan yang makin parah saja.

Ketahui Terlebih Dahulu Hal Apa Saja yang Membuat Anda Sulit Tidur

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa insomnia lebih banyak ditemukan menyerang orang dewasa khususnya perempuan. Hal ini disebabkan karena perempuan lebih sering mengalami tekanan medis dan psikologis yang jauh lebih besar ketimbang laki-laki. Di Amerika bahkan tak sedikit masyarakat yang rela merogoh sakunya menghabiskan ratusan juta dollar per tahun demi mengatasi insomnia ini.

Banyak hal yang lantas disebut-sebut sebagai penyebab insomnia ini di antaranya bersumber dari faktor fisik, psikologis (mental), juga emosional. Ditinjau dari segi fisik, insomnia bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang tak sehat. Selain itu, insomnia bisa juga ditimbulkan karena sistem pencernaan  yang lemah bahkan kadang muncul rasa panas dalam perut, kembung, juga diare.

Jika dilihat dari segi psikologis (mental), insomnia bisa disebabkan karena ketidakmampuan untuk melepaskan peristiwa atau pegalaman tertentu yang kurang menyenangkan. Entah tragedi bencana atau mungkin perbuatan tidak menyenangkan dari seseorang yang masih mengusik batin.

Terakhir jika dilihat dari segi emosional, insomnia bisa muncul karena kambuhnya perasaan semacam sedih, kecewa, marah, yang telah lama terpendam atas suatu peristiwa. Emosi tersebut tak terolah secara baik hingga kadang muncul tanpa alasan yang jelas. Kedua fakor terakhir ini (psikologi dan emosional) adalah yang disebut paling sering menjadi penyebab utama insomnia.

Dalam teori lain juga disebutkan bahwa kemunculan stress yang tidak terkelola dengan baik akan banyak berdampak pada tubuh salah satunya menimbulkan insomnia. Selain stress, kecemasan, kegelisahan, kecemasan, depresi, dan rasa takut juga menjadi salah sekian hal dari penyebab insomnia.

Berbagai Cara Menghilangkan Insomnia yang Dapat Anda Lakukan

Bagi penderita insomnia sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat tertentu tanpa sengetahuan dokter. Hal ini dilandasi karena kekhawatiran bagi yang telah terlalu sering mengonsumsi obat justru akan menimbulkan kecanduan, pikiran terganggu, pikun, bahkan hingga munculnya gangguan pada organ tubuh dan lainnya.

Bagi penderita insomnia akut, yakni insomnia yang berlangsung selama satu hingga beberapa hari saja dikarenakan stress, pengobatan bisa dilakukan dengan mencari atau menelusuri penyebab stress sekaligus mengatasinya. Bagi penderita insomnia kronis, yakni insomnia yang berlangsung dalam tempo lama (pekan hingga bulan), membutuhkan berbagai cara menghilangkan insomnia yang harus dilakukan secara bertahap dan rutin, di antaranya sebagai berikut:

1. Teknik relaksasi

Penyebab sulit tidur berupa perasaan gelisah dapat diatasi dengan upaya relaksasi seperti melakukan yoga, meditasi, serta hipnotis. Selain mengatasi kesulitan tidur, teknik relaksasi juga bermanfaat untuk meningkatkan waktu tidur, dan mengurangi seseorang terjaga di malam hari.

2. Teknik herbal

Ada beberapa obat herbal yang biasa direkomendasikan untuk mengatasi insomnia. Beberapa di antaranya yakni: kopi homeopati, akar valerian, passionflower, hops, lemon balm, lavender flower, motherwort, dan lainnya. Jenis herba tersebut dapat memberikan efek relaksasi sehingga akan membantu tubuh beristirahat.

Selain itu, ada juga daun mint yang sering disebut-sebut mampu memberi kesan rileks pada otot, menurunkan tekanan darah, sehingga cukup efektif mengatasi insomnia akibat tekanan darah tinggi. Cara mengonsumsinya cukup simpel yakni dengan menyeduh 5 gram daun mint kering dalam 250 ml air.

Obat herbal lain yang direkomendasikan yakni biji pala. Biji pala memiliki kandungan senyawa myristicin yang bersifat merangsang tidur. Cara mengonsumsinya pun simpel, bisa diseduh, bisa juga dengan mencampurkan satu sendok teh biji pala dengan satu atau dua tetes air lalu dioleskan pada kening sebelum tidur.

Cara menghilangkan insomnia yang disebabkan karena adanya gangguan dalam sistem pencernaan bisa diatasi dengan adas. Cara mengonsumsinya mudah yakni cukup merebus dua gram biji adas dalam 250 ml air selama 15 menit, dinginkan, saring, dan minum. Konsumsi adas sebaiknya rutin setidaknya tiga kali dalam sehari.

Selain itu masih ada cara menghilangkan insomnia lainnya yakni dengan teh charmomile dan ekstrak suplemen vallerian. Penggunaan minyak lavender baik yang digunakan sebelum tidur ataupun untuk pemijatan mampu mengurangi tingkat kegelisahan dan memberikan kesan nyaman.

3. Terapi kontrol stimulus

Cara menghilangkan insomnia selanjutnya yakni dengan terapi kontrol stimulus. Teknik ini membiasakan penggunaan kamar tidur hanya untuk tidur saja. Hal ini dikarenakan banyak yang menjadikan tempat tidur sebagai tempat bermalas-malasan, bukan sebagai tempat tidur. Jadi, melalui teknik ini, sesiapa pun diharapkan hanya ke kamar tidur untuk tidur saja. Waktu bangun pun juga diupayakan harus dalam waktu yang sama setiap harinya.

Teknik ini dirasakan banyak memberikan dampak keberhasilan yang cukup bagus. Hanya saja, teknik ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini justru yang sering banyak membuat tidak sabar.

Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur yang baik dan berkualitas sebenarnya bisa diupayakan untuk mencapainya. Ada beberapa tips yang akan coba kami bagi di sini:

1. Buat suasana yang nyaman

Sebisa mungkin buat kamar tidur yang hening, memberi kesan nyaman, dan memudahkan tidur. Hindari sinar atau cahaya yang menyilaukan atau bunyi yang mengganggu. Lebih baik tidur dalam kondisi ruangan gelap atau jika tidak, boleh menggunakan lampu tidur. Hormon yang bekerja untuk kenyamanan tidur lebih bisa berfungsi maksimal dalam kondisi gelap.

Selain itu jaga kebersihan kamar tidur Anda. Kenyamanan tidur juga dipengaruhi dari kebersihan ruang tidur. Upayakan setidaknya seminggu sekali untuk mengganti sprei kamar.

2. Rileks dalam pikiran

Jangan membawa rasa cemas maupun khawatir dalam tidur. Upayakan bahwa apa yang telah Anda jalani adalah upaya terbaik sehingga tidak mengganggu pikiran Anda menjelang tidur. Dalam mengambil keputusan misalnya, putuskan secara teliti agar tidak mengganggu pikiran Anda.

3. Berpikiran santai

Santai di sini bukan lantas abai pada setiap tindakan kita. Dalam bekerja sehari-hari, kadang terdapat banyak tuntutan hingga akhirnya membuat sering begadang dan mengacaukan jam tidur. Meski tuntutan kerja beragam, pikiran harus tetap diupayakan santai salah satunya dengan mencoba mandi air hangat, minum segelas susu, menghindari rokok, kopi, alkohol, dan lainnya.

4. Lakukan rutinitas sebelum tidur

Ciptakan sebuah kebiasaan menjelang waktu tidur Anda, misalnya mengunci pintu, menggosok gigi, mematikan lampu, dan lainnya. Hal ini merupakan cara jitu untuk memberitahu diri Anda sendiri bahwa waktu tidur telah datang. Secara tidak langsung, tubuh akan merespon dengan mempersiapkan diri untuk menyambut tidur. Upayakan juga untuk bangun di waktu yang sama meskipun Anda tidak tentu waktu mulai tidurnya. Hal ini diupayakan agar jatah tidur Anda tidak terusik.

5. Konsumsi makanan yang sehat

Meski insomnia lebih sering disebabkan karena faktor psikologis, mengatur konsumsi makan pun juga penting diperhatikan. Disarankan penderita insomnia mengonsumsi makanan yang banyak mengandung tembaga, besi, dan magnesium. Namun bagi yang memiliki gangguan jantung sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Stop konsumsi kafein, alkohol, dan rokok.

Demikian tadi beberapa penjelasan terkait cara menghilangkan insomnia. Dapat disimpulkan bahwa faktor pikiran atau psikologislah yang banyak mengambil peran sebagai penyebab insomnia ini. Oleh karena itu, sangat penting mengelola pikiran agar selalu santai dan rileks .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *