invisible bg invisible ico

Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan dengan Cepat

Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan dengan CepatBagi Anda yang ingin mengetahui cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara cepat dan efektif namun menggunakan cara yang alami maka sempatkan waktu untuk membaca artikel berikut ini. Anda tentunya pernah mengalami batuk berdahak, di mana terdapat lendir atau cairan kental di dalam tenggorokan atau yang disebut dahak. Dahak tersebut seringkali susah untuk dikeluarkan sehingga sangat menyiksa. Keluhan yang dirasakan antara lain yaitu suara serak, sakit saat menelan, rasa pahit di lidah dan kerongkongan, tenggorokan gatal, batuk yang tidak kunjung sembuh, dan dapat disertai dengan demam bahkan bisa sampai sesak nafas.

Batuk berdahak dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain yaitu masuknya bakteri atau virus ke saluran pernafasan, alergi makanan, faktor lingkungan yang kurang sehat, asap rokok, debu, asap kendaraan bermotor, maupun faktor cuaca. Walaupun kelihatannya sepele, namun menderita batuk berdahak tentunya sangat mengganggu aktifitas. Bahkan pada beberapa kasus, akibat terlalu banyaknya dahak di tenggorokan dapat menghambat jalan nafas sehingga seseorang sulit bernafas. Oleh karena itu sebaiknya Anda sebisa mungkin untuk menghilangkan dahak di tenggorokan agar pernafasan menjadi lega.

Berbagai Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan dengan Mudah

Produksi dahak yang berlebihan, selain mengganggu diri sendiri juga dapat mengganggu orang lain. Apalagi jika dahak tersebut diakibatkan karena infeksi virus atau bakteri maka dapat menular ke orang lain melalui cipratan dahak (droplet) yang keluar ketika batuk. Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan berbagai cara menghilangkan dahak di tenggorokan berikut ini:

1. Jeruk nipis

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang pertama yaitu menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan vitamin C sehingga berperan untuk membunuh kuman penyakit dan meningkatkan imunitas tubuh. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 buah jeruk nipis, belah menjadi 2 bagian kemudian peras untuk diambil airnya. Masukkan perasan jeruk nipis tersebut dalam 1 gelas air hangat, tambahkan gula atau madu secukupnya sebagai manis. Minum ramuan tersebut selagi hangat dan lakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam sehari.

2. Jahe

Anda tentunya sudah sering mendengar manfaat jahe untuk kesehatan terutama untuk mengobati berbagai penyakit saluran pernafasan, termasuk untuk menghilangkan dahak di tenggorokan. Jahe mempunyai khasiat untuk melawan kuman penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu rasa jahe yang agak panas dan pedas mempunyai efek melegakan tenggorokan. Cara membuatnya yaitu siapkan 2 ruas jahe, cuci sampai bersih, lalu digepuk sedikit agar aroma alaminya keluar. Setelah itu masukkan jahe tersebut pada 1 gelas air panas dan tambahkan sedikit gula atau madu sebagai pemanis. Minumlah secara teratur 2 kali sehari maka batuk berdahak yang Anda derita akan segera sembuh.

3. Daun mint

Daun mint merupakan jenis tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bahan obat batuk penghilang dahak. Anda pun dapat membuatnya sendiri secara alami. Cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan daun mint yaitu siapkan beberapa lembar daun mint, dicuci sampai bersih, lalu masukkan ke dalam 1 gelas berisi air panas. Tunggu beberapa saat, kemudian minum selagi hangat. Minum ramuan ini secara teratur maka tenggorokan dan pernafasan Anda akan segera lega.

4. Kunyit

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang berikutnya yaitu dengan menggunakan bahan kunyit. Kunyit dikenal memiliki zat antibiotik alami dan anti oksidan sehingga efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak. Cara membuatnya yaitu siapkan beberapa ruas kunyit, dikupas, lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu kunyit diparut, tambahkan sedikit saja air hangat, lalu diperas. Kemudian campurkan perasan kunyit tersebut pada ½ gelas air panas, dan tambahkan madu sebagai pemanis. Tunggu beberapa saat, lalu minumlah selagi hangat. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam sehari.

5. Air garam

Garam mempunyai sifat mengikat cairan dan melawan bakteri. Oleh karena itu berkumur menggunakan air garam bermanfaat untuk menarik lendir yang ada di tenggorokan sekaligus untuk membunuh kuman penyakit penyebab batuk berdahak. Caranya yaitu siapkan 1 gelas air hangat lalu masukkan 1 sendok teh garam dapur, aduk hingga rata. Kemudian gunakan untuk berkumur-kumur dan lakukan secara teratur 2 kali dalam sehari.

6. Terapi uap

Untuk menghilangkan dahak di tenggorokan, Anda juga dapat menggunakan terapi uap. Cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan terapi uap yaitu siapkan baskom berisi air panas, lalu masukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom tersebut. Kemudian dekatkan wajah Anda ke baskom dan bernafaslah secara wajar. Dengan melakukan terapi uap ini maka dahak akan menjadi lebih encer dan pernafasan menjadi lega.

7. Banyak minum air putih

Anda juga dapat menghilangkan dahak di tenggorokan dengan cara banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih maka dapat mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan. Selain itu asupan air putih juga dapat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar metabolisme. Pada waktu menderita batuk berdahak, maka sebaiknya minumlah air putih dalam keadaan hangat.

8. Batuk efektif

Batuk efektif merupakan suatu cara mengeluarkan dahak di tenggorokan melalui metode batuk yang benar. Dengan cara batuk yang benar maka dahak pun dapat dikeluarkan secara efektif dalam jumlah yang cukup banyak sehingga saluran pernafasan akan menjadi lega. Caranya yaitu ambil nafas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Lakukan sebanyak 2 kali. Kemudian pada hirupan nafas yang ketiga, tahan sekitar 3 detik lalu batukkan dengan kuat 2 sampai 3 kali berturut-turut tanpa menghirup nafas. Pada waktu batuk tersebut otomatis dahak akan keluar dalam jumlah yang cukup banyak, maka tampung pada wadah atau tisu kemudian buang di tempat yang aman.

Selain mengetahui cara menghilangkan dahak di tenggorokan seperti yang telah diterangkan di atas, hal yang tidak kalah penting yaitu upaya pencegahannya. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah batuk berdahak antara lain yaitu dengan menghindari debu, asap pabrik, asap kendaraan bermotor. Ketika berada di wilayah dengan polusi udara cukup tinggi maka gunakanlah selalu masker anti polusi. Selain itu hindari juga asap rokok, bagi perokok aktif segera hentikan kebiasaan merokok dan bagi yang tidak merokok sebaiknya jangan dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok. Sebaiknya kurangi makanan yang banyak yang banyak mengandung minyak dan penyedap rasa.

Anda sebaiknya juga mencegah penularan batuk berdahak yang disebabkan karena infeksi virus atau bakteri. Bagi yang sedang menderita batuk maka tutuplah mulut menggunakan sapu tangan atau tisu agar kumannya tidak menyebar ke mana-mana. Dan bagi Anda yang sehat gunakan pelindung masker terutama ketika berada di daerah yang terdapat kerumunan orang banyak karena berpotensi terjadi penularan kuman penyebab batuk berdahak. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur, serta lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap kuman penyakit. Jika batuk berdahak yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau bertambah parah, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk dicari penyebabnya dan mendapatkan pengobatan secara tepat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *