invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Secara Alami

Previous 1 2

1. Istirahat yang cukup

Tidur dan beristirahatlah yang cukup, kurangi berbagai aktivitas harian Anda, jika perlu ambil cuti dari pekerjaan selama yang diperlukan. Beban pikiran dan stres juga akan meningkatkan rasa mual selama kehamilan sehingga saat Anda beristirahat pastikan fikiran Anda juga beristirahat. Hindari melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga dan juga hindari melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak perlu.

2. Olahraga ringan atau relaksasi

Untuk tetap menjaga kebugaran tubuh, seorang ibu hamil disarankan untuk tetap melakukan olahraga, akan tetapi tentunya Anda disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan saja. Misalnya dengan berjalan-jalan di pagi hari, sore hari, melakukan senam sederhana di rumah, dan sebagainya. Aktivitas ringan tersebut cukup mengurangi rasa mual yang Anda rasakan dan juga memberikan dampak positif bagi kesehatan sang ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Lakukan olahraga ringan ini secara rutin selama kehamilan. Baca juga: Inilah 8 Gerakan Senam Ibu Hamil yang Aman untuk Dilakukan.

3. Konsumsi Buah-Buahan Segar

Bagi Anda yang suka makan camilan, gantilah makanan-makanan kecil tersebut dengan camilan yang lebih sehat. Salah satunya adalah buah-buahan, karena makanan alami ini menjadi salah satu jenis makanan pencegah mual saat hamil. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis buah yang Anda suka. Terutama adalah jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan dan berbagai vitamin. Perlu diingat bahwa ada beberapa buah seperti nanas, pepaya muda, durian, delima, dan beberapa jenis buah lainnya yang tidak disarankan untuk dikonsumsi para ibu hamil (baca juga: makanan penyebab keguguran).

4. Mengatur pola makan

Jika sehari-hari sebelum hamil Anda cukup makan 3 hingga 4 kali sehari hingga kenyang, selama hamil muda untuk mengurangi rasa mual Anda sebaiknya mengubah pola makan tersebut. Makan dalam jumlah sedikit namun dalam frekuensi lebih sering efektif untuk mengurangi rasa mual. Demikian juga dengan minuman, minumlah dalam jumlah sedikit-sedikit. Jangan tidak minum karena ibu hamil mudah mengalami dehidrasi. Tidak disarankan untuk minum minuman dingin.

5. Mengonsumsi Jahe

Cara mengatasi mual saat hamil muda yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi jahe. Bukan dengan cara makan jahe secara mentah-mentah, ya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jahe adalah salah satu jenis ramuan tradisional yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Dan ternyata, jahe ini juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan rasa mual saat hamil muda. Caranya adalah dengan mencampurkan jahe ke dalam segelas teh hangat. Atau Anda juga bisa mencari wedang jahe alami yang biasanya dijual di berbagai tempat. Hindari konsumsi minuman jahe instan yang dijual di pasaran karena berbagai jenis makanan instan kurang baik dampaknya untuk ibu hamil.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai bagaimana penyebab terjadinya kondisi mual atau morning sickness pada ibu hamil muda. Selain itu kami juga sudah menjelaskan tentang bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda. Tidak sulit, bukan? Akan tetapi jika Anda merasakan bahwa morning sickness yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu aktivitas dan semakin parah sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan Anda ke dokter kandungan. Barangkali saja memang Anda sedang mengalami gangguan kesehatan yang mengakibatkan rasa mual dan muntah yang tak henti-henti. Demikian artikel singkat kami mengenai beberapa tips tentang kehamilan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *