invisible bg invisible ico

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Metode Sederhana

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Metode SederhanaCara mengetahui kehamilan adalah hal yang harus dipahami oleh setiap wanita. Pasalnya kehamilan yang dialami oleh seorang wanita merupakan karunia yang diberikan oleh Tuhan kepadanya. Untuk mengetahui tentang kehamilan, sebenarnya terdapat beragam cara yang dapat dilakukan, bahkan tanpa menggunakan test pack sekalipun. Anda dapat memeriksa kondisi tubuh apakah sedang hamil atau tidak dengan metode sederhana yang akan diulas pada kesempatan kali ini.

Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Menggunakan Test Pack

Seperti yang kita tahu, test pack memang menjadi salah satu alat untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Namun bagi sebagian wanita, membeli test pack dinilai terlalu merepotkan karena pada dasarnya tanda-tanda kehamilan pun dapat dirasakan. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara mengetahui kehamilan tanpa menggunakan test pack:

  • Melihat Busa pada Urine

Cara pertama yang tentu dapat Anda lakukan sendiri di rumah adalah dengan melihat warna urine. Anda cukup mengumpulkan urine atau air seni ke dalam sebuah wadah bening atau botol. Setelah itu, biarkan selama 4 hingga 5 jam. Perhatikan dengan seksama urine tersebut. Apabila berwarna bening dan muncul banyak sekali busa berwarna putih di atas permukaan urine, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil. Tes ini pun dinilai cukup akurat.

  • Merasakan Tanda-Tanda Kehamilan pada Umumnya

Berbicara tentang kehamilan, tentu setiap wanita akan merasakan tanda-tanda kehamilan seperti telat datang bulan, mengalami morning sickness atau mual-mual, lebih sensitif terhadap aroma di sekitar, hingga terjadi peningkatan berat badan. Ketika Anda mengalami hal tersebut, maka dapat dipastikan bahwa Anda sedang berada dalam kondisi hamil.

  • Metode Pengujian Pasta Gigi

Sebagian dari Anda mungkin masih belum begitu familiar dengan cara mengetahui kehamilan yang satu ini. Padahal cara ini juga dapat memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Caranya, ambil beberapa tetes air seni atau urine dan letakkan pada sebuah wadah. Setelah itu, tuangkan pasta gigi secukupnya ke dalam wadah tersebut. Biarkan selama 30 menit dan lihat hasilnya. Apabila pasta gigi berubah menjadi lebih berbusa atau berwarna biru, maka Anda positif hamil.

  • Tes Gula

Metode alami lain yang dapat dilakukan adalah tes gula. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengumpulkan urine dalam sebuah wadah. Setelah itu, campurkan 3 sendok makan gula di dalamnya. Biarkan selama kurang lebih 1 – 2 jam. Apabila gula tersebut tidak dapat larut dalam urine, maka kemungkinan Anda sedang hamil.

  • Pengujian dengan Bunga Dandelion

Apakah Anda tahu bunga dandelion? Bunga yang satu ini sangat mudah ditemukan terutama di daerah persawahan. Uniknya, bunga dandelion pun dapat digunakan sebagai alat untuk menguji kehamilan. Caranya, ambil beberapa bunga dandelion. Setelah itu, rendam dandelion pada urine yang sebelumnya telah dikumpulkan dalam sebuah wadah. Tunggu selama beberapa menit. Apabila nantinya terjadi perubahan warna pada bunga, yang awalnya putih menjadi merah, maka hal tersebut menjadi indikasi bahwa Anda positif hamil.

  • Pengujian dengan Cuka dan Tuna

Cara mengetahui kehamilan yang selanjutnya adalah dengan cuka dan daging ikan tuna. Bagaimana caranya? Pertama, kumpulkan air urine dalam mangkuk atau wadah lainnya. Kedua, ambil daging ikan tuna secukupnya dan tumbuk hingga halus.

Langkah ketiga, campurkan tumbukan daging ikan tuna serta cairan cuka. Namun pastikan jumlah tumbukan tuna dan cuka memiliki jumlah yang sama. Tunggu selama 20 menit. Apabila semua campuran tersebut berubah warna menjadi hijau, maka tandanya Anda positif hamil. Sedangkan apabila warnanya berubah menjadi orange atau tetap kuning, maka hasilnya adalah negatif.

Itulah beberapa cara mengetahui kehamilan dengan metode yang sangat mudah dilakukan, bahkan di rumah sekalipun. Meskipun hasil yang diberikan dari metode di atas terbilang cukup akurat, namun alangkah baiknya apabila Anda tetap berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat. (baca juga: ketahui berbagai cara menghitung usia kehamilan yang mudah)

Langkah Mengetahui Kehamilan dengan Memerhatikan Tanda Fisik

Jika langkah-langkah di atas merupakan langkah dalam menguji kehamilan dengan melihat hasil campuran beberapa bahan dengan urine, maka cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui kehamilan adalah memerhatikan kondisi fisik yang Anda rasakan. Sebagian besar wanita hamil akan merasakan beberapa perubahan pada kondisi fisik seperti:

  • Nyeri di Bagian Dada

Setiap wanita pasti sudah sangat akrab dengan munculnya rasa nyeri di bagian dada terutama ketika sedang menstruasi. Hanya saja rasa nyeri yang muncul tersebut tak akan dapat dibandingkan dengan nyeri ketika Anda sedang hamil.

Ketika seorang wanita hamil, dada akan terasa sangat nyeri, perih, kesemutan, bahkan membengkak. Ini adalah perubahan fisik yang terjadi selang beberapa minggu setelah kehamilan terjadi. Bahkan bagi sebagian besar wanita, rasa nyeri tersebut akan semakin parah seiring dengan usia kehamilan. Namun jangan khawatir karena ketika tubuh sudah terbiasa, maka perlahan nyeri di bagian dada berangsur akan menghilang dengan sendirinya.

  • Terjadinya Penggelapan Areola

Perubahan fisik selanjutnya adalah terjadi penggelapan di bagian areola. Ketika Anda hamil, maka warna areola berangsur akan menjadi gelap bahkan mengalami pelebaran. Biasanya perubahan ini terjadi di minggu pertama dan kedua masa kehamilan.

  • Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Perubahan berikutnya adalah intensitas buang air kecil akan meningkat. Meningkatnya intensitas buang air kecil terjadi karena tubuh memproduksi hormon tertentu yang menjadi pemicu tubuh merespon hal tersebut dengan buang air kecil.

Semakin lama usia kandungan berjalan, maka Anda pun akan semakin sering merasakan keinginan untuk buang air kecil. Pasalnya janin di dalam kandungan yang semakin membesar akan memberikan tekanan pada kandung kemih. Bahkan ketika janin sudah memasuki usia 7 bulan, intensitas buang air kecil akan semakin meningkat karena janin sudah dapat memproduksi urine sendiri yang dikeluarkan melalui saluran urine ibu.

  • Sering Mengalami Kelelahan

Perubahan selanjutnya yang Anda akan sangat mudah mengalami kelelahan. Dalam kondisi ini, tenaga seolah terkuras drastis. Hal ini disebabkan karena tubuh sedang beradaptasi dengan adanya janin yang terdapat di dalam kandungan. Dengan kata lain, terdapat proses penyeimbangan antara dua tubuh, yakni janin dan ibu yang mengandung.

  • Terjadi Peningkatan Suhu Tubuh

Cara mengetahui kehamilan dari perubahan pada tubuh adalah terjadi peningkatan suhu secara berkala. Biasanya pengukuran suhu tubuh ini dilakukan dengan thermometer khusus yang dapat mengukur suhu basal tubuh. Pada umumnya, seorang wanita yang hamil akan mengalami peningkatan suhu basal tubuh sebanyak 0.5 derajat celcius. Suhu tubuh ini pun akan terus bertahan hingga nanti Anda melahirkan.

Itulah beberapa cara mengetahui kehamilan yang dapat Anda lakukan, baik dengan metode pengujian sederhana maupun melihat kondisi perubahan fisik yang Anda alami. Hanya saja, ketika Anda merasakan kehamilan, maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengambil langkah tepat dalam menjaga kesehatan diri dan juga janin yang sedang dikandung. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *