invisible bg invisible ico

Cara Mengatasi Angin Duduk serta Langkah Pencegahannya

Cara Mengatasi Angin Duduk serta Langkah MencegahnyaCara mengatasi angin duduk mungkin akan sangat Anda butuhkan, terutama bagi Anda yang sering mengalami kondisi yang satu ini. Angin duduk sendiri adalah kondisi nyeri di bagian dada yang disebabkan karena otot pada jantung mendapatkan pasokan darah yang kurang. Gangguan yang satu ini karena terjadi pengerasan atau penyempitan pembuluh darah. Pada umumnya, serangan angin duduk tak dapat diduga kapan datangnya.

Efek yang cukup berbahaya dari angin duduk adalah penderita kemungkinan besar mengalami rasa nyeri yang sangat luar biasa dimulai dari dada, lengan, rahang, dan juga punggung. Mengenai gejala yang menunjukkan bahwa Anda sedang terserang angin duduk adalah sesak, mual, tubuh yang terasa sangat lelah, pusing, hingga keluarnya keringat berlebih. Lantas bagaimana cara mengatasi angin duduk? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Angin Duduk yang Sangat Efektif

Pengobatan angin duduk sendiri bertujuan agar dapat mengurangi tingkat risiko yang lebih parah yakni kematian. Hal ini dapat dilihat dari banyak kasus kematian yang banyak terjadi, terutama di malam hari. Tanpa ada tanda-tanda yang jelas, sekujur tubuh terasa sangat nyeri, mulai susah bernapas, hingga akhirnya meninggal.

Sebenarnya, untuk pengobatan dan cara mencegah angin duduk cukup mudah. Anda hanya perlu menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Selain itu, konsumsi aneka makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi seperti sayur, buah, dan biji-bijian. Namun apabila ternyata angin duduk terlanjur menyerang Anda atau orang sekitar, lakukan cara mengatasi angin duduk berikut ini:

  • Gunakan Obat-Obatan Nitrat

Untuk informasi, nitrat merupakan salah satu kandungan di dalam obat yang dapat digunakan untuk mengatasi angin duduk. Tak hanya itu saja, nitrat juga dapat digunakan dalam jangka panjang. Dalam arti, kandungan ini juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya angin duduk.

Untuk mengonsumsinya, tentunya Anda harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai obat dengan kandungan nitrat seperti apa yang aman untuk dikonsumsi. Anda dapat mengonsumsinya ketika akan menjalankan aktivitas yang memicu terjadinya angin duduk seperti olahraga. Perlu diingat, selama mengonsumsi obat yang satu ini, jangan meminum segala jenis minuman bersoda ataupun minuman keras karena hal itu dapat menyebabkan kerusakan fatal dalam tubuh.

  • Gunakan Obat Pencegah Pembekuan Darah

Jenis obat lain yang juga efektif untuk mengatasi angin duduk adalah obat yang berguna mencegah munculnya pembekuan darah. Jika boleh menyebut jenis obat, maka Anda dapat menggunakan Clopidogrel dan Ticagrelor yang menjadi jenis obat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Dengan begitu, risiko yang lebih berbahaya dari angin duduk dapat dikurangi.

  • Gunakan Obat untuk Penghambat Beta

Cara mengatasi angin duduk yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat penghambat beta. Ini adalah salah satu obat yang dapat diandalkan karena mampu memberikan perlawanan terhadap munculnya hormon adrenalin yang sangat tinggi ketika angin duduk menyerang. Dengan begitu, maka maka ritme jantung pun juga dapat lebih stabil.

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa langkah untuk mengatasi angin duduk hanya menggunakan obat-obatan? Apakah tidak ada obat tradisional yang dapat dikonsumsi? Sebenarnya hingga saat ini belum ditemukan obat tradisional yang berfungsi untuk mengatasi angin duduk. Hal tersebut karena angin duduk berhubungan langsung dengan jantung yang menjadi bagian paling vital di dalam tubuh. Adapun bahan-bahan tradisional hanya mampu mencegah terjadinya angin duduk, bukan untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, ketika Anda kerap mengalami gejala-gejala angin duduk seperti yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya segera mengkonsultasikan kesehatan Anda ke dokter. Hal ini bertujuan agar dokter dapat melakukan pemeriksaan serta mengambil langkah tepat untuk Anda selama mengalami penyakit yang satu ini.

Penyebab Terjadinya Angin Duduk yang Harus Dihindari

Anda telah mengetahui beberapa cara mengatasi angin duduk. Hal lain yang tentu juga harus Anda perhatikan adalah mengenai apa saja penyebab munculnya angin duduk. Dengan begitu maka Anda dapat mengurangi risiko terserang salah satu penyakit yang tak boleh dianggap sepele ini. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Tingginya Kadar Kolesterol

Seperti yang kita tahu, kadar kolesterol di dalam tubuh yang tinggi akan memicu munculnya berbagai penyakit, salah satunya adalah angin duduk. Hal ini karena kadar kolesterol yang sudah terlalu parah akan menumpuk pada pembuluh darah. Dengan begitu, maka aliran darah ke jantung pun tidak akan stabil sehingga menjadi pemicu utama angin duduk.

  • Hipertensi

Penyebab yang kedua adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Apabila aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh terhambat, maka secara otomatis jantung membutuhkan banyak tekanan dalam memompa darah. Hal tersebut secara perlahan akan merusak bagian dinding arteri. Akibatnya, terjadinya pengerasan pembuluh darah.

  • Obesitas

Obesitas atau kondisi di mana terjadinya penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh yang mengakibatkan kegemukan memang menjadi pemicu berbagai penyakit. Tak hanya angin duduk saja, obesitas juga menjadi pemicu utama seseorang mengalami diabetes, hipertensi, bahkan stroke.

  • Merokok

Anda semua pasti sepakat bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari oleh siapa saja, tak peduli itu anak-anak, orang dewasa, pria, ataupun wanita. Hal ini karena semua kandungan yang terdapat di dalam rokok sangat berbahaya untuk tubuh. Salah satu akibat yang dibawa oleh rokok bagi tubuh adalah terjadinya penimbunan kolesterol di dalam tubuh. Ini akan membuat darah kesulitan untuk membawa oksigen yang harusnya beredar ke seluruh bagian tubuh. (baca juga: segudang bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita)

  • Riwayat Penyakit yang Diderita

Penyebab selanjutnya adalah ada riwayat penyakit yang diderita. Penyakit yang dimaksud adalah segala jenis penyakit yang berhubungan dengan dinding arteri dan jantung. Apabila ternyata Anda memiliki riwayat penyakit jantung, maka sebaiknya lebih menjaga kesehatan tubuh dan berhati-hati karena risiko terserang penyakit angin duduk cukup besar.

  • Kurangnya Olahraga

Kurang olahraga akan menyebabkan banyak masalah pada kesehatan tubuh. Pasalnya, setiap hari setidaknya tubuh membutuhkan olahraga demi membakar lemak dan membantu proses penyerapan nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi. (baca juga: apa manfaat olahraga bagi kesehatan manusia? ini penjelasannya)

Untuk itu, apabila Anda jarang sekali berolahraga, dan tiba-tiba ketika berolahraga Anda terlalu memaksakan diri, maka organ jantung yang sudah tidak terbiasa dengan aktifitas berat tersebut akan menanggung beban yang berat. Inilah salah satu pemicu terjadinya angin duduk. Anda sendiri pasti pernah merasakan hal tersebut. Ketika sudah jarang sekali berolahraga, kemudian Anda melakukan futsal atau olahraga apapun itu, maka nafas akan menjadi sesak bahkan mata berkunang-kunang.

  • Usia Lanjut

Penyebab angin duduk yang terakhir adalah usia. Semakin tua usia seseorang, maka risiko terserang angin duduk pun akan semakin besar. Mengapa? Ini karena orang yang berusia lanjut memiliki pembuluh darah yang sudah tidak lentur dan keras. Adapun orang yang mengalami risiko terserang angin duduk adalah mereka yang berumur 45 tahun ke atas.

Setidaknya itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang penyebab terjadinya angin duduk. Intinya adalah Anda harus tetap menjaga kesehatan, baik itu dengan mencukupi nutrisi harian ataupun dengan berolahraga serta menghindari gaya hidup tak sehat. Dengan begitu, maka tubuh Anda pun akan jauh dari segala jenis penyakit, termasuk angin duduk. Semoga ulasan tentang cara mengatasi angin duduk di atas bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *