invisible bg invisible ico

Inilah Cara Mengecilkan Perut dengan Cepat dan Efektif!

Cara Mengecilkan Perut dengan Cepat dan EfektifSiapa sih yang tak ingin mengetahui cara mengecilkan perut? Hal ini karena sekarang tak sedikit orang yang mengalami perut buncit dan kesulitan untuk menemukan cara dalam mengecilkan perut mereka. Meskipun kebanyakan penderita perut buncit adalah pria, namun tak menutup kemungkinan bahwa wanita juga dapat mengalami hal ini terutama bagi mereka yang tak menerapkan gaya hidup sehat.

Berbicara tentang perut buncit, di antara berbagai bagian tubuh manusia, perut memang lebih mudah melar. Mengapa? Hal ini karena perut memiliki tingkat elastisitas tinggi dan juga mudah sekali berlemak. Anda dapat membuktikannya dengan melihat orang-orang yang mengalami kondisi perut buncit, di mana tak hanya mereka yang mengidap obesitas saja, namun orang kurus sekalipun dapat memiliki perut buncit. Lantas bagaimana cara mengecilkan perut?

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Olahraga

Memiliki perut yang buncit tentunya akan memengaruhi penampilan Anda sehingga rasa kurang percaya diri ketika menggunakan kaos ketat pun muncul. Selain itu, Anda pun akan lebih cepat merasa lelah ketika menjalani aktivitas harian. Bahkan lebih parahnya, perut yang terlalu banyak mengandung lemak akan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh seperti obesitas, kolesterol, diabetes, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa cara mengecilkan perut melalui kegiatan olahraga berikut:

  • Latihan Cardio

Seperti yang kita tahu, melakukan olahraga adalah cara terbaik untuk mengecilkan ukuran perut. Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan akan cardio. Olahraga ini merupakan latihan fisik yang akan melibatkan semua anggota tubuh untuk bergerak. Dengan begitu, maka tak hanya lemak yang menumpuk di perut saja yang dapat dihilangkan, namun berbagai lemak di lengan, paha, dan bagian tubuh lain pun dapat dibakar secara maksimal.

Contoh latihan cardio adalah berlari, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya. Dalam melakukan cardio, Anda cukup meluangkan waktu selama 10 hingga 20 menit untuk olahraga setiap harinya. Akan lebih baik apabila Anda melakukannya di pagi dan sore hari. Namun apabila Anda tak memiliki banyak waktu luang, cukup pagi atau sore. Dengan latihan yang rutin, maka masalah lemak di perut dapat diberantas dengan cepat.

  • Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang memusatkan pada kelenturan, pernapasan, dan juga kekuatan tubuh. Fungsi utama dari melakukan yoga adalah untuk menghilangkan gas berlebih yang terdapat di dalam perut. Dengan hilangnya kandungan gas dalam perut, maka lemak dapat dibakar dengan mudah. Selain itu, sistem pencernaan Anda pun akan menjadi lancar.

Keselarasan antara tubuh dan pikiran dalam berlatih yoga juga dipercaya dapat membantu proses produksi hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk membakar lemak. Hanya saja, yoga sulit dilakukan dengan otodidak. Untuk itu, Anda dapat memanggil pelatih yoga atau datang ke tempat yoga agar dapat melakukan olahraga ini dengan maksimal.

  • Push Up dan Sit Up

Anda tentu sudah paham bahwa salah satu cara mengecilkan perut adalah dengan push up maupun sit up. Cara yang satu ini memang terbukti sangat efektif terutama untuk membakar lemak di bagian perut, lengan, dan paha. Selain itu, push up dan sit up juga akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang ideal.

Mungkin bagi Anda yang terlanjur memiliki perut buncit atau berlemak, melakukan olahraga ini akan sangat sulit pada awalnya. Hal ini karena adanya tumpukan lemak di perut yang mengganggu Anda dalam menekuk tubuh. Namun Anda tak boleh menyerah. Meskipun hanya sedikit tubuh yang terangkat, lama kelamaan Anda akan terbiasa.

Dalam melakukan olahraga ini, aplikasikan target jumlah sit up dan push up harian. Misalnya dalam waktu 1 bulan, di hari pertama Anda melakukan sit up maupun push up masing-masing sebanyak 10 kali. Kemudian di hari kedua, tambah menjadi 12 kali. Di hari ketiga menjadi 14 kali dan seterusnya. (baca juga: bermacam-macam olahraga untuk mengecilkan perut secara efektif)

Mengecilkan Perut dengan Ramuan Tradisional

Selain dengan olahraga, cara mengecilkan perut juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi aneka ramuan tradisional. Ramuan tradisional yang akan diulas berikut ini juga dapat membantu proses pembakaran lemak di perut Anda sekaligus mengiringi program olahraga Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi Teh Hijau

Siapa yang tak tahu mengenai manfaat bahan alami yang satu ini? Ya, teh hijau memang dikenal sebagai bahan alami yang dapat membantu program diet. Mereka yang sedang menjalankan program diet pasti sudah sangat familiar dengan teh hijau.

Cara kerja teh hijau sebagai salah satu cara mengecilkan perut adalah karena di dalamnya terdapat kandungan anti oksidan tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga dipercaya menjadi bahan alami untuk mencegah kanker dan berbagai penyakit lain dalam tubuh akibat radikal bebas.

Untuk mendapatkan khasiat teh hijau, Anda dapat meminum teh hijau sebelum jam makan. Jangan tambahkan gula pada seduhan teh hijau tersebut. Teh hijau akan membantu perut merasa lebih kenyang sehingga porsi makan pun dapat dikurangi. Meskipun memiliki rasa yang pahit, namun bahan alami ini sudah terbukti ampuh untuk membantu mengecilkan perut.

  • Konsumsi Jeruk Nipis

Selain teh hijau, jeruk nipis juga menjadi bahan alami yang kerap digunakan dalam proses diet. Buah yang kaya akan kandungan nutrisi ini juga dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Cara mengonsumsinya pun mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 2 hingga 3 buah jeruk nipis. Setelah itu, peras jeruk nipis tersebut dan seduh dengan 200 ml air panas. Untuk mengurangi rasa masam, Anda dapat menambahkan madu ke dalamnya. Namun perlu diingat, jangan tambahkan gula pada ramuan ini.

  • Terapkan Gaya Hidup Sehat

Cara mengecilkan perut yang selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Ini adalah hal yang harus Anda lakukan demi menghilangkan semua tumpukan lemak di dalam tubuh. Untuk melakukan gaya hidup sehat, Anda dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat dan nutrisi. Hal ini bertujuan untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.

Selain itu, jangan konsumsi aneka makanan berlemak dan juga makanan cepat saji. Pasalnya jenis makanan tersebut menjadi salah satu faktor utama menumpuknya lemak dalam tubuh Anda. Jangan lupa juga untuk istirahat cukup agar segala fungsi tubuh dapat berjalan secara optimal. (baca juga: Macam-macam menu sehat untuk diet harian Anda)

Penyebab Perut Buncit yang Harus Dihindari

Setelah mengetahui berbagai cara mengecilkan perut, kini saatnya Anda mengetahui hal apa saja yang dapat membuat perut Anda membuncit. Dengan begitu, Anda dapat menghindarinya agar kondisi perut tak semakin parah.

Penyebab pertama adalah kurangnya aktivitas tubuh, baik untuk bergerak ataupun berolahraga. Padahal tubuh perlu melakukan aktivitas untuk membakar kalori dan lemak yang tertimbun di bawah kulit. Kedua, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Bagi Anda yang suka dengan aneka makanan manis, maka mulai sekarang harus mencoba mengurangi bahkan menghindarinya. Makanan dengan kandungan gula yang terlalu tinggi tak dapat diserap maksimal oleh tubuh sehingga dapat menjadi penyebab munculnya penyakit lain seperti diabetes.

Penyebab yang ketiga adalah kebiasaan makan sebelum tidur. Sebagai informasi, tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang telah dikonsumsi. Jadi apabila Anda makan dan kemudian tidur, maka tubuh tak dapat mencerna dan menyerap nutrisi dalam makanan secara sempurna. Akibatnya, lemak pun akan bertumpuk di tubuh Anda.

Itulah beberapa penyebab perut buncit yang biasanya tak disadari oleh sebagian besar orang. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengecilkan perut buncit, maka langkah Anda untuk mendapatkan ukuran perut ideal dapat dilakukan secara optimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *