invisible bg invisible ico

Cara Menghilangkan Amandel dengan Bahan Herbal Alami

Cara Menghilangkan Amandel dengan Bahan Alami yang Mudah Didapatkan

Berbicara tentang cara menghilangkan amandel, mungkin banyak orang yang mengetahui bahwa salah satu caranya adalah dengan melalui pengobatan medis. Hal ini karena letak amandel yang berada di bagian pangkal mulut sehingga lebih susah untuk dijangkau. Meski demikian, untuk Anda yang takut mengalami operasi untuk menghilangkan atau mengangkat amandel, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk menghilangkan amandel dengan mudah.

Cara Menghilangkan Amandel dengan Bahan Alami

Untuk bahan alami sebagai cara menghilangkan amandel, Anda dapat dengan mudah menemukannya. Hal ini karena beberapa bahan alami berikut adalah bahan yang biasanya digunakan sebagai tambahan racikan masakan rumah tangga. Penasaran? Berikut bahan alami yang dapat Anda gunakan.

  • Jeruk Nipis dan Kapur Sirih

Jeruk nipis merupakan bahan pertama yang dapat membantu anda menyembuhkan penyakit amandel yang anda derita. Hal ini karena berbagai kandungan dalam jeruk nipis dapat membuat infeksi serta peradangan yang terdapat pada amandel dapat berkurang. Adapun kandungan bermanfaat tersebut adalah vitamin C.

Untuk membuat obat amandel dari jeruk nipis, Anda dapat mencampurkannya dengan kapur sirih. Cara yang dapat Anda lakukan adalah peras 2 buah jeruk nipis dan tuangkan dalam sebuah wadah. Setelah itu, campurkan air hasil perasan jeruk nipis tersebut dengan kapur sirih. Aduk hingga merata dan minumlah dengan teratur setidaknya selama dua hingga tiga kali dalam 1 minggu.

  • Daun Benalu

Cara menghilangkan amandel yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun benalu. Daun benalu dapat diperoleh di pohon mangga atau jeruk nipis. Daun benalu adalah tanaman yang tumbuh dengan menumpang di batang pohon.

Adapun cara membuat ramuan amandel dari obat alami berupa daun benalu adalah Anda perlu menumbuk daun benalu hingga halus. Setelah itu, seduh tumbukan daun benalu tersebut dengan air panas kira-kira sebanyak 200 ml. Selanjutnya, saring dan minum air tersebut secara rutin.

  • Jahe

Siapa yang meragukan khasiat bahan alami yang satu ini? Ya, jahe juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat meredakan segala gejala penyakit yang menyerang tubuh. Sifat hangat yang diberikan oleh jahe selain dapat meredakan rasa sakit pada amandel, juga dapat menghilangkan amandel apabila dikonsumsi secara teratur.

Adapun cara menghilangkan amandel dengan jahe adalah siapkan 2 ruas jahe. Memarkan jahe tersebut dan seduh dengan air mendidih. Tunggu hingga agak dingin dan minumlah. Namun sebelum diminum, biarkan air rebusan jahe di dalam tenggorokan sejenak. Untuk hasil terbaik, Anda dapat mencampurkan air rebusan jahe tersebut dengan madu murni.

  • Buah Mengkudu

Meskipun terkenal sebagai buah yang memiliki rasa kurang enak, namun mengkudu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai obat alami menghilangkan amandel. Adapun cara menghilangkan amandel dengan buah mengkudu adalah siapkan 1 – 2 buah mengkudu matang. Setelah itu, peras dan saring air dari buah mengkudu tersebut. Untuk hasil terbaik, Anda dapat menambahkan madu di dalamnya.

  • Bawang Merah

Bahan alami selanjutnya adalah bawang merah. Seperti yang kita tahu bahwa bawang merah memiliki sifat anti inflamasi. Dalam arti bawang merah dapat membantu meredakan peradangan dan rasa panas yang timbul akibat amandel di tenggorokan. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit amandel yang Anda derita.

Caranya, Anda hanya perlu mengupas 1 – 2 siung bawang merah dan mengunyahnya mentah-mentah dan kemudian menelannya. Rasanya mungkin memang tidak enak namun bahan alami ini akan membantu menghilangkan amandel. Untuk menghilangkan rasa khas dari bawang merah, setelah menelannya, Anda dapat meminum air putih hingga aroma dan rasa bawang merah tersebut hilang.

  • Kulit Manggis

Di antara berbagai buah-buahan, kulit manggis menjadi salah satu bahan yang terbukti ampuh dalam mengatasi beragam penyakit, termasuk amandel. Cara membuatnya pun relatif mudah dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Untuk mengatasi amandel dengan kulit manggis, setidaknya Anda harus menyiapkan 10 kulit manggis yang telah dikeringkan. Setelah itu, rebus dengan air mendidih. Diamkan sejenak hingga dingin. Gunakan rebusan air kulit manggis untuk berkumur, dan jangan diminum. Lakukan cara ini pada pagi dan sore hari hingga amandel yang Anda derita kempes dan hilang.

Setidaknya itulah beberapa cara menghilangkan amandel dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Hal yang perlu diingat adalah ramuan di atas akan sangat manjur untuk mengatasi penyakit amandel yang belum begitu parah. Apabila ternyata amandel yang Anda miliki sudah masuk dalam tingkat kronis, maka satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan pergi ke dokter dan melakukan operasi pengangkatan amandel.

Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Membantu Proses Penyembuhan Amandel

Setelah mengetahui bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan amandel, Anda pun harus memahami tentang langkah-langkah lain yang dapat membantu proses penyembuhan amandel tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi Makanan Sehat

Sebagai jenis penyakit yang menyerang tenggorokan dan mulut, tentu asupan gizi dan vitamin pada makanan juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita amandel, sangat disarankan untuk tetap memilih aneka makanan yang kaya akan serat, gizi, dan vitamin. Jauhi makanan tidak sehat seperti junk food hingga amandel benar-benar hilang.

  • Istirahat yang Cukup

Cara menghilangkan amandel selanjutnya adalah dengan istirahat cukup. Seperti yang kita tahu bahwa tubuh membutuhkan waktu istirahat agar daya tahan tubuh serta stamina tetap terjaga. Hal ini juga akan membantu agar penyakit amandel yang Anda derita tidak semakin parah.

  • Jangan Konsumsi Makanan Panas dan Pedas

Makanan yang bersifat pedas dan panas tentu akan membuat kondisi amandel semakin parah. Untuk itu, Anda harus menghindari segala bentuk makanan yang bersifat pedas dan panas. Selain itu, jauhi juga makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi agar proses penyembuhan amandel dapat berjalan dengan lancar.

  • Jangan Konsumsi Es

Selain makanan yang pedas dan panas, amandel juga sangat sensitif terhadap segala jenis minuman yang bersifat dingin, yang masuk ke dalam tubuh. Inilah alasan yang menyebabkan penderita amandel disarankan untuk berhenti mengkonsumsi es hingga amandel benar-benar sembuh total.

Tanda-Tanda Anda Menderita Sakit Amandel

Seperti halnya penyakit lainnya, amandel pun memiliki beberapa tanda atau gejala yang akan dirasakan oleh penderitanya. Pertama, penderita akan merasakan sakit di bagian kerongkongan ketika menelan minuman maupun makanan. Kedua, penderita sering merasakan sakit kepala terutama setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat dingin, pedas, dan panas. (baca juga: waspadai ciri-ciri amandel yang meradang berikut ini)

Ketiga, pada kondisi amandel yang memasuki fase kronis, maka penderita akan mengalami demam dan peningkatan suhu tubuh yang drastis. Keempat, munculnya pembengkakan pada area leher dan raham. Hal ini karena terdapat kelenjar bening yang muncul karena amandel dan rasanya akan sangat sakit ketika tersentuh. Dan yang kelima adalah suara perlahan akan mengecil serta terdengar kurang jelas. Apabila Anda mengalami beberapa tanda tersebut, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. (baca juga: kenali penyebab amandel berikut ini untuk pencegahan dini)

Demikian sedikit ulasan tentang cara menghilangkan amandel dengan bahan alami yang dapat Anda aplikasikan untuk meredakan dan mencegah kondisi amandel menjadi semakin parah. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *