invisible bg invisible ico

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dengan Bahan Alami Yang Mudah Dan CepatNyamuk merupakan salah satu hewan yang sangat mengganggu lantaran bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi manusia. Diantaranya yaitu demam berdarah, malaria, dan chikungunya serta jenis penyakit lainnya. Lalu meski ada beberapa nyamuk yang tidak menyebabkan penyakit, banyak orang tetap sebal kepada hewan satu ini karena sering mengakibatkan bekas luka di kulit yang tak kunjung hilang, terlebih untuk bayi. Karena itu, untuk menghilangkan bekas tersebut perlu dicari cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan cepat.

Perlu diketahui pula bahwa selain membekas, gigitan dari nyamuk juga mengakibatkan rasa gatal yang dan memunculkan bentol pada area tubuh yang terkena gigitan. Biasanya juga disertai dengan munculnya warna kemarahan pada permukaan kulit yang selang beberapa jam kemudian berubah menjadi noda hitam.

Proses terjadinya bentol atau kemerahan pada kulit ini karena saat nyamuk menggigit seseorang, ia mengeluarkan senyawa zat anti pembekuan darah atau anti koagulan yang mana memicu terjadi alergi atau berupa reaksi kemerahan dan bentol tersebut. Hal semacam ini tentunya bisa terjadi kepada siapa saja, dari golongan usia mana pun. Namun tentunya jika terjadi kepada bayi maka bekasnya akan lebih buruk dibanding orang dewasa.

Hal ini dikarenakan kulit bayi sangatlah lembut dan sensitif, berbeda dengan orang dewasa. Jadi jika ada rangsangan dari luar misalnya cubitan, gesekan, sentuhan, bahkan gigitan nyamuk maka respon yang diberikan akan lebih merah dengan jumlah yang lebih banyak atau lebih besar. Dengan melihat hal semacam ini pada kulit bayi, meski tidak berbahaya namun bekas gigitan yang tidak diatasi dengan baik bisa saja menjadi permanen untuk kehidupan bayi di masa depan.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dengan Bahan Alami

Oleh karena itulah cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk atau luka menjadi penting sekali agar kecantikan kulit, kemulusan, serta keindahan kulit bayi terjaga hingga dewasa kelak. Untuk itu, para ibu wajib tahu beberapa cara menghilangkan bekas luka pada bayi yang alami agar aman digunakan bayi namun tetap efektif untuk membuat kulitnya kembali utuh seperti semula.

  • Menggunakan Kulit Kentang

Cara pertama untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yaitu dengan menggunakan kulit kentang. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan zat potassium dan vitamin C yang bagus untuk membuat bekas luka menjadi hilang atau samar. Ada banyak bekas luka yang bisa disembuhkan dengan kulit kentang ini, salah satunya yaitu bekas gigitan nyamuk.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengupas kentang lalu mengambil kulit atau bagian dalam kulit kentang tersebut. Setelah itu, kulit kentang langsung dioleskan pada gigitan nyamuk atau bintik-bintik merah. Cara ini tentunya sangat aman karena menggunakan bahan yang alami sehingga bisa dilakukan kapan pun dan rutin kepada bayi sehingga bekas gigitan nyamuk tersebut hilang secara permanen.

  • Menggunakan Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi berikutnya yaitu dengan menggunakan dapur bawang putih atau pun bawang putih. Hal ini dikarenakan bahan bumbu masakan yang satu ini memiliki mengandung senyawa anti bakteri yang sangat bagus untuk mengobati luka, salah satunya luka akibat gigitan nyamuk dan alergi.

Cara penggunaanya pun sangat gampang yaitu dengan membelah bawang merah atau bawang putih, lalu mengambil bagian dalamnya untuk kemudian dioleskan pada bekas gigitan. Saat mengoleskan akan bagus jika saat bayi tertidur agar tidak rewel dan tentunya harus melakukannya secara hati-hati dan perlahan karena kulit bayi tentunya lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa. Cara ini juga sangat aman, dan bisa diulang selama dua kali dalam satu hari untuk hasil maksimal.

  • Menggunakan Gel Lidah Buaya

Cara ketiga untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya. Hal ini dikarenakan tanaman yang memang dikenal banyak manfaat ini memiliki kandungan aloesin. Sifat aloesin yang anti radang tentunya sangat baik meredakan bentol-bentol merah karena gigitan nyamuk pada kulit bayi. Kandungan lidah buaya, khususnya gel-nya ini memang sudah diketahui merupakan penyembuh luka yang bagus termasuk luka karena gigitan nyamuk.

Cara menggunakannya pun sangat praktis dan pastinya aman karena ini merupakan bahan alami seperti kentang dan bawang. Yang pertama tentunya menyediakan setangkai lidah buaya, lalu memotongnya. Lalu dengan menggunakan sendok, gel lidah buaya tersebut diambil dan ditempatkan pada wadah atau mangkuk untuk menampungnya. Setelah itu, gel siap digunakan dan dioleskan ke bekas gigitan nyamuk dan bisa diulang hingga bekas tersebut hilang.

  • Menggunakan Kulit Pisang

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi berikutnya yaitu menggunakan kulit pisang. Hal ini dikarenakan selain merupakan sumber karbohidrat, pisang terutama kulitnya memang dikenal sebagai pengobat luka bekas gigitan nyamuk untuk bayi yang aman dan alami.

Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu dengan mengambil kulit buah pisang yang sudah matang, lalu mengoleskannya kepada bekas gigitan nyamuk secara hati-hati dan perlahan. Hal ini juga tentunya bisa diulang sampai bekas tersebut hilang secara permanen dari kulit bayi.

  • Menggunakan Perasan Lemon

Cara untuk menghilangkan bekas luka karena gigitan nyamuk berikutnya yaitu dengan menggunakan perasan lemon. Hal ini dikarenakan lemon memang dikenal sebagai sumber vitamin C yang tinggi dan juga memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu untuk menghilangkan bekas luka karena gigitan hewan menyebalkan seperti nyamuk ini.

Cara penggunaanya pun sangat mudah yaitu dengan mengambil buah lemon lalu membelahnya. Setelah itu lalu memeras buah lemon tersebut dan menempatkannya pada wadah atau mangkuk kecil. Untuk mengoleskan perasan air lemon kepada luka atau bekas gigitan nyamuk di tangan bayi, bisa dibantu menggunakan kapas. Cara ini tentunya juga bisa dilakukan berulang saat bayi tidur agar tidak rewel.

  • Menggunakan Madu

Cara yang terakhir untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yaitu dengan menggunakan madu. Memang seperti yang kita tahu madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan termasuk salah satunya yaitu untuk menghilangkan bekas luka, termasuk luka karena gigitan nyamuk.

Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu dengan mengambil madu dan langsung mengoleskannya pada kulit yang digigit nyamuk tersebut. Namun sebaiknya hal ini memang dilakukan saat bayi tertidur sehingga agar hasil efektif madu ditunggu dulu hingga kering dan diserap oleh kulit sebelum dibersihkan.

Demikian beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang bisa dilakukan dengan mudah. Selain melakukan hal diatas, cara agar nyamuk tidak menyerang bayi yaitu dengan menutupi jendela serta pintu menggunakan kasa atau kawat, menggunakan minyak telon pengusir nyamuk, menggunakan bubuk abate untuk tempat penampungan air, menggunakan kelambu untuk tidur, serta menanam bunga lavender di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *