invisible bg invisible ico

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah secara Alami dan Cepat

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami Dan CepatCara mengecilkan pori pori wajah secara alami dan cepat pastilah dicari banyak orang terutama wanita. Hal ini dikarenakan pori-pori yang besar dan terlihat jelas pasti akan mengganggu penampilan.  Terlebih meski pori-pori merupakan tempat kulit bernapas, bermetabolisme, serta beregenerasi, namun jika terlalu lebar justru akan menjadi sarang debu dan kotoran serta polusi.

Memang pori-pori yang besar membuat banyak sekali masalah pada wajah. Dengan adanya banyak kotoran karena pori-pori besar maka masalah kulit wajah semacam jerawat dan komedo menjadi tak bisa terhindarkan. Tentunya jerawat dan komedo ini juga membuat penampilan seseorang semakin tidak enak dilihat dan pastinya menimbulkan rasa rendah diri.

Oleh karena itulah mencari cara untuk menghilangkan pori-pori besar cukup penting bagi estetika wajah wanita. Namun walau ada banyak produk kecantikan yang memberikan tawaran bahwa ia bisa mengecilkan pori-pori, tetap yang paling aman adalah menggunakan bahan alami. Karena dengan bahan alami tentunya tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya dan tentu tak akan menimbulkan efek samping.

Namun sebelum membahas mengenai berbagai cara alami untuk mengecilkan pori-pori juga harus dipahami terlebih dahulu tentang penyebab pori-pori besar. Hal ini karena untuk membuat pori-pori kecil juga harus tahu penyebabnya sehingga sebisa mungkin menghindari penyebab tersebut atau mungkin kebiasaan buruk tersebut.

Penyebab yang pertama adalah faktor keturunan atau genetika. Dengan faktor ini tentunya tak mungkin diubah kecuali diakali dengan menggunakan aneka cara alami untuk mengecilkannya. Hal ini berhubungan juga dengan penyebab kedua yaitu karena produksi minyak berlebihan pada wajah, produksi ini tentunya membuat kulit menjadi mengkilap dan pori-pori membesar. Jenis wajah ini juga biasanya karena keturunan atau kebiasaan buruk.

Penyebab lainnya yang membuat pori-pori besar yaitu kotoran atau sisa makeup, keringat dan debu yang menempel, bahkan bisa juga karena bakteri yang muncul akibat kotoran tersebut. Selain itu efek sinar matahari di atas jam sepuluh pagi dan pemilihan produk kecantikan yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab pori-pori besar yang mengganggu wajah seseorang.

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami Dan Cepat

Setelah mengetahui penyebab terjadinya jerawat maka tentunya kita tahu bahwa pori-pori besar ini bisa dihilangkan dengan beragam cara. Bisa dengan rutin membersihkan makeup yang kita pakai, memakai produk yang tepat, serta menggunakan acar alami untuk mengecilkan pori-pori. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

  • Masker Dari Tomat

Cara mengecilkan pori-pori yang pertama yaitu menggunakan masker dari tomat. Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan aneka vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang bagus untuk kesehatan wajah. Dengan ketiga vitamin tersebut maka pori-pori di wajah juga pasti akan mengecil.

Cara menggunakannya pun mudah yaitu dengan memblender dua buah tomat hingga halus dan bisa dibalurkan di wajah. Tentunya tomat yang dipilih haruslah dibersihkan terlebih dahulu. Untuk membalurkan masker tomat ke wajah, bisa seraya dipijat agar lebih rileks selama lima menit. Setelah itu didiamkan selama tiga puluh menit hingga satu jam sebelum dibilas.

  • Masker Dari Mentimun

Masker berikutnya yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori yaitu masker mentimun. Hal ini dikarenakan timun punya kandungan yang sangat bagus bagi wajah dan memiliki kandungan cairan yang juga banyak. Seperti tomat, masker mentimun ini juga sangat efektif jika digunakan karena mengandung banyak sekali vitamin.

Untuk cara penggunaan masker mentimun ini, hampir sama juga dengan tomat yaitu dengan dihaluskan. Bedanya jika tomat beserta bijinya, sedangkan untuk timun lebih disarankan tanpa menggunakan biji. Lalu setelah masker siap bisa langsung dibalurkan ke wajah seraya dipijat dan kemudian didiamkan selama kurang lebih tiga puluh menit. Cara ini akan efektif jika sering dilakukan minimal tiga kali dalam satu minggu.

  • Masker Dari Buah Apel

Cara mengecilkan pori pori wajah secara alami dan cepat berikutnya yaitu menggunakan buah apel. Hal ini dikarenakan apel mengandung banyak vitamin dan aneka zat yang bagus juga untuk wajah seperti mineral. Dengan menggunakan masker yang terbuat dari apel maka pori-pori di wajah menjadi kecil dan pastinya wajah menjadi tampak lebih menarik dan sehat.

Untuk cara menggunakan buah apel sebagai masker ini juga cukup mudah. Yaitu hampir sama dengan kedua bahan berikutnya yaitu dengan memblender atau menghaluskannya terlebih dahulu. Sebelum menghaluskan apel, sebaiknya memang dibuang bijinya dan kulitnya agar lebih halus. Agar hasil lebih sempurna maka bisa juga apel tersebut ditambahi dengan minyak zaitun.

Setelah masker apel tersebut siap maka dibalurkan ke wajah yang tentunya sudah dibersihkan sebelumnya, dan didiamkan selama kurang lebih dua puluh menit. Lalu setelah itu masker apel bisa dibilas dan akan lebih baik jika digunakan secara rutin karena hasilnya pasti akan bagus.

  • Masker dari Es Batu

Masker berikutnya yaitu terbuat dari es batu. Sebenarnya ini mungkin tidaklah cocok disebut masker karena penggunaanya hanya dengan mengoleskan es batu ke bagian wajah yang pori-porinya besar secara langsung atau setelah membungkusnya dengan kain.

Untuk penggunaanya kurang lebih sekitar sepuluh menit saja. Dengan cara ini maka pori-pori pun menjadi lebih kecil dan pastinya kulit wajah menjadi lebih cantik. Cara ini sangat aman dilakukan dan bisa dikerjakan secara rutin jika ingin hasil yang maksimal.

  • Masker Dari Buah Pepaya

Cara mengecilkan pori pori wajah secara alami dan cepat berikutnya yaitu masker dari buah pepaya. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan yang aman untuk wajah dan pastinya bermanfaat seperti vitamin A, serat, dan lainnya. Buah ini sangat efektif mengecilkan pori-pori asal digunakan dengan rutin. Dan karena menggunakan bahan alami tentunya tidak akan ada efek samping yang muncul.

Cara penggunaan masker pepaya ini juga sangat mudah. Seperti bahan alami lain maka buah bisa dihaluskan, lalu kemudian dibalurkan ke wajah yang memiliki pori-pori besar. Tentunya sebelum menghaluskan pepaya, kulit dan biji lebih baik dibuang terlebih dahulu. Masker yang sudah dibalurkan lalu didiamkan selama kurang lebih dua puluh menit sebelum dibilas.

Masker ini bisa ditambahi dengan madu supaya efeknya lebih maksimal lagi. Dengan demikian maka wajah akan menjadi lebih awet muda, lebih kencang, dan tentunya memiliki pori-pori yang lebih kecil sehingga tampak lebih cantik.

  • Scrubbing Menggunakan Teh atau Gula

Selain menggunakan masker, cara untuk mengecilkan pori-pori yang berikutnya yaitu menggunakan scrubbing atau eksfoliasi. Tentunya cara ini juga dengan menggunakan bahan alami, sehingga selain bisa mengangkat kotoran di wajah juga pastinya bebas dari efek samping dan bahan kimia berbahaya.

Untuk bahan alami yang bisa digunakan untuk scrubbing antara lain ampas the, gula pasir, biji-bijian dan lain sebagainya. Cara penggunaanya yaitu dengan menghaluskan bahan yang dipilih namun tidak sehalus masker alias masih ada butiran-butiran kecil. Lalu bahan scrubbing tersebut digosokkan perlahan pada wajah hingga wajah pun berubah menjadi lebih halus.

Demikian cara mengecilkan pori pori wajah secara alami dan cepat  yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Tentunya selain menggunakan bahan alami di atas, cara agar pori-pori tetap kecil haruslah dengan rutin membersihkan wajah. Dengan demikian maka wajah akan terhindar dari kotoran dan kuman yang bisa membuat pori-pori membesar. Hal lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan melindungi kulit dari terpaan sinar matahari secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *